Sejarah Hari Ini: 16 April 1952, Komando Pasukan Khusus Terbentuk
Solopos.com|news

Sejarah Hari Ini: 16 April 1952, Komando Pasukan Khusus Terbentuk

Banyak peristiwa bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 16 April.

Solopos.com, SOLO — HUT Kopassus dirayakan setiap 16 April. Komando Pasukan Khusus (Kopassus) merupakan bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat. Kopassus memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror. Dirgahayu Kopassus ke-69.

Terbentuknya Komando Pasukan Khusus atau Kopassus merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-106—hari ke-107 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 16 April.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain Kuba jadi negara komunis, pada 16 April yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 16 April:

1799

Pertempuran Gunung Tabor yang melibatkan pasukan Kekaisaran Prancis dan Kekaisaran Ottoman meletus di Gunung Tabor, Palestina. Kemudian pasukan Prancis di bawah pimpinan Napoleon Bonaparte berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Ottoman pimpinan Abdullah Pasha Al-Azm.

1853

Untuk kali pertama, rel kereta api penumpang dibuka di India pada 16 april. Rel tersebut menghubungkan Kota Mumbay dengan Kota Thane.

Charlie Chaplin. (Newyorker.com)
Charlie Chaplin. (Newyorker.com)

1889

Charles Spencer Chaplin lahir di London, Inggris. Kemudian ia dikenal luas sebagai aktor terkenal pada era film bisu dengan nama panggung Charlie Chaplin. Bahkan Chaplin menerima gelar Knight Commander of the British Empire (KBE) dari Ratu Elizabeth II pada 1975.

1912

Seorang wanita berkebangsaan Amerika Serikat (AS), Harriet Quimby, menjadi wanita pertama yang melintasi Selat Inggris menggunakan pesawat pad 16 April. Selain itu Harriet Quimby juga dikenal sebagai wanita pertama yang mendapatkan izin terbang di AS. Kemudian ia mendapatkan izin tersebut pada 1911.

1919

Pasukan Polandia melancarkan serangan ke Kota Vilnius demi merebut kota tersebut dari pasukan Rusia. Kemudian pasukan Polandia berhasil memenangkan pertempuran itu dan merebut Kota Vilnius. Kini, Kota Vilnius menjadi bagian dari Lituania.

1944

Pesawat pengebom Sekutu menyerang Kota Belgrade, Serbia pada 16 April. Serangan itu dilakukan demi mengusir pasukan Jerman dan para aliansinya yang telah menduduki kota tersebut. Bahkan sekitar 1.100 orang tewas dalam serangan itu.

1945

Lebih dari 7.000 jiwa melayang ketika kapal pengungsi Jerman, Goya, tenggelam di perairan sebelah barat Jerman. Kapal tersebut tenggalam setelah diserang kapal selam milik Uni Soviet.

1952

Pada tanggal 16 April 1952, Kolonel A.E. Kawilarang mendirikan Kesatuan Komando Tentara Territorium III/Siliwangi (Kesko TT) yang menjadi cikal bakal Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Kopassus merupakan bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat. Kopassus memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror. Dirgahayu Kopassus ke-69.

Kuba negara komunis
Fidel Castro. (Reuters)

1961

Pemimpin Kuba, Fidel Castro, mengumumkan bahwa dirinya adalah penganut paham Marxisme–Leninisme dalam sebuah pidato. Bahkan ia juga menyatakan akan menjadikan Kuba sebagai negara komunis dengan menganut ideologi komunisme.

1964

Band asal Inggris The Rolling Stones meluncurkan album pertamanya bertajuk England’s Newest Hit Makers pada 16 April. Adapun album tersebut berisi 12 lagu yang direkam di Regent Studios, London, Inggris. Selain itu sepanjang kariernya, The Rolling Stones telah meluncurkan 30 album studio.

2007

Seorang mahasiswa bernama Cho Seung-Hui menembaki 32 orang di kampus Virginia Tech, Virginia, Amerika Serikat (AS). Salah seorang dari korbannya adalah orang Indonesia, yakni Partahi Mamora Halomoan Lumbantoruan, seorang mahasiswa Fakultas Teknik Sipil di kampus tersebut. Setelah melakukan penembakan yang brutal, Cho Seung-Hui bunuh diri dengan menembak dirinya sendiri.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago