Sejarah Hari Ini : 15 Desember 1891, Naismith Kenalkan Permainan Basket

Beragam peristiwa penting terjadi pada 15 Desember seperti terangkum dalam Sejarah Hari Ini, salah satunya awal penciptaan permainan bola basket.
SHARE
Sejarah Hari Ini : 15 Desember 1891, Naismith Kenalkan Permainan Basket
SOLOPOS.COM - Ilustrasi laga bola basket. (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Solopos.com, SOLO — Pada 15 Desember 1891, olahraga bola basket untuk kali pertama dikemukakan seorang guru olahraga asal Kanada, James Naismith, di sebuah perguruan tinggi di Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario, Naismith membuat suatu permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa pada masa liburan musim dingin di New England.

Pada awalnya, setiap tim basket berjumlah sembilan orang dan tidak ada dribble, sehingga bola hanya dapat berpindah tangan melalui lemparan. Sejarah peraturan permainan basket diawali dari 13 aturan dasar yang ditulis sendiri oleh James Naismith. Kini bola basket menjadi salah satu cabang olahraga paling populer di dunia.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Awal mula penciptaan permainan bola basket itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-349—hari ke-350 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kalender Gregorian, 15 Desember.

Baca juga: Jadi Joki Vaksin Covid-19, Pria Selandia Baru Disuntik 10 Kali Sehari

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 15 Desember yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dan terangkum dalam Sejarah Hari Ini:

533

Pasukan Kekaisarn Bizantium dibawah pimpinan Flavius Belisarius berhasil mengalahkan pasukan Kerajaan Vandal yang dipimpin Gelimer dalam Pertempuran Tikameron di dekat Kartago, Afrika bagian utara. Kemenangan Bizantium itu sekaligus meruntuhkan Kerajaan Vandal yang berdiri sejak 407.

1864

Salah satu pertempuran di masa Perang Saudara Amerika Serikat (AS) antara pasukan Union dan pasukan Konfederasi meletus di Nashville, Tennessee, AS. Pertempuran itu berlangsung selama dua hari dan berkahir dengan kemenangan Union. Setelah kalah, Pasukan Tenesse bentukan Konfrderasi resmi dibubarkan.

1891

Olahraga bola basket untuk kali pertama dikemukakan seorang guru olahraga asal Kanada, James Naismith, di sebuah perguruan tinggi di Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario, Naismith membuat suatu permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa pada masa liburan musim dingin di New England. Pada awalnya, setiap tim basket berjumlah sembilan orang dan tidak ada dribble, sehingga bola hanya dapat berpindah tangan melalui lemparan. Sejarah peraturan permainan basket diawali dari 13 aturan dasar yang ditulis sendiri oleh James Naismith.

Baca juga: Berkata Sinterklas Tak Ada pada Anak-Anak, Keuskupan Roma Minta Maaf

1914

Setelah pertempuran antara pasukan Jerman dan Rusia di Lodz, Polandia berakhir, Rusia mulai menarik pasukannya. Pemenang dalam pertempuran itu sebenarnya masih menjadi perdebatan, namun karena menarik pasukannya, beberapa pihak menganggap Rusia kalah.

1914

Pasukan Serbia berhasil merebut kembali Kota Belgrade yang sempat dikuasai pasukan Austria-Hungaria. Sebelumnya, Kota Belgrade telah diduduki pasukan Austria-Hungaria selama 15 hari.

Kondisi Douaumont di Prancis seusai Pertemmpuran Verdun. (Wikimedia.org)
Kondisi Douaumont di Prancis seusai Pertemmpuran Verdun. (Wikimedia.org)

1916

Pertempuran Verdun antara Prancis dan Jerman di Verdun-sur-Meuse, Prancis berakhir dengan kemenangan Prancis. Setelah bertempur selama lebih dari sembilan bulan, pasukan Prancis berhasil mengusir pasukan Jerman dari Verdun-sur-Meuse. Pertempuran Verdun merupakan pertempuran terpanjang dan paling dahsyat selama Perang Dunia I.

1917

Rusia menandatangani perjanjian gencatan senjata dengan negara-negara anggota Blok Poros. Dengan perjanjian itu, Rusia secara resmi tak lagi terlibat dalam Perang Dunia I.

1941

Pasukan Jerman membantai lebih dari 15.000 orang Yahudi di Drobitsky Yar, sebuah jurang di tenggara Kota Kharkiv, Ukraina. Peristiwa tragis itu adalah salah satu dari serangkaian pembantaian orang Yahudi yang dilakukan Jerman di Ukraina. Sejak 1941 hingga 1944, sekitar 500.000 orang Yahudi di Ukraina dibantai pasukan Jerman.

Baca juga: China Mobile Membangun Pusat Data Baru untuk Konektivitas Global

1943

Pertempuran antara pasukan Sekutu dan pasukan Jepang meletus di Arawe, Britania Baru, Kepulauan Bismarck. Pertempuran untuk memperbutkan wilayah Britania Baru itu berlangsung hingga 24 Februari 1944. Pasukan Sekutu berhasil menang dalam pertempuran tersebut.

2008

Piagam ASEAN mulai berlaku dan mengikat seluruh anggotanya. Piagam ASEAN adalah anggaran dasar bagi Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Dokumen ini telah diadopsi pada KTT ASEAN ke-13 di Singapura, November 2007 dan mulai berlaku sejak 15 Desember 2008.

2011

Amerika Serikat menyatakan Perang Irak resmi berakhir. Perang Irak yang dikenal juga dengan istilah Pendudukan Irak, Perang Teluk III atau, versi Amerika Serikat, Operasi Pembebasan Irak, dimulai dengan invasi Irak pada tahun 2003. Okupasi yang kemudian dilakukan oleh pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat dan Britania Raya mengakibatkan berlanjutnya peperangan antara para pemberontak dengan pasukan koalisi.

2012

Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman mengundurkan diri dari jabatannya setelah didakwa dengan penggelapan dan penyalahgunaan kepercayaan.

Baca juga: Tornado Terjang 6 Negara Bagian di AS, 83 Orang Meninggal

2013

Pemakaman jenazah Nelson Mandela. Mandela yang meninggal pada 5 Desember 2013 adalah seorang revolusioner antiapartheid dan politisi Afrika Selatan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan sejak 1994 sampai 1999. Ia adalah orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang memegang jabatan tersebut dan presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh, dalam sebuah pemilu multiras.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago