SOLOPOS.COM - Patung Liberty tiba di New York dari Perancis, pada 17 Juni 1885. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Patung Liberty tiba di Kota New York, New York, Amerika Serikat (AS) pada 17 Juni 1885 setelah diangkut dengan kapal dari Prancis sebagai hadiah 100 tahun kemerdekaan AS dari pemerintah Prancis.

Masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 16 Juni yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1839

Raja Hawaii, Kamehameha III, mengeluarkan kebijakan yang membebaskan orang Katolik beribadah di kawasan yang ia kuasai. Hasilnya, orang-orang Katolik mulai mendirikan gereja di Hawaii.

1864

Gubernur Jenderal Hindia-Belanda Ludolph Anne Jan Wilt Sloet van de Beele meresmikan pembangunan jalur kereta api pertama di Pulau Jawa. Pembangunan jalur kereta api pertama di Pulau Jawa tersebut dimulai dari Kota Semarang.

1885

Patung Liberty tiba di Kota New York, New York, Amerika Serikat (AS) pada 17 Juni 1885 setelah diangkut menggunakan kapal dari Prancis sebagai hadiah 100 tahun kemerdekaan AS dari pemerintah Prancis. Patung dirancang oleh Gustave Eiffel—desainer Menara Eiffel dan dipahat oleh Frederic Auguste Bartholdi.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 16 Juni 2001, Abu Bakar Ba’asyir Divonis 15 Tahun

1940

Setelah Prancis menyerah kepada Jerman, ribuan tentara Prancis kabur ke Inggris. Hal itu dilakukan tentara Prancis demi bergabung dengan pasukan militer Inggris untuk mengusir Jeman dari Prancis.

1940

Kapal penumpang lintas samudera milik Inggris, RMS Lancastria, tenggelam di Saint-Natizaire, Prancis akbiat diserang Angkatan Udara Jerman. Peristiwa itu menewaskan 3.000 orang sehingga menjadi musibah maritim terbesar yang dialami kapal-kapal milik Inggris.

1944

Republik Islandia resmi dibentuk setelah meraih kemerdekaan penuh dari Kerajaan Denmark. Sebelumnya, wilayah Islandia dikuasai Kerajaan Denmark sejak 1382.

Baca juga: Konsolidasi Partai, PDIP Kumpulkan 192 Kepala Daerah Termasuk Ganjar   

1950

Operasi transplantasi ginjal untuk kali pertama berhasil dilakukan di sebuah rumah sakit di Chicago, Amerika Serikat (AS). Operasi itu dipimpin Richard H. Lawler dan berlangsung selama 45 menit.

1967

Untuk kali pertama, Tiongkok berhasil melakukan uji coba bom hidrogen di wilayah Lop Nur sebelah tenggara Xinjiang. Sebelumnya, Tiongkok telah gagal dalam lima kali uji coba bom hidogen.

1974

Pemerintah Australia melaporkan bahwa Prancis meledakkan bom nuklir di Samudera Pasifik. Pemerintah Australia mengecam uji coba bom nuklir itu karena khawatir wilayah Australia akan mengalami dampak radioaktif.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 15 Juni 2010, Hari Demam Berdarah Dengue ASEAN

1990



Jordan Brian Henderson lahir di Sunderland, Tyne and Wear, Inggris. Kini, ia menjadi pemain sepak bola yang membela salah satu klub besar di Inggris, Liverpool. Henderson dinobatkan sebagai kapten Liverpool pada 2015 silam menyusul pensiunnya sang legenda, Steven Gerrard.

1994

Piala Dunia FIFA 1994 diselenggarakan di Amerika Serikat, 17 Juni hingga 17 Juli 1994. Amerika Serikat dipilih FIFA dalam sidang di Zurich, Swiss, pada Juli 1988. Brasil juara setelah menang atas Italia melalui adu penalti dengan skor 3–2.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya