SOLOPOS.COM - Polisi jujur Jenderal Hoegeng yang menjabat Kapolri ke-5. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Jenderal Polisi (Purn.) Drs. Hoegeng Iman Santoso lahir 14 Oktober 1921 dan meninggal 14 Juli 2004. Ia Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) ke-5. Jenderal Hoegeng terkenal sebagai polisi paling berani dan jujur di Indonesia oleh media dan masyarakat.

Masih banyak peristiwa penting dan bersejarah pada 14 Juli, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1223

Louis VIII dinobatkan menjadi raja Prancis menyusul kematian ayahnya, Philip II, di hari yang sama. Ia lantas memerintah Prancis hingga akhir hayatnya pada 1226. Louis VIII meninggal dunia karena sakit disentri di Chateau de Montpensier, Auvergne, Prancis.

1420

Pertempuran Bukit Vitkov di Bukit Vitkov, dekat Praha, Ceko yang melibatkan Tentara Salib dan pasukan Husite berakhir dengan kemenangan pasukan Husite. Sebanyak 200.000 tentara salib gagal menembus benteng di Bukit Vitkov untuk menyerbu Kota Praha.

Revolusi Prancis
Penyerbuan di Benteng Bastile di Kota Paris, Prancis. (Wikipedia.org)

1789

Revolusi Prancis ditandai dengan adanya penyerbuan di Benteng Bastile di Kota Paris pada 14 Juli. Para pemberontak mengincar sejumlah senjata di benteng untuk digunakan bertempur melawan pasukan kerajaan. Revolusi Prancis berlangsung selama lebih dari 10 tahun.

Baca juga: Syok! Kondisi Istri Kadiv Propam Jadi Saksi Penembakan Polisi Ajudannya

1933

Pemerintah Jerman di bawah pimpinan Adolf Hitler melarang semua partai politik, kecuali Partai Nazi, di Jerman. Hal itu membuat Jerman menjadi negara satu partai yakni Partai Nazi, yang mengusung Adolf Hitler menjadi pemimpin Jerman.

1941

Dua kapal milik pasukan Blok Poros hancur di Tropoli, Libya. Serangan terhadap kapal Blok Poros itu dilakukan Angkatan Udara Inggris dengan menggunakan pesawat pengebom.

1950

Pertempuran Taejon meletus di Taejon, Korea Selatan (Korsel) yang melibatkan pasukan Korea Utara (Korut) dan Korsel. Salah satu pertempuran pada masa Perang Korea itu berlangsung selama sepekan. Baik pihak Korsel maupun Korut sama-sama mengkalim kemenangan.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 13 Juli 587 Nebuchadnezzar Rebut Yerusalem

1958

Sebuah kudeta militer di Irak berhasil menggulingkan pemerintahan Raja Faisal II. Faisal II lantas dieksekusi mati bersama keluarganya. Ini sekaligus mengakhiri pemerintahan monarki di Irak yang dikuasai Dinasti Hashim selama 37 tahun.

1969

Perang Sepak Bola meletus di perbatasan El-Salvador dan Honduras melibatkan pasukan El-Salvador dan Honduras. Disebut Perang Sepak Bola karena dipicu tim nasional sepak bola El-Salvador dan Honduras bertemu dalam laga kualifikasi Piala Dunia 1970.

2004

Jenderal Polisi (Purn.) Drs. Hoegeng Iman Santoso lahir 14 Oktober 1921 dan meninggal 14 Juli 2004. Ia Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) ke-5. Hoegeng terkenal sebagai polisi paling berani dan jujur ??di Indonesia oleh media dan masyarakat.

Baca juga: 45 Jenazah Ditemukan di Reruntuhan Apartemen Akibat Rudal Rusia

2006



Pasukan Israel menyerbu Lebanon karena dua tentaranya ditangkap kelompok Hizbullah. Serangan Israel itu menewaskan lebih dari 50 orang yang kebanyakan adalah warga sipil.

New Horizons mendekat ke Pluto (Ilustrasi/Liveleaks)
New Horizons mendekat ke Pluto (Ilustrasi/Liveleaks)

2015

NASA mengklaim wahana antariksanya bernama New Horizons telah mendekati Pluto dan  mengirimkan foto-foto Pluto dari jarak dekat. Wahana ini memiliki berat hampir 500 kg.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya