SOLOPOS.COM - Panorama Coventry dengan menara katedral yang hancur setelah dibombardir Jerman, 1940. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pasukan Angkatan Udara Jerman beberapa kali membombardir Kota Coventry, Inggris, dalam sehari pada 14 November 1940. Pada serangan di masa Perang Dunia II yang lantas dikenang dengan nama Pengeboman Coventry itu, Katedral Coventry nyaris hancur seluruhnya.

Serangan juga menghancurkan 27 pabrik dan puluhan ribu bangunan lainnya serta menewaskan ratusan pria, wanita, dan anak-anak di Kota Conventry. Serangan paling dahsyat dalam peristiwa itu terjadi pada malam hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penyerangan di Kota Conventry merupakan salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi pada 14 November, hari ke-318 (hari ke-319 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian.

Baca juga: Tahanan Palestina Hentikan Aksi Mogok Makan Setelah 113 Hari

Selain itu serangan di Coventry, ada sejumlah peristiwa bersejarah lain yang layak dikenang pada 14 November. Simak rangkuman Sejarah Hari Ini, 14 November, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org berikut:

1812

Pasukan Rusia berhasil mengalahkan pasukan Prancis dalam pertempuran di Smolyany, Vitebsk, Belarusia. Atas kemenangan itu, pasukan Rusia berhasil mengalahkan pasukan Prancis yang berusaha menguasai wilayah Smolyany. Pertempuran yang berlangsung selama dua hari itu merupakan upaya terakhir Prancis untuk menguasai wilayah kekuasaan Rusia di bagian utara pada masa Invasi Prancis ke Rusia.

Rabindranath Tagore
Rabindranath Tagore (wikipedia.org)

1913

Rabindranath Tagore, seorang Brahmo Samaj, penyair, dramawan, filsuf, seniman, musikus dan sastrawan Bengali memenangkan Penghargaan Nobel dalam bidang Sastra. Ia terlahir dalam keluarga Brahmana Bengali, yaitu Brahmana yang tinggal di wilayah Bengali, daerah di anakbenua India antara India dan Bangladesh. Tagore merupakan orang Asia pertama yang mendapat anugerah Nobel dalam bidang sastra (1913).

1918

Republik Cekoslowakia secara resmi didirikan menyusul runtuhnya Kerajaan Austria-Hungaria seusai Perang Dunia I. Namun negara tersebut hanya bertahan hingga 1993 setelah akhirnya pecah menjadi Republik Ceko, Republik Slowakia, dan sebagian wilayahnya bergabung dengan Ukraina.

1940

Pasukan Angkatan Udara Jerman beberapa kali membombardir Kota Coventry, Inggris, dalam sehari. Pada serangan di masa Perang Dunia II yang lantas dikenang dengan nama Pengeboman Coventry itu, Katedral Coventry nyaris hancur seluruhnya. Serangan juga menghancurkan 27 pabrik dan puluhan ribu bangunan lainnya serta menewaskan ratusan pria, wanita, dan anak-anak. Serangan paling dahsyat dalam peristiwa itu terjadi pada malam hari.

Coventry adalah sebuah kota dan distrik metropolitan di West Midlands, Inggris. Kota yang memiliki luas wilayah 98,64 km² ini didirikan tahun 1043. Letak Kota Coventry berjarak  30 km dari Birmingham.

1941

Pasukan Jerman yang tergabung dalam Operasi Barbarossa membantai orang-orang Yahudi di Slonim, Belarusia. Akibatnya, sekitar 9.000 orang Yahudi tewas dalam kurun waktu sehari.

Baca juga: PM Malaysia Kunjungi PT Pindad, Mau Pesan Senjata?

1960

Ruby Nell Bridges Hall menjadi orang kulit hitam pertama di Louisiana, Amerika Serikat (AS) yang menjadi siswa sekolah dasar di sekolahan yang kesemua siswanya merupakan orang kulit putih. Sebelumnya, pendidikan orang kulit hitam dan orang kulit putih di AS selalu berbeda tempat, terutama pada jenjang sekolah dasar.



1965

Salah satu pertempuran di masa Perang Vietnam antara pasukan Vietnam Selatan-Amerika Serikat (AS) dan pasukan Vietnam Utara meltus di Chu Pong-Ia Drang, Vietnam Selatan. Pertempuran itu berlangsung selama lima hari dan tak jelas siapa pemenangnya. Kedua belah pihak mengklaim sebagai pemenang dan menuding pihak lain kehilangan prajurit lebih banyak. Pertempuran itu lantas diangkat menjadi tema pada beberapa karya sastra.

1969

Program Apollo: NASA meluncurkan Apollo 12 ke permukaan bulan sebagai misi angkasa berawak kedua ke bulan.

Travis Barker. (Reuters)
Travis Barker. (Reuters)

1975

Travis Landon Barker lahir di Fontana, California, Amerika Serikat (AS). Namanya lantas dikenal luas sebagai pemain drum yang tergabung di grup band Blink 182. Selain itu, Travis juga merupakan pendiri band +44 dan Box Car Racer. Bersama Blink sejak 1999, Travis telah menorehkan lima album.

Baca juga:Makam Kuno Firaun Mesir dari 4.500 Tahun Lalu Selesai Direstorasi

1991

Pangeran Norodom Sihanouk kembali ke Kamboja setelah 13 tahun dalam pengasingan. Norodom Sihanouk (31 Oktober 1922 – 15 Oktober 2012) adalah Raja Kamboja dari tahun 1941 sampai 1955 dan tahun 1993 sampai 2004.

2012

Pasukan Pertahanan Israel melancarkan Operasi Pilar Pertahanan untuk mengusir pasukan Hamas dari Israel Selatan dan Jalur Gaza. Beberapa pertempuran antara Pasukan Pertahanan Israel dan Hamas tak terhindarkan hingga gencatan senjata pada 21 November. Kedua pihak mengkalim sebagai pihak yang menang. Israel mengklaim serangannya dalam operasi tersebut berhasil melumpuhkan kekuatan Hamas, sedangkan Hamas mengklaim roket yang mereka luncurkan telah memaksa Israel menyepakati gencatan senjata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

10 Twibbon Hari Kartini 21 April 2024, Cocok Dijadikan Status WhatsApp

10 Twibbon Hari Kartini 21 April 2024, Cocok Dijadikan Status WhatsApp
author
Nugroho Meidinata Sabtu, 20 April 2024 - 14:43 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Hari Kartini. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Dalam memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2024, kurang afdal jika tidak memasang twibbon di status WhatsApp (WA).

Pada 21 April di setiap tahunnya, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kartini. Tanggal 21 April merupakan hari lahirnya Raden Ajeng Kartini, tokoh pejuang bagi kaum perempuan untuk keseteraan gender.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejak tahun 1964 peringatan Hari Kartini diperingati oleh seluruh bangsa Indonesia pada 21 April setiap tahunnya. Peringatan Hari Kartini ditetapkan secara resmi melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia 108/1964 yang ditandatangani pada 2 Mei 1964 yang didalamnya juga memuat penetapan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

Koran Solopos

Adapun tujuan peringatan Hari kartini untuk memperingati dan menghormati perjuangan R.A. Kartini untuk mewujudkan kesetaraan kesempatan antara laki-laki dan perempuan di era modern yang secara khusus terutama dalam bidang pendidikan dan secara umum kesetaraan gender di semua bidang.

Sebagai bentuk peringatan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2024, berikut ini 10 twibbon yang bisa dijadikan status WhatsApp (WA).

Twibbon Hari Kartini 21 April 2024

  1. https://twb.nz/hsn2022kemenag
  2. https://twb.nz/harikartinirembang
  3. https://twb.nz/reviewsteknologikutech-krtni7
  4. https://twb.nz/harikartini2024sdnbnw1sby
  5. https://twb.nz/reviewsteknologikutech-krtni3
  6. https://twb.nz/reviewsteknologikutech-krtni4
  7. https://twb.nz/reviewsteknologikutech-krtni1
  8. https://twb.nz/puncaktemadanharikartini
  9. https://twb.nz/kartinieliosoffice21
  10. https://twb.nz/harikartini2024

Demikian beberapa twibbon yang bisa Anda jadikan status WhatsApp (WA) dalam memperingati Hari Kartini 21 April 2024.

Emagazine Solopos

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Giliran DPC PDIP Sragen Dapat Kiriman Karangan Bunga dari Relawan

Giliran DPC PDIP Sragen Dapat Kiriman Karangan Bunga dari Relawan
author
Tri Rahayu , 
Kaled Hasby Ashshidiqy Sabtu, 20 April 2024 - 14:18 WIB
share
SOLOPOS.COM - Tiga karangan bunga ditaruh di depan kantor DPC PDIP Sragen, Sabtu (20/4/2024). (Solopos.com,/Tri Rahayu)

Solopos.Com, SRAGEN — Ternyata bukan cuma kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen yang dikirim karangan bungan, Kantor DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sragen juga dapat pada Sabtu (20/4/2024). Ada tiga karangan bunga yang dikirim ke DPC PDIP, sehari setelah empat karangan bunga dikirim ke KPU Sragen, Jumat (19/4/2024).

Karangan bunga itu dikirim oleh Relawan Waluyo dari lima kecamatan, yakni Mondokan, Sukodono, Gesi, Tangen, dan Jenar, serta Konstituen PDI Perjuangan DPRD Sragen. Karangan bunga itu diterima pada pukul 09.00 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Relawan Waluyo Mondokan,  Fika Anantrias, kepada Solopos.com, Sabtu (20/4/2024), mengatakan ada lima karangan bunga yang dikirim ke KPU dan PDIP. Selain dari Relawan Waluyo, kata Fika, juga ada kiriman karangan bunga dari kelompok lain tetapi dari relawan mana tidak tahu.

Koran Solopos

Fika mengatakan karangan bunga itu dikirim ke KPU Sragen dengan tujuan memberi dukungan penuh kepada penyelenggara pemilu tersebut. “Kami hanya ingin memberikan dukungan penuh kepada KPU supaya tegak lurus sesuai Peraturan KPU. Kami juga berharap KPU agar independen, amanah, dan tidak terpengaruh atas intervensi dari pihak manapun. Kami berterima kasih penuh atas pengabdian dan dedikasi KPU dalam menyelenggarakan pemilu,” jelas Fika.

Dia mengatakan semalam ada salah pengiriman karangan bunga yang seharusnya ke DPC PDIP tetapi dikirim ke KPU. Dia menjelaskan akhirnya dua karangan bunga itu diambil dan dikirim ke DPC PDIP Sragen pada Sabtu pagi. Karangan bunga itu dipasang di depan kantor DPC PDIP Sragen.

Emagazine Solopos
Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Gunung Ruang Masih Erupsi, Ribuan Warga Bertahan Belum Mengungsi

Gunung Ruang Masih Erupsi, Ribuan Warga Bertahan Belum Mengungsi
author
Newswire , 
Mariyana Ricky P.D Sabtu, 20 April 2024 - 14:17 WIB
share
SOLOPOS.COM - Foto udara memperlihatkan kondisi permukiman di desa Laingpatehi yang telah dikosongkan yang berlokasi di sebelah barat kaki Gunung Ruang dan hanya berjarak 1 km dari kawah Ruang di Kabupaten kepulauan Sitaro (Siau Tagulandang Biaro), Sulawesi Utara, Jumat (19/4/2024). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat terjadinya kembali erupsi G. Ruang pada pukul 17:06 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 400 m di atas puncak (± 1.125 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah selatan. ANTARA FOTO/HO PVMBG/adw/aww.

Solopos.com, KEPULAUAN SITARO — Tim Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Manado meyakinkan warga Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara untuk mengungsi sementara demi keselamatan karena Gunung Ruang masih mengeluarkan asap vulkanik.

Dalam laporan Tim Kantor SAR Manado, Sabtu (20/4/2024), dikatakan bahwa data yang terhimpun bersama tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) jumlah total warga Tagulandang yang terdampak erupsi Gunung Ruang sebanyak 11.624 orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Masing-masing tersebar di 15 desa meliputi Desa Apengsala, Barangka Pehe, Boto, Haasi, Laing Patehi, Lesah, Lesahrende, Mahangiang, Mohongsawang, Pahiama, Tulusan, Bahoi, Balehumara, Mulengen, dan Pumpente.

Namun, dari jumlah total penduduk tersebut baru sebanyak 2.176 orang warga yang meninggalkan rumahnya untuk mengungsi ke posko darurat selebihnya masih menetap.

Koran Solopos

Adapun jumlah pengungsi itu didapatkan merujuk data laporan rekapitulasi terkini yang dihimpun tim SAR Manado dan dicocokkan dengan data BNPB, pada Jumat (19/4/2024) malam.

Maka untuk itu, Kantor SAR Manado memastikan, proses evakuasi warga akan tetap dilangsungkan dengan cara membagi ke dalam dua tim, yakni tim darat dan air yang akan melakukan evakuasi warga terdampak keluar Pulau Tagulandang yakni ke Pulau Siau.

Jarak tempuh dari Pulau Tagulandang ke Pulau Siau diperkirakan satu jam pelayaran menggunakan kapal SAR.

Emagazine Solopos

Dalam pelaksanaannya tim SAR mendatangi setiap warga yang bertahan di rumah untuk melakukan pengecekan kesehatan dan keselamatan, mengimbau untuk tidak memasuki wilayah radius enam kilometer dari pusat kawah aktif, atau tim SAR juga meyakinkan para warga untuk mengungsi sehingga lebih aman.

Hal demikian dilakukan karena status Gunung Ruang masih dalam level IV (Awas), bahkan dari pantauan tim SAR saat operasi penanganan darurat hari ke tiga atau Jumat (19/4/2024) gunung api tersebut masih mengeluarkan asap vulkanik.

Warga Harus Segera Dievakuasi

Interaktif Solopos

Di saat yang sama, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merekomendasikan warga Pulau Tagulandang dievakuasi.

“Masyarakat yang bermukim di wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius enam kilometer agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius tersebut,” kata Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid.

Pada tingkat aktivitas Level IV Awas, kata dia, diharapkan masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung/wisatawan tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius enam kilometer dari pusat kawah aktif.



Dia juga berharap masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunung api ke dalam laut.

“Masyarakat diimbau untuk selalu menggunakan masker untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan,” kata Wafid.

Masyarakat di sekitar Gunung Ruang, lanjutnya, juga diharapkan tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu erupsi, dan tetap mengikuti perkembangan aktivitas melalui aplikasi MAGMA Indonesia.

Rekomendasi berikutnya, kata dia, pemerintah daerah serta BPBD Provinsi Sulut dan kabupaten senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Ruang di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut, atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Bandung.

“Tingkat aktivitas Gunung Ruang akan dievaluasi kembali secara berkala maupun jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan. Tingkat aktivitas dianggap tetap jika evaluasi berikutnya belum diterbitkan,” kata Wafid.

Gunung Ruang erupsi sejak 16 April 2024 sore hari setelah terjadi peningkatan aktivitas kegempaan. Pada hari yang sama, status gunung tersebut berubah sampai tiga kali, dari Normal ke Waspada, Siaga, dan Awas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories