SOLOPOS.COM - Logo Muhammadiyah saat ini. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 18 November 1912, Ahmad Dahlan mendirikan organisasi Muhammadiyah di Kampung Kauman, Yogyakarta.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-322—hari ke-323 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 18 November.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 18 November yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 18 November:

Philip II. (Wikimedia.org)
Philip II. (Wikimedia.org)

1180
Philip II dinobatkan sebagai raja Prancis. Philip kemudian dikenal sebagai salah satu raja Prancis di abad pertengahan yang paling berhasil dalam memperluas pengaruh kerajaan.

1601
Pasukan Kesultanan Ottoman berhasil mengalahkan pasukan Habsburg Austria yang dibantu beberapa kerajaan lain yang mengepung Nagykanizsa, Ottoman. Dengan kemenangan itu, pasukan Ottoman berhasil mengusir pasukan Habsburg Austria dari wilayah Nagykanizsa.

1912
Organisasi Muhammadiyah didirkan oleh Ahmad Dahlan di Kampung Kauman, Yogyakarta. Kini, Muhammadiyah menjadi salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia.

1918
Latvia mengumumkan kemerdekaannya dari Kekaisaran Rusia. Namun kemerdekaan itu kembali sirna setelah Latvia diduduki Uni Soviet pada 1940. Kemerdekaan Latvia baru dipulihkan pada 21 Agustus 1941.

1943
Sebanyak 440 pesawat Angkatan Udara Inggris mengebom Kota Berlin, Jerman. Meski mengerahkan banyak pesawat, serangan itu hanya menyebabkan kerusakan ringan dan menewaskan 131 orang. Dalams serangan tersebut, Angkatan Udara Inggris justru kehilangan sembilan pesawat dan 53 awak pesawat.

1962
Kirk Lee Hammett lahir di El Sobrante, California, Amerika Serikat (AS). Kini, namanya dikenal luas sebagai gitaris grup musik Metallica. Hammett bergabung dengan Metalica sejak awal pembentukannya.

Peter Boleslaw Schmeichel. (Premierleague.com)
Peter Boleslaw Schmeichel. (Premierleague.com)

1963
Peter Boleslaw Schmeichel dilahirkan di Gladsaxe, Denmark. Namanya kemudian kondang sebagai penjaga gawang yang pernah memperkuat tiga tim di Inggris, yaitu Manchester United, Aston Villa, dan Machester City. Schmeichel pensiun dari lapangan hijau pada 200 silam.

1971
Oman mendeklarasikan kemerdekannya dari Inggris. Hari deklarasi tersebut lantas ditetapkan sebagai Hari Nasional Oman.

1991
Pasukan Yugoslavia dibantu pasukan Serbia berhasil menduduki wilayah Vukovar di Kroasia. Keberhasilan itu diraih setelah wilayah Vukovar dikepung selama hampir tiga bulan.

1993
Di Afrika Selatan, 21 partai politik menyetujui konstitusi baru. Konstitusi baru itu memperluas hak suara bagi masyarakat Afrika Selatan sekaligus mengakhiri pemerintahan kulit putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya