SOLOPOS.COM - Ilustrasi demam berdarah. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SOLO — Hari Demam Berdarah Dengue (DBD) ASEAN diperingati setiap tahunnya pada 15 Juni. Peringatan ASEAN Dengue Day atau ADD setiap 15 Juni digagas saat KTT ke-19 di Hanoi, Vietnam, 2010.

Masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 15 Juni yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1215

Raja Inggris, John, mengesahkan Piagam Magna Carta di Runnymede Surrey, Inggris. Dari Piagam Magna Carta, kekuasaan raja dalam pemerintahan negara dibatasi. Ini langkah pertama dalam proses sejarah panjang menuju lahirnya hukum konstitusional.

1389

Pasukan Kekaisaran Ottoman berhasil mengalahkan pasukan Serbia dan Bosnia dalam Pertempuran Kosovo di Lapangan Kosovo, Serbia Brankovica atau kini Distrik Prishtina di Kosovo. Kedua belah pihak mengalami kahilangan banyak tentara.

1885

Sumber minyak bumi ditemukan pertama kali di Hindia-Belanda atau kini Indonesia di Telaga Said, Sumatera Utara. Hingga 1919, sumber minyak bumi itu hanya dikelola satu perusahaan milik Belanda, yakni Bataafsche Petroleum Maatschappij atau Perusahaan Minyak Batavia.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 14 Juni 1913 Diperingati Sebagai Hari Purbakala

Tampilan anggota Ku Klux Klan. (Mentalfloss.com)
Tampilan anggota Ku Klux Klan. (Mentalfloss.com)

1927

Penyiksaan orang kulit hitam oleh anggota Ku Klux Klan terjadi di beberapa negara bagian di selatan Amerika Serikat (AS). Peristiwa itu memicu protes yang dilancarkan orang kulit hitam terhadap pemerintah agar segera membubarkan klan tersebut.

1940

Sekutu mulai melaksanakan Operasi Ariel untuk mengevakuasi tentaranya dan warga sipil dari Paris, Prancis. Operasi tersebut dilaksanakan karena pasukan Jerman sudah berhasil menguasai Kota Paris dan beberapa wilayah lainnya di Prancis.

1944

Pertempuran Saipan meletus di Pulau Saipan, Kepulauan Mariana di Samudera Pasifik. Pertempuran tersebut melibatkan pasukan Amerika Serikat (AS) dan Jepang. Pertempuran itu berhasil dimenangi pihak AS dengan merebut Pulau Saipan yang sebelumnya dikuasai Jepang.

Logo UEFA
Logo UEFA

1954

Union of European Football Associations (UEFA) atau Asosiasi Uni Sepak Bola Eropa didirikan di Basel, Swiss. Pada awal pendiriannya, UEFA hanya memiliki 25 anggota. Kini, sudah memiliki 54 anggota.

Baca juga: Ledakan Misterius di Banyumas, 1 Warga Meninggal Dunia

1969

Oliver Kahn lahir di Karlsruhe, Jerman. Ia pemain sepak bola yang pernah membela Bayern Munchen. Ia memiliki posisi sebagai penjaga gawang aktif sejak 1987 hingga 2008. Dari 1995 hingga 2006, Kahn juga dipercaya sebagai penjaga gawang Timnas Jerman.

1992

Mohamed Salah Ghaly lahir di Basion, El Gharbia, Mesir. Kini, ia menjadi bintang sepak bola yang membela klub besar di Inggris, Liverpool.

1996

Sebuah bom meletus di pusat Kota Manchester, Inggris. Bom tersebut adalah yang terbesar yang pernah meledak di Inggris sejak Perang Dunia II berakhir. Pihak yang bertanggunag jawab atas serangan tersebut adalah Irish Republican Army (IRA) atau Tentara Republik Irlandia.



SCO
KTT SCO digelar di Astana, Kazakhstan, 9 Juni 2017 (Wikipedia.org)

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 13 Juni 1964, Pertempuran Indonesia-Malaysia

2001

Organisasi Kerja Sama Shanghai atau Shanghai Cooperation Organisation (SCO) adalah organisasi antarabangsa di kawasan Asia dengan anggota Republik Rakyat Tiongkok, Rusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan dan Uzbekistan yang dideklarasikan pada tanggal 15 Juni 2001.

2010

Hari Demam Berdarah Dengue (DBD) ASEAN diperingati setiap tahunnya pada 15 Juni. Peringatan ASEAN Dengue Day atau ADD setiap 15 Juni kali pertama digagas saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-19 di Hanoi, Vietnam, pada 30 Oktober 2010.

2013

Piala Konfederasi FIFA 2013 adalah sebuah turnamen sepak bola yang diselenggarakan di Brasil, sebagai pengawal Piala Dunia FIFA 2014. Turnamen ini dilaksanakan sejak 15 Juni hingga 30 Juni 2013. Brasil adalah juara bertahan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya