Sejarah Hari Ini : 13 November 1970, Gunung Nevado del Ruiz Meletus

Gunung meletus dahsyat di Kolombia menjadi salah satu dari sekian peristiwa bersejarah yang terjadi pada 13 November dan terangkum dalam Sejarah Hari Ini.
SHARE
Sejarah Hari Ini : 13 November 1970, Gunung Nevado del Ruiz Meletus
SOLOPOS.COM - Gunung berapi Nevado del Ruiz di Kolombia. (U.S. Geological Survey via wikipedia)

Solopos.com, SOLO — Gunung berapi Nevado del Ruiz meletus mengakibatkan campuran abu panas dan lahar berhamburan hingga mencairkan sebuah gletser yang kemudian mengubur Armero, Kolombia, pada 13 November 1985. Bencana itu menewaskan sekitar 23.000 orang.

Nevado del Ruiz adalah sebuah stratovolcano yang terletak di Kolombia. Gunung ini merupakan gunung yang terletak di bagian paling utara Sabuk vulkanik Andes dan terbentang sekitar 15 mil sebelah tenggara dari Manizales, dengan kota Armero di lembah dekat gunung ini. Gunung ini adalah gunung tertinggi dan gunung yang terletak paling utara di Kolombia. Letusan gunung di tahun 1985 ini disebut tragedi Armero. Nevado del Ruiz dikenal sebagai “singa tidur”

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Letusan dahsyat Gunung Nevado del Ruiz merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 13 November, hari ke-317 (hari ke-318 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian.

Baca juga: Gelombang Ke-4 Covid-19 di Jerman, Kasus Kematian Terus Bertambah

1642

Salah satu pertempuran antara pasukan Kerajaan dan pasukan Parlemen di masa Perang Saudara Inggris I meletus di Turnham Green, Middlesex, Inggris. Tanpa menyatakan menyerah, pasukan Kerajaan mundur dari medan pertempuran sehingga pasukan Parlemen lantas dianggap sebagai pemenangnya.

1914

Pasukan Konfederasi Zaian Berber berhasil mengalahkan pasukan Prancis dalam pertempuran di El Herri, dekat Khenifra, Maroko. Pertempuran tersebut merupakan salah satu bagian dari Perang Zaian yang dipicu upaya Prancis menguasai Maroko. Di pertempuran itu, Prancis harus kehilangan sedikitnya 600 tentaranya, sedangkan Konfederasi Zaian Berber hanya kehilangan 182 prajuritnya.

1918

Pasukan Sekutu berhasil menduduki ibu kota Kesultanan Ottoman, Konstantinopel, atau kini Istanbul. Peristiwa itu sekaligus menjadi tanda keruntuhan Kesultanan Ottoman yang sudah berdiri sejak 1299 dan tanda kekalahan Kesultanan Ottoman di Perang Dunia I.

1927

Terowongan di bawah Sungai Hudson, Amerika Serikat (AS) dibuka untuk menghubungkan Manhattan, New York dengan Jersey City, New Jersey. Proses pembangunan terowongan yang dirancang Clifford Milburn Holland itu menghabiskan waktu kurang lebih tujuh tahun.

Baca juga: Makam Kuno Firaun Mesir dari 4.500 Tahun Lalu Selesai Direstorasi

1941

Kapal induk milik Inggris, HMS Ark Royal, ditorpedo oleh kapal selam milik Jerman, U-81. Akibatnya, kapal yang selesai dibuat pada 1935 dan diluncurkan pada 1937 itu tenggelam pada keesokan harinya.

AK-47. (Wikimedia.org)
AK-47. (Wikimedia.org)

1947

Pengembangan senjata yang lantas dinamai AK-47 selesai dilakukan Uni Soviet. AK-47 merupakan salah satu senapan serbu pertama di dunia yang dianggap sangat akurat.

sejarah hari ini siklon bhola
Siklon Bhola pada November 1970 (wikipedia)

1970

Angin kencang yang disebut siklon tropis berkecepatan 190 kilometer per jam mendera Pakistan Timur atau kini Bangladesh dan Benggala Barat, India. Akibatnya, lebih dari 500.000 orang tewas. Badai ini lantas dianggap sebagai bencana paling mematikan pada abad ke-20. Peristiwa itu kini dikenang dengan sebutan Siklon Bhola 1970.

1985

Gunung berapi Nevado del Ruiz meletus mengakibatkan campuran abu panas dan lahar berhamburan hingga mencairkan sebuah gletser yang kemudian mengubur Armero, Kolombia, menewaskan sekitar 23.000 orang. Gunung ini adalah gunung tertinggi dan gunung yang terletak paling utara di Kolombia. Letusan gunung di tahun 1985 ini disebut tragedi Armero. Nevado del Ruiz dikenal sebagai “singa tidur” oleh penduduk setempat.

1995

Serangan bom mendera Pusat Pelatihan Garda Nasional Arab Saudi yang dioperasikan Amerika Serikat (AS) di Riyadh, Arab Saudi. Serangan itu menewaskan lima warga AS dan dua warga India. Kelompok yang menyebut diri sebagai Gerakan Perubahan Islam mengklaim sebagai pelaku penyerangan tersebut.

Baca juga: Kisah Model Seksi Tolak Mahar 200 Unta, Alasannya Tak Terduga

1998

Kerusuhan terjadi di kawasan Semanggi, Jakarta Selatan akibat aksi protes sejumlah mahasiswa terhadap pemerintahan Bacharuddin Jusuf Habibie. Mahasiswa yang lantas bergabung dengan masyarakat yang menuju kampus Universitas Atma Jaya Jakarta diadang aparat di Jl. Sudirman. Mahasiswa bersama masyarakat lantas dikepung dari dua arah sepanjang Jl. Jenderal Sudirman menggunakan kendaraan lapis baja. Atas kejadian itu, 17 warga sipil tewas. Peristiwa itu sekarang disebut dengan Tragedi Semanggi I.

2015

Serangan teroris mendera Paris dan Saint Denis di Prancis. Para teroris itu menembaki sejumlah orang dan meledakkan bom di dua kota tersebut. Serangan tersebut menewaskan sedikitnya 129 orang tewas dan 352 lainnya luka-luka. Tentara Islamic State Iraq and Syria (ISIS) atau Negara Islam Irak dan Suriah mengklaim sebagai pelaku serangan tersebut. ISIS menyatakan serangan itu sebagai upaya balas dendam atas keterlibatan Perancis dalam Perang Saudara Suriah dan Perang Saudara Irak.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago