Sejarah Hari Ini: 15 April 2013, Bom di Maraton Boston
Solopos.com|news

Sejarah Hari Ini: 15 April 2013, Bom di Maraton Boston

Berbagai peristiwa bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 15 April.

Solopos.com, SOLO — Pada 15 April 2013, dua bom meledak saat Maraton Boston 2013 berlangsung di Boylston Street dekat Copley Square, tepat sebelum garis akhir. Ledakan ini menewaskan 3 orang dan melukai 176 lainnya.

Bom meledak saat maraton Boston,merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 15 April.

Selain ledakan bom di Maraton Boston, masih banyak peristiwa bersejarah pada 15 April yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 15 April, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1452

Leonardo da Vinci lahir di Vinci, Provinsi Firenze, Italia. Kemudian ia dikenal sebagai seniman kondang. Bahkan karyanya yang sangat legendaris adalah lukisan Mona Lisa yang kini terdapat di Museum Louvre di Paris, Prancis.

titanic menabrak gunung es pada 15 April
Lukisan berjudul Untergang der Titanic karya Willy Stower, 1912. (Wikipedia.org)

1912

Pada 15 April 1912 RMS Titanic, sebuah kapal penumpang super Britania Raya tenggelam di Samudra Atlantik Utara, setelah menabrak sebuah gunung es pada pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris ke New York City.

Kapal ini dirancang senyaman dan semewah mungkin, dengan dilengkapi gimnasium, kolam renang, perpustakaan, restoran kelas atas dan kabin mewah. Akibat tenggelamnya Titanic sebanyak 1.514 orang meninggal dan menjadi salah satu bencana maritim paling mematikan sepanjang sejarah.

1940

Tentara Sekutu mendarat di Narvik, Norwegia dan menyerang tentara Jerman yang menduduki wilayah tersebut. Pasukan Jerman telah menduduki wilayah Narvik di Norwegia beberapa hari sebelumnya.

1940

Dick Mc Donald dan Mac Mc Donald mendirikan sebuah perusahaan waralaba berwujud restoran di San Bernardino, California, Amerika Serikat (AS) pada 15 April. Selang 15 tahun kemudian, restoran tersebut resmi memiliki nama Mc Donald setelah Ray Kroc membelinya. Nama restoran Mc Donald untuk kali pertama disematkan di restoran yang berada di Des Plaines, Illinois, AS.

1941

Pasukan Angkatan Udara Jerman membombardir Kota Bellfast di Irlandia Utara menggunakan pesawat tempur. Lebih dari 1.000 jiwa melayang dalam serangan tersebut, termasuk warga sipil.

1946

Hampir 30 juta warga Tiongkok mengalami kelaparan karena kurangnya ketersediaan makanan pada 15 April. Negara-negara di seluruh dunia lantas ramai mengirimkan bantuan berupa makanan ke Tiongkok.

Boeing B-52 Stratofortress. (Wikipedia.org)
Boeing B-52 Stratofortress. (Wikipedia.org)

1952

Pesawat pengebom milik Amerika Serikat (AS) Boeing B-52 Stratofortress melakukan penerbangan pertamanya. Pesawat ini pernah digunakan Angkatan Udara AS dalam Perang Vietnam dan Perang Teluk.

1969

Korea Utara menembak jatuh pesawat milik Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) di Laut Jepang pad 15 April. Dalam peristiwa itu, seluruh penumpang yang berjumlah 31 orang tewas.

Detik-detik Tragedi Hillsborough. (Wikipedia.org)
Detik-detik Tragedi Hillsborough. (Wikipedia.org)

1989

Dalam pertandingan semifinal Piala FA yang mempertemukan Liverpool dan Nottingham Forest, 96 penggemar klub Liverpool tewas akibat saling berdesakan di Stadion Hillsborough di Kota Sheffield, Inggris. Kemudian peristiwa tersebut dikenang dengan nama Tragedi Hillsborough. Tragedi tersebut diperingati setiap tahunnya oleh pihak klub dan para suporter Liverpool.

1990

Uni Soviet mengancam untuk menyetop suplai gas alam dan minyak bumi ke Lituania pada 15 April. Hal itu disebabkan pihak Lituania yang menyatakan telah memisahkan diri dari Uni Soviet.

2002

Pesawat terbang Air China Boeing 767-200, nomor penerbangan CA129, jatuh di Pusan, Korea Selatan, menewaskan 128 penumpangnya. The Korea Aviation Accident Investigation Dewan menerbitkan laporan akhir pada Maret 2005 dan menyimpulkan bahwa kecelakaan itu karena kesalahan pilot.

2013

Pada 15 April 2013, dua bom meledak saat Maraton Boston 2013 berlangsung di Boylston Street dekat Copley Square, tepat sebelum garis akhir. Akibat ledakan ini menewaskan 3 orang dan melukai 176 lainnya.

Tersangka pengeboman Dzokhar Tsarnaev ditangkap dalam kondisi terluka dan sempat dirawat di rumah sakit. Sedangkan kakaknya yang juga menjadi tersangka, Tamerlan Tsarnaev tewas dalam baku tembak dengan polisi.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago