SOLOPOS.COM - Insiden pembantaian di gerai Mc Donald'2 San Ysidiro, California, Amerika Serikat, 18 Juli 1984 (criminalminds.fandom.com)

Solopos.com, SOLO — Pembantaian Mc Donald’s mengakibatkan 21 orang terbunuh dan 15 terluka di sebuah restoran cepat-saji McDonald’s di San Ysidro, California, pada tanggal 18 Juli 1984.

Masih banyak peristiwa bersejarah dunia yang terjadi pada 18 Juli, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

390 SM

Bangsa Galia yang menginvasi Kota Roma berhasil mengalahkan tentara Kekaisaran Romawi dalam Pertempuran Allia. Kekalahan tentara Kekaisaran Romawi itu membuat Bangsa Galia secara leluasa menjarah harta benda milik warga dan bangsawan Romawi.

Nero Membakar Kota Roma
Lukisan karya Henryk Siemiradzki yang menggambarkan proses pembakaran penganut Kristen di Roma oleh Kaisar Romawi, Nero. (Wikimedia.org)

64

Kebakaran besar melanda Kota Roma. Kaisar Romawi, Nero, dianggap sebagai dalang di balik kebakaran tersebut. Nero dianggap membakar Kota Roma untuk memusnahkan pemeluk Kristen.

1195

Pasukan Kekhalifahan Muwahhidun pimpinan Abu Yusuf Ya’qub Al-Mansur mengalahkan pasukan Kerajaan Kastilia yang dipimpin Pedro Fernandez de Castro dalam Pertempuran Alarcos di Alarcos atau kini Ciudad Real, Spanyol.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 17 Juli 2009, Bom Bunuh Diri di 2 Hotel Jakarta

1806

Gudang yang menyimpan bubuk mesiu milik Inggris di Brigu, Malta meledak. Dari ledakan 18 ton bubuk mesiu itu, 200 orang yang terdiri atas tentara Inggris dan warga sipil tewas.

1918

Nelson Rolihlahla Mandela dikenal dengan Nelson Mandela lahir di Mvezo, Afrika Selatan (Afsel). Ia revolusioner sekaligus menjadi orang berkulit hitam pertama yang menjadi presiden di Afsel. Ia meninggal dunia di usia 95 tahun.

1925

Untuk kali pertama, buku karangan Adolf Hitler diluncurkan. Buku yang ditulis dan diluncurkan saat Hitler belum menjadi pemimpin Jerman itu memiliki judul Mein Kampf yang berarti Perjuanganku.

Baca juga: Paxlovid Obat Baru Covid-19 Bisa Turunkan Risiko Kematian hingga 89%

1936

Perang Saudara Spanyol antara pasukan pemberontak (kaum Nasionalis) dengan pasukan Republik Spanyol dimulai. Kaum Nasionalis berhasil menggulingkan pemerintahan Republik Spanyol setelah berperang selama hampir tiga tahun.

1944

Hideki Tojo mengundurkan diri dari jabatannya sebagai perdana menteri Jepang. Ia melepaskan jabatan yang sudah ia pangku sejak 1941 itu karena merasa gagal membawa Jepang berjaya dalam kancah Perang Dunia II.

1967

Mark Sinclair lahir di Alameda County, California, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai aktor, sutradara, serta produser film dengan nama beken Vin Diesel salah satu pemeran di film Fast and Furious. Dalam film Fast and Furious.

Baca juga: Twitter, Google, hingga Facebook Terancam Diblokir

1968



Intel Corporation didirikan di Mountain View, California, Amerika Serikat (AS) oleh Gordon Moore dan Robert Noyce. Kini, Intel dikenal sebagai salah satu perusahaan produsen mikroprosesor terbesar di dunia.

1984

Pembantaian Mc Donald’s adalah insiden pembunuhan massal yang mengakibatkan 21 orang terbunuh dan 15 terluka di sebuah restoran cepat-saji McDonald’s di San Ysidro, California, pada tanggal 18 Juli 1984. Pelaku James Oliver Huberty, 41 tahun.

1994

Pengeboman AMIA (Asociación Mutual Israelita Argentina) pada 18 Juli: Sebuah ledakan di Buenos Aires menghancurkan sebuah gedung markas beberapa organisasi Yahudi, membunuh 85 orang dan melukai banyak lainnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya