Sejarah Hari Ini: 17 April 1961, Invasi Teluk Babi di Kuba
Solopos.com|news

Sejarah Hari Ini: 17 April 1961, Invasi Teluk Babi di Kuba

Terjadi beragam peristiwa bersejarah dari berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 17 April.

Solopos.com, SOLO — Sekitar 1.500 orang Kuba yang sebelumnya mengungsi ke Amerika Serikat (AS) mendarat di Teluk Babi, Kuba pada 17 April 1961. Mereka telah dilatih oleh CIA dan diberi senjata oleh pihak AS untuk menggulingkan kekuasaan Fidel Castro di Kuba.

Invasi Teluk Babi untuk menggulingkan kekuasaan Fidel Castro di Kuba menjadi salah satu peristiwa bersejarah pada 17 April.

Selain Invasi Teluk Babi, masih banyak peristiwa bersejarah pada 17 April yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 17 April, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1349

Kekuasaan Dinasti Bavand di Iran yang sudah berlangsung sejak 651 runtuh. Runtuhnya Dinasti Bavand di Iran sekaligus membuat Dinasti Afrasiyab menguasai Iran hingga 1504.

1492

Kerajaan Spanyol menandatangani perjanjian kerja sama dengan penjelajah asal Genoa, Italia, Christopher Columbus pada 17 April. Dalam perjanjian itu, Kerajaan Spanyol bersedia membiayai pelayaran Columbus ke wilayah Asia demi mendapatkan rempah-rempah.

Pasukan Jepang dalam Perang China-Jepang I. (Wikipedia.org)
Pasukan Jepang dalam Perang China-Jepang I. (Wikipedia.org)

1895

Kekaisaran Dinasti Qing dan kekaisaran Jepang menandatangani Perjanjian Shimonoseki di Akamagaseki—sekarang disebut Shimonoseki—demi mengakhiri Perang China-Jepang I yang berlangsung sejak 1 Agustus 1984. Dalam perjanjian tersebut, Kekaisaran Dinasti Qing menyerahkan Semenanjung Korea, Taiwan, Pescadores, dan Semenanjung Liaodong kepada Jepang.

1941

Kerajaan Yugoslavia secara resmi menyerah kepada Jerman pada 17 April. Sebagian wilayah negara tersebut kemudian diduduki oleh Jerman hingga akhir Perang Dunia II pada 1945.

1945

Pasukan Brasil berhasil membebaskan Kota Montese di Italia dari cengekeraman Jerman. Sebelumnya, pasukan Brasil harus bertempur dengan tentara Jerman selama kurang lebih tiga hari.

1946

Suriah memperoleh kemerdekaannya secara penuh setelah Prancis menarik semua tentaranya dari Suriah pada 17 April. Proses penarikan pasukan Prancis sudah dilaksanakan sejak beberapa hari sebelumnya.

1961

Sekitar 1.500 orang Kuba yang sebelumnya mengungsi ke Amerika Serikat (AS) mendarat di Teluk Babi, Kuba pada 17 April. Mereka telah dilatih oleh CIA dan diberi senjata oleh pihak AS untuk menggulingkan kekuasaan Fidel Castro di Kuba.

Namun, tujuan utama dari peristiwa yang disebut dengan Invasi Teluk Babi itu gagal dicapai.

Nia Daniati (Liputan6.com)
Penyanyi Nia Daniati (Liputan6.com)

1964

Nia Daniaty lahir di Bandung, 17 April 1964. Ia adalah penyanyi Indonesia yang populer pada tahun 1980-an. Nia dikenal karena sering membawakan lagu ciptaan Rinto Harahap. Bahkan lagu Nia yang paling populer adalah Gelas-gelas Kaca.

1970

Tangki oksigen cair pada modul layanan (SM) Apollo 13 mengalami kegagalan yang berakibat pada dibatalkannya misi pendaratan di Bulan. Awak misi kemudian hanya terbang melintasi Bulan dan kembali ke Bumi dengan selamat pada 17 April.

Victoria Caroline Adams. (Reuters)
Victoria Caroline Adams. (Reuters)

1974

Victoria Caroline Adams lahir di Harlow, Essex, Inggris pada 17 April. Kemudian namanya dikenal luas sebagai salah satu anggota dari grup vokal Spice Girls. Kini, namanya juga dikenal sebagai desainer ternama dan merupakan istri dari mantan bintang sepak bola, David Beckham.

1975

Pasukan Partai Komunis Kampuchea atau juga dikenal sebagai Khmer Merah berhasil menduduki ibu kota Kamboja di Phnom Penh dan berhasil menggulingkan pemerintah penguasa Kamboja. Selain itu peristiwa itu sekaligus mengakhiri Perang Saudara Kamboja antara Kerajaan Kamboja dan Khmer Merah yang berlangsung sejak 11 Maret 1967. Dengan kemenangan Khmer Merah, Kerajaan Kamboja dibubarkan dan kemudian digantikan Kamboja Demokratik.

1996

Polisi menembaki para petani yang berdemonstrasi di Kota Eldorado dos Carajas, Brasil. Akibatnya, 19 orang tewas dan 60 lainnya luka berat. Waktu peristiwa tersebut kini diperingati sebagai Hari Perjuangan Tani Internasional.

2013

Margaret Hilda Thatcher, atau dikenal dengan nama Margaret Thatcher sebagai Perdana Menteri Inggris, meninggal di London, Inggris, 8 April 2013. Kemudian upacara pemakaman Margaret Thatcher, termasuk penghormatan militer penuh, dengan kebaktian gereja di Katedral St. Paul pada tanggal 17 April.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago