Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Sejarah Hari Ini: 17 Agustus 1945, Kemerdekaan Indonesia

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 17 Agustus.
SHARE
Sejarah Hari Ini: 17 Agustus 1945, Kemerdekaan Indonesia
SOLOPOS.COM - Soekarno membacakan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang diketik oleh Sayuti Melik dan telah ditandatangani oleh Soekarno-Hatta. (wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Soekarno, didampingi Mohammad Hatta, memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, pada 17 Agustus 1945. Kemerdekaan Indonesia diproklamasikan di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta Pusat.

Banyak peristiwa bersejarah pada 17 Agustus yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

1914

Pertempuran antara Pasukan Kekaisaran Rusia dan pasukan Kekaisaran Jerman meletus di Stalluponen, Prussia atau kini Nesterov, Rusia. Salah satu pertempuran di masa Perang Dunia I itu berhasil dimenangi pasukan Kekaisaran Jerman.

1938

Wage Rudolf Supratman meninggal di Surabaya, Hindia-Belanda atau kini Indonesia pada usia 35 tahun. Semasa hidupnya, W.R. Supratman dikenal sebagai pengarang lagu Indonesia Raya yang kini menjadi lagu kebangsaan Indonesia.

1943

Operasi Husky yang digelar pasukan Sekutu demi menaklukkan wilayah Sisilia, Italia berakhir. Operasi yang digelar selama lebih dari sepekan itu berakhir dengan kemenangan Sekutu yang berhasil merebut Sisilia dari kekuasaan pasukan Blok Poros.

Baca juga: Cium Bendera Merah Putih, Habib Bahar: NKRI Harga Mati!

1943

Pasukan Amerika Serikat (AS) menyerbu wilayah kekuasaan Jepang di Atol Makin, Kepulauan Gilbert, Samudera Pasifik. Serangan AS itu memicu Pertempuran Makin yang meletus tiga hari kemudian dan AS berhasil merebut Atol Makin.

1945

Soekarno, didampingi Mohammad Hatta, memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Sebelumnya, selama 350 tahun dijajah Belanda dan diduki Jepang sejak 1942. Kini, 17 Agustus diabadikan sebagai hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI).

1960

Gabon mendeklarasikan kemerdekaannya dari Prancis. Sebelummnya, Gabon telah dikuasai Prancis sejak 1885 setelah penjelajah asal Prancis Pierre Savorgnan de Brazza tiba.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 16 Agustus 1945, Peristiwa Rengasdenglok

1961

Presiden Indonesia Soekarno meresmikan pembangunan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta. Monumen yang selesai dibangun dan resmi dibuka pada 12 Juli 1975 itu kini menjadi salah satu landmark Jakarta, ibu kota Indonesia.

1962

Stasiun televisi pertama di Indonesia, Televisi Republik Indonesia (TVRI), untuk kali pertama menayangkan siarannya. Tayangan pertama TVRI adalah Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang digelar di Istana Negara, Jakarta.

1977

Thierry Daniel Henry lahir di Les Ulis, Essonne, Prancis. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola yang pernah membela beberapa klub besar di Eropa. Klub terakhirnya sebelum pensiun adalah New York Red Bulls.

Baca juga: Link Twibbon HUT ke-77 RI, Ayo Pasang Foto Terbaikmu

1982

Philip Nikodem Jagielka lahir di Manchester, Inggris. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Inggris, yakni Everton. Pada musim panas 2019, Jagielka pindah ke Sheffield United.

1988

Presiden Pakistan Muhammad Zia-ul-Haq dan Duta Besar A.S. Arnold Raphel tewas dalam kecelakaan pesawat terbang.

1998

Presiden AS Bill Clinton dalam kesaksian terekam mengakui bahwa ia melakukan “hubungan fisik yang tidak pantas” dengan karyawan magang Gedung Putih Monica Lewinsky.

2016

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir memenangi medali emas bulutangkis ganda campuran pada Olimpiade Musim Panas 2016.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode