Sejarah Hari Ini : 14 November 1940, Pengeboman Kota Conventry

Beragam peristiwa bersejarah terjadi pada 14 November terangkum dalam Sejarah Hari Ini, salah satunya pengeboman di Kota Conventry Inggris.
SHARE
Sejarah Hari Ini : 14 November 1940, Pengeboman Kota Conventry
SOLOPOS.COM - Panorama Coventry dengan menara katedral yang hancur setelah dibombardir Jerman, 1940. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pasukan Angkatan Udara Jerman beberapa kali membombardir Kota Coventry, Inggris, dalam sehari pada 14 November 1940. Pada serangan di masa Perang Dunia II yang lantas dikenang dengan nama Pengeboman Coventry itu, Katedral Coventry nyaris hancur seluruhnya.

Serangan juga menghancurkan 27 pabrik dan puluhan ribu bangunan lainnya serta menewaskan ratusan pria, wanita, dan anak-anak di Kota Conventry. Serangan paling dahsyat dalam peristiwa itu terjadi pada malam hari.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Penyerangan di Kota Conventry merupakan salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi pada 14 November, hari ke-318 (hari ke-319 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian.

Baca juga: Tahanan Palestina Hentikan Aksi Mogok Makan Setelah 113 Hari

Selain itu serangan di Coventry, ada sejumlah peristiwa bersejarah lain yang layak dikenang pada 14 November. Simak rangkuman Sejarah Hari Ini, 14 November, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org berikut:

1812

Pasukan Rusia berhasil mengalahkan pasukan Prancis dalam pertempuran di Smolyany, Vitebsk, Belarusia. Atas kemenangan itu, pasukan Rusia berhasil mengalahkan pasukan Prancis yang berusaha menguasai wilayah Smolyany. Pertempuran yang berlangsung selama dua hari itu merupakan upaya terakhir Prancis untuk menguasai wilayah kekuasaan Rusia di bagian utara pada masa Invasi Prancis ke Rusia.

Rabindranath Tagore
Rabindranath Tagore (wikipedia.org)

1913

Rabindranath Tagore, seorang Brahmo Samaj, penyair, dramawan, filsuf, seniman, musikus dan sastrawan Bengali memenangkan Penghargaan Nobel dalam bidang Sastra. Ia terlahir dalam keluarga Brahmana Bengali, yaitu Brahmana yang tinggal di wilayah Bengali, daerah di anakbenua India antara India dan Bangladesh. Tagore merupakan orang Asia pertama yang mendapat anugerah Nobel dalam bidang sastra (1913).

1918

Republik Cekoslowakia secara resmi didirikan menyusul runtuhnya Kerajaan Austria-Hungaria seusai Perang Dunia I. Namun negara tersebut hanya bertahan hingga 1993 setelah akhirnya pecah menjadi Republik Ceko, Republik Slowakia, dan sebagian wilayahnya bergabung dengan Ukraina.

1940

Pasukan Angkatan Udara Jerman beberapa kali membombardir Kota Coventry, Inggris, dalam sehari. Pada serangan di masa Perang Dunia II yang lantas dikenang dengan nama Pengeboman Coventry itu, Katedral Coventry nyaris hancur seluruhnya. Serangan juga menghancurkan 27 pabrik dan puluhan ribu bangunan lainnya serta menewaskan ratusan pria, wanita, dan anak-anak. Serangan paling dahsyat dalam peristiwa itu terjadi pada malam hari.

Coventry adalah sebuah kota dan distrik metropolitan di West Midlands, Inggris. Kota yang memiliki luas wilayah 98,64 km² ini didirikan tahun 1043. Letak Kota Coventry berjarak  30 km dari Birmingham.

1941

Pasukan Jerman yang tergabung dalam Operasi Barbarossa membantai orang-orang Yahudi di Slonim, Belarusia. Akibatnya, sekitar 9.000 orang Yahudi tewas dalam kurun waktu sehari.

Baca juga: PM Malaysia Kunjungi PT Pindad, Mau Pesan Senjata?

1960

Ruby Nell Bridges Hall menjadi orang kulit hitam pertama di Louisiana, Amerika Serikat (AS) yang menjadi siswa sekolah dasar di sekolahan yang kesemua siswanya merupakan orang kulit putih. Sebelumnya, pendidikan orang kulit hitam dan orang kulit putih di AS selalu berbeda tempat, terutama pada jenjang sekolah dasar.

1965

Salah satu pertempuran di masa Perang Vietnam antara pasukan Vietnam Selatan-Amerika Serikat (AS) dan pasukan Vietnam Utara meltus di Chu Pong-Ia Drang, Vietnam Selatan. Pertempuran itu berlangsung selama lima hari dan tak jelas siapa pemenangnya. Kedua belah pihak mengklaim sebagai pemenang dan menuding pihak lain kehilangan prajurit lebih banyak. Pertempuran itu lantas diangkat menjadi tema pada beberapa karya sastra.

1969

Program Apollo: NASA meluncurkan Apollo 12 ke permukaan bulan sebagai misi angkasa berawak kedua ke bulan.

Travis Barker. (Reuters)
Travis Barker. (Reuters)

1975

Travis Landon Barker lahir di Fontana, California, Amerika Serikat (AS). Namanya lantas dikenal luas sebagai pemain drum yang tergabung di grup band Blink 182. Selain itu, Travis juga merupakan pendiri band +44 dan Box Car Racer. Bersama Blink sejak 1999, Travis telah menorehkan lima album.

Baca juga:Makam Kuno Firaun Mesir dari 4.500 Tahun Lalu Selesai Direstorasi

1991

Pangeran Norodom Sihanouk kembali ke Kamboja setelah 13 tahun dalam pengasingan. Norodom Sihanouk (31 Oktober 1922 – 15 Oktober 2012) adalah Raja Kamboja dari tahun 1941 sampai 1955 dan tahun 1993 sampai 2004.

2012

Pasukan Pertahanan Israel melancarkan Operasi Pilar Pertahanan untuk mengusir pasukan Hamas dari Israel Selatan dan Jalur Gaza. Beberapa pertempuran antara Pasukan Pertahanan Israel dan Hamas tak terhindarkan hingga gencatan senjata pada 21 November. Kedua pihak mengkalim sebagai pihak yang menang. Israel mengklaim serangannya dalam operasi tersebut berhasil melumpuhkan kekuatan Hamas, sedangkan Hamas mengklaim roket yang mereka luncurkan telah memaksa Israel menyepakati gencatan senjata.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago