SOLOPOS.COM - Pangeran Antasari dinobatkan sebagai pemimpin perang melawan penjajah Belanda di Banjar. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pangeran Antasari dinobatkan sebagai pimpinan pemerintahan tertinggi di Kesultanan Banjar dengan menyandang gelar Panembahan Amiruddin Khalifatul Mukminin pada 14 Maret. Dengan penobatan itu mengukuhkan kedudukan Antasari sebagai pemimpin perjuangan melawan penjajah Belanda di wilayah Banjar bagian utara.

Penobatan Pangeran Antasari tersebut merupakan salah satu peristiwa pada 14 Maret yang layak dikenang. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah pada 14 Maret yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1489

Ratu Siprus, Catherine Cornaro, menjual wilayah kerajaannya kepada Kerajaan Venesia. Namun, penjualan wilayah kerajaan itu ia lakukan setelah suaminya, James II, meninggal dunia.

1647

Di masa Perang 30 Tahun, Prancis, Swedia, dan Bayern menandatangani perjanjian yang disebut Perdamaian Ulm pada 14 Maret setelah Prancis dan Swedia menyerbu wilayah Bayern. Meski demikian, pihak Bayern melanggar perjanjian tersebut beberapa bulan kemudian.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 13 Maret 2019 Teror Bom Sibolga Sumatera Utara

1780

Pertempuran Fort Charlotte adalah pengepungan yang dilakukan oleh pasukan Spanyol dipimpin Bernado de Galvez selama dua pekan dan berakhir pada 14 Maret. Ini setelah benteng Fort Charlotte di Mobile, Alabama, pos perbatasan terakhir Inggris dikuasai pasukan Spanyol.

1794

Penemuan Eli Whitney tentang alat pemisah kapas dari bijinya merevolusi industri kapas di Amerika Serikat. Sebelum penemuannya, kapas pertanian membutuhkan ratusan jam kerja untuk memisahkan biji kapas dari serat kapas mentah. Kemudian Eli Whitney memperoleh paten alat buatannya pada 14 Maret.

Pangeran Antasari. (Wikimedia.org)
Pangeran Antasari. (Wikimedia.org)

1862
Pangeran Antasari dinobatkan sebagai pimpinan pemerintahan tertinggi di Kesultanan Banjar dengan menyandang gelar Panembahan Amiruddin Khalifatul Mukminin pada 14 Maret. Dengan penobatan itu mengukuhkan kedudukan Antasari sebagai pemimpin perjuangan melawan penjajah Belanda di wilayah Banjar bagian utara.

1879

Albert Einstein lahir di Ulm, Kerajaan Wurttemberg, Kekaisaran Jerman pada 14 Maret. Kemudian Einstein dikenal luas sebagai ilmuwan fisika yang mengemukakan teori relativitas. Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam bidang fisika pada 1921.

1933

Persib Bandung (Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung) adalah klub sepak bola Indonesia yang berdiri pada 14 Maret 1933, berbasis di Bandung, Jawa Barat. Persib saat ini bermain di Liga 1 Indonesia. Adapun julukan Persib adalah Maung Bandung dan Pangeran Biru.

Baca juga: Lepas Chelsea Akibat Konflik Ukraina-Rusia, Berapa Harta Abramovich?

1939

Negara Cekoslowakia bubar setelah Slowakia memisahkan diri karena ditekan pihak Jerman. Namun, bubarnya negara tersebut justru memuluskan rencana Jerman untuk mencaplok sejumlah wilayah di Ceko. Hingga 8 Mei 1945, Slowakia merupakan sekutu sekaligus negara boneka pertama Jerman.

1951

Di masa Perang Korea, pasukan PBB berhasil menduduki Kota Seoul di Korea Selatan (Korsel) pada 14 Maret. Namun, sebelumnya kota tersebut telah diduduki pasukan Korea Utara (Korut) selama beberapa bulan.

1967

Jasad presiden Amerika Serikta (AS) John F. Kennedy di Permakaman Nasional Arlington, Virginia, Amerika Serikat (AS) dipindahkan ke lahan pemakaman dan nisan permanen di permakaman yang sama. Kennedy meninggal dunia pada 22 November 1963 dan dimakamkan tiga hari kemudian.

Mohammad Hatta (Wikimedia.org)
Mohammad Hatta (Wikimedia.org)

1980

Drs. H. Mohammad Hatta atau Bung Hatta lahir dengan nama Mohammad Athar di Fort de Kock, Hindia Belanda, 12 Agustus 1902. Bung Hatta meninggal di Jakarta, 14 Maret 1980. Dia adalah Wakil Presiden Indonesia pertama. Bersama Presiden Soekarno memproklamirkan Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.



1988

Pasukan Tiongkok mengalahkan tentara Vietnam dalam Pertempuran Karang Johnson Selatan. Pertempuran tersebut bertujuan untuk memperebutkan wilayah Kepulauan Spratly.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 12 Maret 1967, Soeharto Ditetapkan Jadi Presiden

1995

Astronaut asal Amerika Serikat (AS) Norman Thagard dinyatakan NASA meluncur ke luar angkasa menggunakan wahana milik Rusia pada 14 Maret. Selain itu Norman menjadi astronaut pertama dari AS yang menggunakan wahana luar angkasa milik Rusia.

2011

Pemerintah Inggris secara resmi melarang para imigran dari negara yang bukan anggota Uni Eropa bekerja sebagai koki, agen penjualan, manajer salon kecantikan, dan penata rambut di Inggris. Kebijakan itu dikeluarkan demi membatasi jumlah imigran yang masuk ke Inggris.

2018

Stephen William Hawking lahir 8 Januari 1942, adalah seorang kosmologi, pengarang, dan Direktur Penelitian Centre for Theoretical Cosmology di Universitas Cambridge. Hawking meninggal pada 14 Maret 2018 setelah menderita sklerosis lateral amiotrof (ALS) yang lambat, dini, dan langka.

2020

Ir. Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Ir. Budi Karya Sumadi menjadi menteri pertama pada Kabinet Indonesia Maju (2019 – 2024) yang didiagnosis menderita penyakit Covid-19 sebagai pasien No. 76, pada 14 Maret 2020.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya