SOLOPOS.COM - Dampak gempa bumi berkekuatan 6,9 skala richter di Yushu, Qinghai, Tiongkok, 2010. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 14 April 2010 gempa bumi berkekuatan 6,9 skala richter mengguncang Yushu, Qinghai, Tiongkok. Bencana tersebut menyebabkan kurang lebih 2.700 orang meninggal dunia. Episentrum gempa berada di desa Rima, Shang Laxiu, di daerah terpencil dekat perbatasan Tibet.

Gempa bumi di Yushu, Tiongkok yang menewaskan kurang lebih 2.7000 orang itu menjadi salah satu peristiwa bersejarah pada 14 April.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain gempa bumi di Yushu, Tiongkok, masih banyak peristiwa bersejarah pada 14 April yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 14 April, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

70

Pasukan Kekaisaran Romawi mulai mengepung Kota Yerusalem untuk merebutnya dari tangan orang-orang Yahudi. Pertempuran antara pasukan Kekaisaran Romawi dan orang-orang Yahudi terjadi selama beberapa bulan. Pada akhir perang, pasukan Kekaisaran Romawi berhasil merebut Kota Yerusalem dari orang-orang Yahudi.

1028

Putra Kaisar Romawi Conrad II, Henry III, dinobatkan sebagai kaisar di Jerman pad 14 April. Henry III lantas memimpin Kekaisaran Romawi beberapa tahun kemudian saat ayahnya meninggal dunia.

Abraham Lincoln. (Wikipedia.org)
Abraham Lincoln. (Wikipedia.org)

1865

Presiden ke-16 Amerika Serikat (AS) Abraham Lincoln ditembak oleh John Wilkes Booth ketika menonton pertunjukan di Teater Ford, Washington bersama istrinya. Sehari setelah penembakan itu terjadi, Lincoln meninggal dunia.

titanic menabrak gunung es
Lukisan berjudul Untergang der Titanic karya Willy Stower, 1912. (Wikipedia.org)

1912

Kapal penumpang berukuran besar, RMS Titanic, pada 14 April menabrak gunung es di Samudera Atlantik dalam perjalanannya dari Inggris ke Amerika Serikat (AS) saat tengah malam menjelang pergantian hari. Kapal tersebut lantas tenggelam beberapa jam kemudian. Kejadian tragis itu menewaskan 1.514 penumpang beserta awak kapal dari total 2.224 orang.

1927

Mobil Volvo pertama diluncurkan di Gothenburg, Swedia. Volvo adalah perusahaan pembuat sarana angkutan dari Swedia. Perusahaan ini menghasilkan truk, bus, peralatan konstruksi, sistem penggerak (drive system) untuk peralatan kelautan serta aplikasi-aplikasi industri, dan suku cadang pesawat udara.

1941

Pasukan Jerman yang dipimpin Jenderal Erwin Rommel mengepung Kota Tobruk, Libya untuk merebutnya dari tangan Inggris dan pasukan sekutunya pada 14 April. Jenderal Erwin Rommel adalah pemimpin militer Jerman yang pernah dipuji Perdana Menteri Inggris Winston Churchill yang notabene adalah musuh bebuyutan Jerman. Meski pernah dipuji musuh karena kecerdasannya, pasukan Jerman yang ia pimpin gagal merebut Kota Tobruk dari Inggris.

Sputnik 2 (Wikipedia.org)
Sputnik 2 membawa anjing bernama Laika. (Wikipedia.org)

1958

Sputnik 2 adalah wahana antariksa kedua Uni Soviet jatuh dari orbitnya pada 14 April, setelah difungsikan selama 162 hari. Di dalam Sputnik 2 ada seekor anjing betina bernama “Laika” yang merupakan hewan hidup pertama yang pergi ke luar angkasa.

1971

Yusufu Lule dilantik sebagai presiden Uganda setelah presiden sebelumnya, Idi Amin, digulingkan dan diusir dari negara tersebut. Penggulingan Idi Amin itu didukung pihak militer Tanzania.

1988

Uni Soviet menarik pasukannya yang menginvasi Afganistan pada 14 April. Penarikan pasukan tersebut sekaligus mengakhiri invasi Uni Soviet ke Afganistan yang sudah berlangsung selama sembilan tahun.

1991

Georgia menyelenggarakan pemilihan presiden untuk kali pertama setelah memisahkan diri dari Uni Soviet. Georgia menjadi bagian dari Uni Soviet sejak 1921.

1999

Badai es Sydney 1999 adalah bencana alam paling merugikan dalam sejarah asuransi Australia, menyebabkan kerusakan meluas di sepanjang pantai timur New South Wales. Badai ini muncul di selatan Sydney pada siang 14 April 1999 dan menyerang distrik bisnis pusat, pada sore harinya.

2003

Pasukan Amerika Serikat (AS) yang menginvasi Irak berhasil menangkap pemimpin Organisasi Pembebasan Palestina, Muhammad Zaidan alias Abu Abbas, di Bagdad. Ia ditangkap setelah dituduh sebagai dalang dari pembajakan terhadap sebuah kapal pada 1985 dan menewaskan satu warga negara AS.

2010



Pada 14 April 2010 gempa bumi berkekuatan 6,9 skala richter mengguncang Yushu, Qinghai, Tiongkok. Bencana tersebut menyebabkan kurang lebih 2.700 orang meninggal dunia. Episentrum gempa berada di desa Rima, Shang Laxiu, di daerah terpencil dekat perbatasan Tibet.

Adapaun episentrum gempa berada 30 km dari Kota Gyêgu, ibu kota dari Yushu dan sekitar 240 km dari Qamdo. Episentrum gempa berada pada daerah terpencil dataran tinggi Tibet yang secara reguler diguncang gempa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Ini Harapan Lukman Sardi atas Glenn Fredly The Movie

Ini Harapan Lukman Sardi atas Glenn Fredly The Movie
author
Astrid Prihatini WD Rabu, 24 April 2024 - 22:08 WIB
share
SOLOPOS.COM - Lukman Sardi. (Instagram @lukmansrd)

Solopos.com, SOLO-Aktor sekaligus sutradara film Glenn Fredly The Movie Lukman Sardi berharap film yang digarapnya itu dapat menjadi sebuah warisan untuk semua orang dan selebrasi bagi seniman seperti Glenn yang telah memberikan bakti serta karyanya untuk Indonesia. Simak ulasannya di kabar artis ini.

“Kami harus memberikan apresiasi dan selebrasi kepada seniman-seniman Indonesia yang telah memberikan hatinya buat Indonesia,” kata Lukman saat ditemui dalam penayangan perdana film Glenn Fredly The Movie di kawasan Epicentrum, Jakarta Selatan, Rabu (24/4/2024).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ini sebuah legacy atau warisan buat keluarga Glenn, buat kita, dan seluruh rakyat Indonesia,” katanya dikutip dari Antara pada Rabu (24/4/2024).

Menariknya, Lukman sempat menitikkan air mata saat melihat penonton datang memenuhi kursi bioskop di acara penayangan perdananya. Meskipun Lukman sudah menonton filmnya berulang kali, dia berharap pesan dalam film Glenn Fredly The Movie dapat tersampaikan dengan baik kepada penonton.

Koran Solopos

“Ini jadi semacam hal yang tidak terlupakan, yang membuat saya terharu adalah bagaimana respons teman-teman saat menontonnya,” katanya.

“Glenn Fredly The Movie” merupakan film karya Lukman Sardi yang mengangkat tema keluarga dan musik, dua hal paling penting dalam hidup mendiang Glenn Fredly. Film biografi ini juga menampilkan beberapa momen ikonik Glenn saat tampil di atas panggung dan dedikasinya terhadap musik.

Melalui film ini, Lukman berharap masyarakat dapat terinspirasi untuk memperjuangkan impian mereka. Selain itu, Lukman ingin ke depannya ada lebih banyak lagi film-film Indonesia yang mengangkat tema seputar musik dan seniman.

Emagazine Solopos

“Mudah-murahan ini bisa jadi titik awal yang bagus untuk ke depannya film Indonesia semakin banyak [yang mengangkat seniman atau musisi Indonesia],” ujarnya.

Melalui akun Instagramnya, Lukman Sardi juga pernah mengumumkan jadwal pemutaran Glenn Fredly The Movie. Hal itu terlihat di unggahan tertanggal 7 April 2024.

“Glenn Fredly The Movie.. segera di 25 April 2024 di bioskop,” demikian tulisnya dikutip Solopos.com dari Instagram @lukmansrd pada Rabu (24/4/2024).

Interaktif Solopos

Unggahan itu mendapatkan beragam komentar warganet. Kebanyakan berharap film tersebut sukses. “Sukses dan semoga meledak filmnya om…Gbu,” tulis @jag***.

“Sakses masku!” tulis @fajar***.

“Semoga sukses, Tuhan berkati,” tulis @dicky***.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Ingin Terus Ciptakan Sejarah, Kapten Rizky Ridho: Target Kami Olimpiade Paris!

Ingin Terus Ciptakan Sejarah, Kapten Rizky Ridho: Target Kami Olimpiade Paris!
author
Abu Nadzib , 
Abu Nadzib Rabu, 24 April 2024 - 22:00 WIB
share
SOLOPOS.COM - Kapten Timnas U-23 Rizky Ridho (Istimewa)

Solopos.com, DOHA — Kapten tim Rizky Ridho ingin Indonesia menciptakan lebih banyak lagi sejarah dalam debut Garuda Muda di Piala Asia U-23 Qatar.

Rizky Ridho tak ingin memberi waktu bagi tim Korea Selatan untuk beristirahat ketika kedua tim bertemu di babak perempatfinal pada Jumat (26/4/2024) dini hari mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip Solopos.com dari laman AFC, Rabu (24/4/2024), Rizky Ridho yang menjadi aktor penting sukses Indonesia di Piala Asia U-23, menegaskan mereka tidak terbebani oleh ekspektasi tinggi suporter Garuda.

Mereka tak puas dengan lolos ke perempatfinal dan ingin lagi menciptakan sejarah.

Koran Solopos

“Kami tahu pertandingan besok penting tapi kami tidak puas hanya dengan lolos ke perempatfinal. Tidak ada tekanan bagi kami dan kami hanya berusaha menikmati pertandingan, dan target kami adalah pergi ke Olimpiade,” kata pemain berusia 22 tahun itu.

Rizky berjanji Indonesia tidak akan membiarkan lawannya beristirahat sejenak demi mengincar finis empat besar.

“Untuk besok, kami siap secara tim mengikuti instruksi pelatih. Kami tahu Republik Korea adalah tim yang bagus tetapi kami fokus untuk menang dan siap bertarung,” tegas bek Persija Jakarta ini.

Emagazine Solopos

Indonesia sukses mencetak sejarah secara beruntun di Piala Asia U-23.

Setelah menciptakan sejarah lolos kali pertama sejak 2013, Garuda Muda lolos ke perempatfinal dalam debut dengan mengalahkan dua tim kuat, Australia 1-0 dan Yordania 4-1.

Indonesia juga ingin mencetak sejarah lolos ke Olimpiade Paris 2024 setelah keikutsertaan kali pertama pada Olimpiade 1956.

Interaktif Solopos

Kapten Timnas U-23 Korsel, Byun Jun-soo, tak ingin meremehkan lawan mereka.

Ia mengingatkan rekan-rekannya untuk menjaga fokus jelang lawan Indonesia di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Jumat dini hari.

“Saya sudah menonton tiga pertandingan Indonesia dan menurut saya mereka bukan underdog. Mereka terorganisasi dengan baik, cepat, agresif dan mendapatkan banyak momentum, mereka adalah tim yang bagus,” kata pemain berusia 22 tahun itu.



Pertandingan ini akan menandai kembalinya Byun dari skorsing, setelah melewatkan kemenangan terakhir mereka di Grup B melawan Jepang.

Bek tengah klub Gwangju FC ini berharap bisa membantu timnya mempertahankan rekor kemenangan dan rekor tidak kebobolan satu gol pun sejauh ini.

“Saya senang dengan rekor clean sheet kami meski sayang rekan saya Seo Myung-guan cedera di gim pertama. Tetapi kami semua bermain bagus sebagai satu kesatuan dan suasana tim bagus saat ini. Kami tahu bahwa babak sistem gugur adalah hal yang berbeda dan kami tidak akan lengah.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Ada Wahana Gokart Baru di Jakarta, Unit Bertenaga Listrik

Ada Wahana Gokart Baru di Jakarta, Unit Bertenaga Listrik
author
Newswire , 
Akhmad Ludiyanto Rabu, 24 April 2024 - 21:49 WIB
share
SOLOPOS.COM - Barcode Gokart yang hadir di Kelapa gading, jakarta Utara. (ANTARA/Barcode Gokart)

Solopos.com, JAKARTA – Jakarta kini punya wahana permainan gokart bertaraf internasional. Berikut ini sekelumit informasi tentang wahana tersebut.

Wahana permainan Gokart bertaraf internasional, Barcode Gokart resmi hadir untuk masyarakat. Wahana ini menyajikan pengalaman yang berbeda dengan tempat gokart pada umumnya yang banyak tersebar di Jakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

CEO Barcode Gokart, Daniel Sugiharto mengatakan bahwa unit yang disediakan di Barcode Gokart sudah mengusung konsep ramah lingkungan atau menggunakan gokart elektrik.

“Pilihan menggunakan gokart elektrik merupakan salah satu bentuk komitmen dari Barcode Gokart dalam misi mengembangkan dunia motorsport yang lebih ramah lingkungan dan bebas polusi,” kata Daniel Sugiharto dalam keterangan resminya, baru-baru ini.

Koran Solopos

Menurut dia, Barcode Gokart menjadi tempat pertama yang menyediakan unit-unitnya berbasis elektrik yang langsung didatangkan dari Prancis, hal tersebut demi memberikan pengalaman layaknya pembalap gokart profesional.

Barcode Gokart menyediakan berbagai level mulai dari beginner hingga kategori profesional. Meski begitu, para konsumen tidak bisa serta merta langsung menggunakan kelas profesional pada awalnya.

“Kami hadir dengan berbagi kelas mulai dari beginner, advance hingga profesional. Kalau untuk awal, pengunjung harus menggunakan yang kelas beginner, tidak bisa langsung menggunakan yang pro atau advan. Hal tersebut demi keamanan penggunanya. Karena semua itu berbeda, dari speed, hingga cara berkendaranya,” ujar dia.

Emagazine Solopos

Barcode Gokart yang berlokasi di Mall of Indonesia (MOI), Jakarta Utara, tepatnya di Lower Ground (LG), tidak hanya menyediakan fasilitas gokart untuk dewasa. Di dalamnya, juga terdapat arena gokart untuk anak-anak yang bisa dimanfaatkan oleh orang tua.

Untuk bisa memanfaatkan wahana ini, para pengunjung harus mengeluarkan biaya mulai dari Rp150.000 untuk kelas pemula, Advance Rp250.000, dan Pro Rp325.000 per sesi atau setara dengan tujuh menit.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories