SOLOPOS.COM - Detik-detik Tragedi Hillsborough. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Dalam pertandingan semifinal Piala FA yang mempertemukan Liverpool FC dan Nottingham Forest, 96 penggemar klub Liverpool tewas akibat saling berdesakan di Stadion Hillsborough di Kota Sheffield, Inggris. Kemudian peristiwa tersebut dikenang dengan nama Tragedi Hillsborough.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 15 April yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1452

Leonardo da Vinci lahir di Vinci, Provinsi Firenze, Italia. Kemudian ia dikenal sebagai seniman kondang. Bahkan karyanya yang sangat legendaris adalah lukisan Mona Lisa yang kini terdapat di Museum Louvre di Paris, Prancis.

1912

Pada 15 April 1912 RMS Titanic, sebuah kapal penumpang super Britania Raya tenggelam di Samudra Atlantik Utara, setelah menabrak sebuah gunung es pada pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris ke New York City.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 14 April 2010 Gempa Bumi Dahsyat di Yushu China

1940

Tentara Sekutu mendarat di Narvik, Norwegia dan menyerang tentara Jerman yang menduduki wilayah tersebut. Pasukan Jerman telah menduduki wilayah Narvik di Norwegia beberapa hari sebelumnya.

1940

Dick Mc Donald dan Mac Mc Donald mendirikan sebuah perusahaan waralaba berwujud restoran di San Bernardino, California, Amerika Serikat (AS) pada 15 April. Selang 15 tahun kemudian, restoran tersebut resmi memiliki nama Mc Donald setelah Ray Kroc membelinya.

1941

Pasukan Angkatan Udara Jerman membombardir Kota Bellfast di Irlandia Utara menggunakan pesawat tempur. Lebih dari 1.000 jiwa melayang dalam serangan tersebut, termasuk warga sipil.

1946

Hampir 30 juta warga Tiongkok mengalami kelaparan karena kurangnya ketersediaan makanan pada 15 April. Negara-negara di seluruh dunia lantas ramai mengirimkan bantuan berupa makanan ke Tiongkok.

Baca juga: Catatan Perjalanan dari AS: Politik Boy Thohir, Negara yang Utama

Boeing B-52 Stratofortress. (Wikipedia.org)
Boeing B-52 Stratofortress. (Wikipedia.org)

1952

Pesawat pengebom milik Amerika Serikat (AS) Boeing B-52 Stratofortress melakukan penerbangan pertamanya. Pesawat ini pernah digunakan Angkatan Udara AS dalam Perang Vietnam dan Perang Teluk.

1969

Korea Utara menembak jatuh pesawat milik Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) di Laut Jepang pad 15 April. Dalam peristiwa itu, seluruh penumpang yang berjumlah 31 orang tewas.

1989

Dalam pertandingan semifinal Piala FA yang mempertemukan Liverpool dan Nottingham Forest, 96 penggemar klub Liverpool tewas akibat saling berdesakan di Stadion Hillsborough di Kota Sheffield, Inggris. Kemudian peristiwa tersebut dikenang dengan nama Tragedi Hillsborough. Tragedi tersebut diperingati setiap tahunnya oleh pihak klub dan para suporter Liverpool.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 13 April 2013 Lion Air Jatuh di Ngurah Rai Bali

1990

Uni Soviet mengancam untuk menyetop suplai gas alam dan minyak bumi ke Lituania pada 15 April. Hal itu disebabkan pihak Lituania yang menyatakan telah memisahkan diri dari Uni Soviet.



2002

Pesawat terbang Air China Boeing 767-200, nomor penerbangan CA129, jatuh di Pusan, Korea Selatan, menewaskan 128 penumpangnya. The Korea Aviation Accident Investigation Dewan menerbitkan laporan akhir pada Maret 2005 dan menyimpulkan bahwa kecelakaan itu karena kesalahan pilot.

Bom meledak di Maraton Boston pada 15 April 2013 (Wikipedia.org)
Bom meledak di Maraton Boston (Wikipedia.org)

2013

Dua bom meledak saat Maraton Boston 2013 di Boylston Street dekat Copley Square, tepat sebelum garis akhir, pada 15 April. Akibat ledakan ini menewaskan 3 orang dan melukai 176 lainnya. Tersangka pengeboman Dzokhar Tsarnaev ditangkap dalam kondisi terluka sedangkan kakaknya, Tamerlan Tsarnaev tewas dalam baku tembak dengan polisi.

2018

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada 15 April 2018 pukul 08.27 WIB erupsi dengan tinggi kolom abu 1.000 meter.Erupsi susulan masih berlangsung hingga pukul 10:03 WIB. Terjadi 13 kali erupsi susulan dengan tinggi kolom asap cenderung menurun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya