SOLOPOS.COM - Penyerangan Museum Tunisia oleh sekelompok orang pada 18 Maret 2015. (Antara-Reuters)

Solopos.com, SOLO — Museum Nasional Bardo di Tunisia pada 18 Maret 2015 diserang oleh orang–orang bersenjata. Kejadian ini menyebabkan 23 orang, hampir semuanya turis, meninggal dunia dan sedikitnya 50 orang lainnya luka–luka.

Selain penyerangan Museum Nasional Tunisia masih banyak peristiwa bersejarah pada 18 Maret yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Semenanjung Arab, lokasi Perang Riddah. (Wikipedia.org)
Semenanjung Arab, lokasi Perang Riddah. (Wikipedia.org)

633

Perang Riddah antara pasukan pimpinan Abu Bakar dan pasukan pemberontak di Semenanjung Arab berakhir. Adapun perang Riddah terjadi karena sebagian kalangan tak mau dipimpin Abu Bakar sepeninggal Nabi Muhammad.

1229

Kaisar Romawi Frederick II mendeklarasikan diri sebagai Raja Yerusalem setelah Perang Salib VI pada 18 Maret. Kemudian ia berhasil menguasai Yerusalem yang sebelumnya dikuasai Kesultanan Ayyubiyah melalui jalan diplomasi dengan Raja Kesultanan Ayyubiyah, Al-Kamil.

Baca juga: Jepang Dilanda Gempa M7,3 & Tsunami, 1 Orang Meninggal, Puluhan Terluka

1241

Tentara Mongol menyerang Kota Krakow di Polandia. Penyerangan ini adalah kali pertama pasukan Mongol menginvasi Polandia. Kemudian dalam penyerangan tersebut pasukan Polandia juga berusaha membendung serangan tentara Mongol. Pertempuran itu dikenal dengan sebutan Pertempuran Chmielnik.

1925
Tornado menyapu tiga negara bagian di Amerika Serikat (AS), yakni Missouri, Illinois, dan Indiana pada 18 Maret. Akibat bencana itu menewaskan 695 orang dari tiga negara bagian tersebut. Selanjutnya peristiwa tragis itu kini dikenang dengan sebutan Tri-State Tornado.

1940

Pemimpin Jerman Adolf Hitler melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Italia Benito Mussolini di Brenner Pass, Italia. Kemudian dari pertemuan tersebut, Hitler dan Mussolini bersepakat berperang melawan Inggris dan Prancis.

1942

Pangeran Musa Ardi Kesuma adalah ridzie (1942-1945), penguasa penuh dan tertinggi Pemerintah Sipil yang diangkat dengan maklumat Kepala Bala Tentara Dai Nipon di Banjarmasin pada 18 Maret 1942.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 17 Maret 1963 Dahsyatnya Letusan Gunung Agung Bali

1948

Konsulat Uni Soviet yang bertugas untuk Yugoslavia menarik diri meninggalkan Yugoslavia. Kemudian peristiwa itu menjadi salah satu tanda awal perselisihan antara Presiden Yugoslavia Josip Broz Tito dan Pemimpin Uni Soviet Josef Stalin.

1969

Pasukan Amerika Serikat (AS) menyerang kamp basis komunis di Sihanouk Trail, Kamboja menggunakan pesawat pengebom Boeing B-52 Stratofortress pada 18 Maret. Pihak AS menduga pasukan komunis di Kamboja akan menyusup ke Vietnam.

1979

Adam Noah Levine lahir di Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS) dari pasangan Patsy Noah dan Fred Levine. Kemudian ia dikenal luas sebagai penulis dan vokalis grup band Maroon 5 sejak 1994 hingga sekarang.

pesawat Antonov An-24
Pesawat Antonov An-24 Rusia (Wikimedia.org)

1997

Ekor pesawat carter Antonov An–24 Rusia putus saat dalam perjalanan ke Turki menyebabkan pesawat tersebut jatuh pada 18 Maret. Bahkan akibat kejadian ini semua orang di dalamnya (total 50 orang) tewas.

2008

Pada 18 Maret 2008, izin terbang atau Operation Specification Adam Air dicabut Departemen Perhubungan melalui surat bernomor AU/1724/DSKU/0862/2008. Hal ini menyusul berbagai insiden dan kecelakaan.



Baca juga: Sejarah Hari Ini: 16 Maret 2019 Banjir Bandang Sentani Jayapura

2013

Sejumlah bahan peledak dan senjata api lainnya ditemukan di asrama mahasiswa Universitas Florida Tengah. Bahkan pihak berwajib setempat harus mengevakuasi ratusan mahasiswa untuk keluar dari lingkungan kampus.

Tata Dado (sandsjakarta.com)
Tata Dado (sandsjakarta.com)

2013

Safei Salifan Dado atau Tata Dado lahir 12 Juni 1965 dan meninggal 18 Maret 2013. Tata Dado adalah seorang presenter dan komedian Indonesia yang dikenal karena gaya komedinya yang kerap berperan sebagai perempuan saat tampil.

2014

Keadaan darurat di Thailand dinyatakan resmi berakhir. Pemerintah dan pihak keamanan setempat menyatakan aksi protes anti-pemerintah di negara tersebut telah mereda. Sebelumnya, unjuk rasa anti-pemerintah berlangsung selama dua bulan di Thailand.

2015

Museum Nasional Bardo di Tunisia pada 18 Maret 2015 diserang oleh orang–orang bersenjata. Kejadian ini menyebabkan 23 orang, hampir semuanya turis, meninggal dunia dan sedikitnya 50 orang lainnya luka–luka.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya