Sejarah Hari Ini: 18 April 1906, Gempa San Francisco 3.000 Tewas
Solopos.com|news

Sejarah Hari Ini: 18 April 1906, Gempa San Francisco 3.000 Tewas

Terjadi beragam peristiwa bersejarah dari berbagai penjuru dunia yang terjadi dari tahun ke tahun pada 18 April.

Solopos.com, SOLO — Gempa Bumi San Francisco adalah gempa Bumi besar yang mengguncang San Francisco, California dan pantai California Utara pada Rabu, 18 April, 1906. Perkiraan kekuatan gempa pada skala kekuatan Moment (Mw) adalah 7.8; namun, ada juga sumber yang mencatat dari 7.7 sampai 8.25.

Gempa bumi San Francisco, California, Amerika Serikat (AS) merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 18 April.

Selain gempa bumi San Francisco, masih banyak peristiwa bersejarah pada 18 April yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 18 April, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1025

Boleslaw Chrobry dinobatkan menjadi raja di Gniezno, Polandia. Ia menjadi raja pertama yang memimpin Polandia. Boleslaw Chrobry memimpin Polandia selama kurang lebih dua bulan sebelum akhirnya meninggal dunia.

Pertemuan pertama Majelis Liga Bangsa-Bangsa di Salle de la Réformation, Jenewa, Swiss, 15 November 1920. (Wikipedia.org)
Pertemuan pertama Majelis Liga Bangsa-Bangsa di Salle de la Réformation, Jenewa, Swiss, 15 November 1920. (Wikipedia.org)

1906

Gempa Bumi San Francisco adalah gempa Bumi besar yang mengguncang San Francisco, California dan pantai California Utara pada Rabu, 18 April, 1906. Perkiraan kekuatan gempa pada skala kekuatan Moment (Mw) adalah 7.8; namun, ada juga sumber yang mencatat dari 7.7 sampai 8.25.

Episentrum berada di pantai 2 mil (3 km) dari kota, dekat Mussel Rock. Akibat gempa bumi ini diperkirakan mencapai 3.000 orang tewas. Bahkan, ini jumlah korban tewas terbesar akibat bencana dalam sejarah California.

1946

Liga Bangsa-Bangsa (LBB) resmi dibubarkan dan digantikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang sudah berdiri sejak 1945. LBB bubar karena dianggap telah gagal dalam tugasnya mencegah perang dengan pecahnya Perang Dunia II.

KTT Asia Afrika
Gedung Merdeka di Bandung saat berlangsungnya Konferensi Asia Afrika. (Wikipedia.org)

1955

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Afrika diselenggarakan di Gedung Merdeka, Bandung, Indonesia pada 18 April. Konferensi tersebut melibatkan negara-negara di Asia dan Afrika yang kebanyakan belum lama memperoleh kemerdekaan.

KTT Asia-Afrika digelar dengan tujuan untuk mempromosikan kerja sama ekonomi dan kebudayaan negara-negara Asia-Afrika dan melawan kolonialisme atau neokolonialisme Amerika Serikat (AS), Uni Soviet, atau negara imperialis lainnya. Konferensi tersebut berlangsung selama enam hari.

1955

Seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20 asal Jerman, Albert Einstein, meninggal dunia di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat (AS) pada usia 76 tahun. Selama autopsi, ahli patologi dari Rumah Sakit Princeton, Thomas Stoltz Harvey, mengambil otak Einstein untuk pengawetan, tanpa izin dari keluarga Einstein, dengan harapan bahwa ilmu syaraf masa depan akan mampu menemukan sumber kecerdasan Einstein.

1956

Pangeran Monako, Rainier III, menikahi gadis asal Amerika Serikat (AS) bernama Grace Kelly pada 18 April. Kelly adalah aktris ternama yang pernah memenangi Piala Oscar.

1983

Kelompok teroris menyerang kedutaan besar Amerika Serikat (AS) di Lebanon. Teroris menggunakan bom mobil untuk melakukan serangan. Serangan bom itu mengakibatkan 12 orang tewas.

1990

Wojciech Tomasz Szczesny lahir di Warsawa, Polandia pada 18 April. Szczesny kini dikenal sebagai pemain sepak bola yang menempati posisi sebagai penjaga gawang di klub besar yang bermarkas di Turin, Italia, yakni Juventus. Sebelum bergabung dengan Juventus pada 2017, ia menjadi kiper di Arsenal sejak 2009 silam.

Daijiro Kato. (Wikipedia.org)
Daijiro Kato. (Wikipedia.org)

2003

Pembalap Moto GP asal Jepang, Daijiro Kato, meninggal dunia setelah beberapa hari sebelumnya mengalami kecelakaan dahsyat yang terjadi pada seri pertama Moto GP 2003. Tragisnya, ia mengalami kecelakaan di seri Moto GP yang digelar di negara asalnya. Berita kematian Kato menyebar di seluruh dunia beberapa setelah dirinya dinyatakan meninggal dunia.

2004

Spanyol menarik pulang pasukannya yang menginvasi Irak pada 18 April. Penarikan pasukan itu menyusul serangan bom di Madrid, Spanyol yang menewaskan 191 orang dan diduga disebabkan invasi Spanyol ke Irak.

2007

Rangkaian serangan bom terjadi di Bagdad, Irak dalam waktu sehari. Serangan bom itu menewaskan sekitar 198 orang dan melukai 251 lainnya.

2007

Irian Jaya berubah menjadi Papua berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2007 tanggal 18 April 2007 tentang perubahan nama Provinsi Irian Jaya menjadi Papua.

2012

Laksamana TNI (Purn.) Sudomo adalah seorang petinggi militer yang terkenal di masanya karena jabatannya sebagai Pangkopkamtib. Kemudian ia meninggal dunia pada 18 April 2012.

Dalam posisi pemerintahan ia pernah menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja pada periode 1983–1988 dan juga sebagai Ketua DPA (1988–1998).

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago