SOLOPOS.COM - Foto yang diambil Jules Gervais-Courtellemont menunjukkan pasukan Prancis dalam Pertempuran Verdun, 1916. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pertempuran terdahsyat sepanjang Perang Dunia I, Pertempuran Verdun, yang berlangsung antara Prancis dan Jerman di Verdun-sur-Meuse, Prancis, berakhir pada 14 Desember 1916. Pertempuran itu dimenangi Prancis setelah bertarung melawan Jerman selama sembilan bulan.

Berakhirnya Pertempuran Verdun merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-352—hari ke-353 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kalender Gregorian, 18 Desember.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 18 Desember dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

218 SM

Pasukan Carthage pimpinan Hannibal berhasil mengalahkan pasukan Republik Romawi yang dipimpin Tiberius Sempronius Longus di dekat Sungai Trebbia. Dalam pertempuran itu, pasukan Romawi mengalami kerugian besar dengan kehilangan sekitar 26.000 hingga 28.000 tentaranya, sedangkan pasukan Carthage kehilangan 4.000 sampai 5.000 prajuritnya.

Baca juga: Warga Korea Utara Dilarang Tertawa dan Belanja Selama 11 Hari, Mengapa?

1622

Pasukan Portugal-Angola mengalahkan pasukan Kerajaan Kongo dalam pertempuran di Bumbi, Angola. Kemenangan itu membuat Kerajaan Kongo kehilangan kekuasaannya di Bumbi yang direbut Portugal-Angola.

1771

Pasukan Kerajaan Blambangan dikalahkan pasukan Belanda dalam Pertempuran Puputan Bayu di kawasan Blambangan atau kini Banyuwangi. Kekalahan dari Belanda itu merupakan tanda runtuhnya Kerajaan Blambangan. Hari kalahnya Kerajaan Blambangan itu kemudian ditetapkan sebagai Hari Jadi Kabupaten Banyuwangi.

1916

Pertempuran terdahsyat sepanjang Perang Dunia I, Pertempuran Verdun antara Prancis dan Jerman di Verdun-sur-Meuse, Prancis berakhir. Pertempuran itu dimenangi Prancis setelah bertarung melawan Jerman selama sembilan bulan.

Baca juga: Covid-19 Mengganas di Inggris, Sejumlah RS Kekurangan Staf Rumah Sakit

1939

Pertempuran udara antara pasukan Jerman dan Inggris meletus di Teluk Heligoland, Laut Utara, Jerman. Pertempuran udara besar pertama semasa Perang Dunia II berhasil dimenangi kubu Jerman.

1944

Pasukan Amerika Serikat (AS) menyerbu markas pasukan Jepang di Hankow Tiongkok melalui serangan udara. Sebanyak 77 pesawat pengebom B-29 Superfortress dan lebih dari 200 pesawat tempur lain milik AS diikutsertakan dalam serangan tersebut.

William Bradley Pitt alias Brad Pitt. (Reuters)
William Bradley Pitt alias Brad Pitt. (Reuters)

1963

William Bradley Pitt lahir di Shawnee, Oklahoma, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai aktor ternama yang pernah membintangi sejumlah judul film layar lebar dan lebih kondang dikenal dengan nama Brad Pitt. Brad Pitt juga dikenal pernah menikahi aktris cantik, Angelina Jolie.

1981

Pesawat tempur milik Rusia, Tu-160, untuk kali pertama diterbangkan. Pesawat Tu-160 merupakan pesawat tempur terbesar sekaligus pesawat supersonik terbesar di dunia.

Baca juga: Mengaku Gagal Redam Covid-19, Presiden Korea Selatan Minta Maaf

2005

Perang Saudara Chad pecah setelah kelompok pemberontak melakukan serangan Kota Adre. Perang itu berlangsung selama lebih dari empat tahun dan berakhir dengan kemenangan pasukan Chad.

2006

Banjir besar mendera kawasan Johor, Malaya, Pahang, dan Negeri Sembilan di Malaysia. Banjir itu adalah yang pertama dan berlanjut ke serangkaian banjir lain hingga 2007. Tercatat banjir di Malaysia dari 2006 hingga 2007 menelan korban 118 jiwa, dan lebih dari 400.000 orang mengungsi. Kerugian akibat bencana itu diperkirakan mencapai US$395 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya