SOLOPOS.COM - Soekarno dan Mohammad Hatta berdialog dengan tokoh pemuda di Rengasdengklok, Jawa Barat, 16 Agustus 1945. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Soekarno dan Mohammad Hatta pada 16 Agustus 1945 diculik para tokoh pemuda dan dibawa ke Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat (Jabar). Para pemuda mendesak Soekarno dan Mohammad Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Masih banyak peristiwa yang terjadi pada 16 Agustus, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1870

Pertempuran Mars-la-Tour di Mars-la-Tour, Prancis melibatkan pasukan Prancis dan pasukan Prusia dan berakhir dengan kemenangan pasukan Prusia setelah pasukan Prancis menarik mundur pasukannya.

1900

Pertempuran Sungai Elands di dekat Sungai Elands, Afrika Selatan (Afsel) antara pasukan Inggris dan pasukan Afsel berakhir. Pasukan Inggris memenangkan pertempuran tersebut dan berhasil mempertahankan wilayah kekuasaannya.

1918

Pasukan Cekoslowakia berhasil mengusir pasukan Soviet Rusia yang menguasai Danau Baikal di Siberia setelah memenangi Pertempuran Baikal. Yakni pertempuran antara kapal-kapal milik Cekoslowakia dan Soviet Rusia.

Baca juga: Sidang MPR: Presiden Sebut Pemberian Bansos Dilanjutkan, UMKM Diperkuat

1920

Paskan Polandia berhasil mengalahkan pasukan Soviet Rusia dalam Pertempuran Radyzmin di dekat Radyzmin, Polandia. Meski kehilangan ribuan tentaranya, pasukan Polandia berhasil memukul mundur pasukan Soviet Rusia dari wilayah kekuasaan Polandia.

1945

Soekarno dan Mohammad Hatta diculik para tokoh pemuda untuk dibawa ke Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat (Jabar). Penculikan ini bertujuan mendesak Soekarno dan Mohammad Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Peristiwa itu lantas dikenang dengan sebutan Peristiwa Rengasdengklok.

1959

Madonna Louise Ciccone lahir di Bay City, Michigan, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai penyanyi ternama yang telah melahirkan banyak karya sejak memulai kariernya pada 1979 silam. Madonna juga mendapat julukan Ratu Pop.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 15 Agustus 2005, Akhir Konflik RI-GAM

1960

Siprus mengumumkan kemerdekaannya dari Inggiris yang telah menguasainya sejak 1878. Kemerdekaan itu diraih Siprus setelah Pejanjian Zurich dan London ditandatangani pemerintah Inggris, Turki, Yunani, dan Siprus di London, Inggris pada 1959.

1977

Penyanyi sekaligus pioner musik rock and roll, Elvis Aoron Presley, ditemukan tak bernyawa di rumahnya di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat (AS). Elvis tewas pada usia 42 tahun, serangan jantung diyakini sebagai penyebab kematian Elvis.

2009

Pemerintah Libya bersedia bertanggung jawab atas tragedi pengeboman pesawat milik maskapai Pan American World Airways pada 21 Desember 1988 di Lockerbie, Dumfries and Galloway, Skotlandia yang menewaskan 243 orang. Pemerintah Libya bersedia membayar uang santunan dengan total senilai US$ 2,7 miliar.

Baca juga: Mengenang Bung Hatta, Orde Baru Membunuh Kemandirian Koperasi

2015



Sebanyak 96 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka dalam serangan yang dilakukan pasukan Angkatan Udara Suriah di Pasar Douma, Suriah yang bertujuan melemahkan kelompok pemberontak. Namun serangan itu justru menewaskan lebih banyak warga sipil.

2018

Atal Bihari Vajpayee BR adalah seorang politikus India yang tiga kali menjabat sebagai Perdana Menteri India, pada 1996, 1998 hingga 1999, dan 1999 hingga 2004. Ia meninggal pada 16 Agustus 2018.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya