SOLOPOS.COM - Pesawat Boeing 737 Lion Air berada di laut di sebelah barat landas pacu Bandara Ngurah Rai, Bali setelah jatuh saat hendak mendarat pada 13 April 2013. (Antara)

Solopos.com, SOLO — Pesawat Lion Air JT 904 jenis Boeing 737-800 penerbangan Bandung-Denpasar jatuh ke laut di sebelah barat runway sekitar pukul 15.35 Wita pada 13 April 2013. Bandara Ngurah Rai memang dekat dengan laut. Sebanyak 101 penumpang dan awak pesawat selamat dalam kejadian tersebut.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 13 April yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1111

Henry V dinobatkan sebagai pemimpin Kekaisaran Romawi pada 13 April, menggantikan ayahnya, Henry IV, yang meninggal dunia. Ia adalah kaisar terakhir dari Dinasiti Salian yang memimpin Kekaisaran Romawi.

Lukisan yang menggambarkan Tentara Salib menyerang Konstantnopel. (Wikipedia.org)
Lukisan yang menggambarkan Tentara Salib menyerang Konstantnopel. (Wikipedia.org)

1204

Tentara Salib berhasil menguasai Konstantinopel—kota yang kini dikenal sebagai Kota Istanbul di Turki—dalam Perang Salib IV. Peristiwa tersebut sekaligus menjadi tanda runtuhnya Kekaisaran Bizantium. Meski sempat runtuh, Kekaisaran Bizantium bangkit kembali beberapa tahun kemudian.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 12 April 1861 Perbudakan Picu Perang Saudara di AS

Tugu Pembantaian Amritsar, India, 13 April 1919 (Wikipedia.org)
Tugu Pembantaian Amritsar, India, 13 April 1919 (Wikipedia.org)

1919
Pembantaian Jallianwala Bagh atau dikenal dengan nama Pembantaian Amritsar, adalah peristiwa berdarah yang terjadi di India pada 13 April 1919. Tentara Inggris dan Gurkha di bawah komando Kolonel Reginald Dyer menembaki pria, wanita, dan anak-anak yang sedang berkumpul di Jallianwala Bagh di bagian utara kota Amritsar, India. Sedikitnya 379 pengunjuk rasa meninggal dunia.

1943

Kuburan massal dari Tahanan Perang Polandia yang dibunuh tentara Rusia ditemukan. Pihak Rusia membantah pembunuhan terhadap tahanan perang Polandia itu dilakukan pihak militernya. Penemuan kuburan massal itu memicu ketegangan kedua negara tersebut.

1943

Presiden ke-32 Amerika Serikat (AS) Franklin Delano Roosevelt meresmikan monumen yang dibangun di Washington D.C. untuk mengenang jasa Thomas Jefferson pada 13 April. Thomas dikenal sebagai bapak pendiri bangsa sekaligus presiden ke-3 AS.

1945

Militer Jerman membunuh lebih dari 1.000 tahanan perang dan tahanan politik di Gardelegen, Jerman. Peristiwa itu lantas dikenang dengan nama Pembantaian Gardelegen.

Baca juga: PM Pakistan Dilengserkan, Tokoh Oposisi Bentuk Pemerintahan Baru

1964

Sidney Poitier menjadi orang berkulit hitam pertama yang memenangi gelar aktor terbaik dalam ajang Piala Oscar pada 13 April. Ia memenangi gelar tersebut setelah membintangi film berjudul Lilies of the Field yang dirilis setahun sebelumnya.

1970

Tangki oksigen cair pada modul layanan (SM) pesawat Apollo 12 mengalami kegagalan (meledak) yang berakibat pada dibatalkannya misi pendaratan di Bulan. Awak misi kemudian hanya terbang melintasi Bulan dan kembali ke Bumi.

1972

Pertempuran An Loc yang melibatkan pihak Vietnam Utara dan Vietnam Selatan yang dibantu pasukan Amerika Serikat (AS) meletus di An Loc, Provinsi Binh Long, Vietnam. Pertempuran tersebut berlangsung selama berbulan-bulan. Pihak Vietnam Selatan dan AS menjadi pemenang dalam pertempuran tersebut.

1987

Presiden Amerika Serikat (AS) Ronald Raegan mengundang pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev ke AS untuk kali kedua pada 13 April. Gorbachev menolak undangan Raegan itu untuk kali kedua setelah beberapa hari sebelumnya ia juga diundang untuk ke AS oleh Raegan. Gorbachev menolak undangan tersebut karena ia merasa semua orang AS tak bisa dipercaya.

1989

Tentara Israel melakukan serangan di sebuah desa di Tepi Barat. Serangan itu menewaskan enam warga Palestina. Israel menyerang desa tersebut demi meredam perlawanan rakyat Palestina terhadap tentara Israel.



1992

Putri Anne Elizabeth Alice Louise, anak dari Ratu Inggris Elizabeth II, resmi bercerai dengan suaminya, Mark Phillips, yang menikahinya pada 1973. Sebelum resmi bercerai, Anne dan Mark sudah pisah ranjang selama kurang lebih dua tahun.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 12 April 1861 Perbudakan Picu Perang Saudara di AS

2013

Kecelakaan menimpa pesawat Lion Air JT 904 saat hendak mendarat di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Pesawat tersebut jatuh di perairan saat akan mendarat di Bandara Ngurah Rai pada pukul 15.10 WITA pada 13 April di sebelah barat Runway 09. Tidak ada korban jiwa.

2015

Günter Wilhelm Grass adalah seorang penulis asal Jerman kelahiran 16 Oktober 1927. Ia pemenang Penghargaan Nobel dalam Sastra pada 1999.Karya-karyanya mempunyai dimensi politik yang kuat dan sering dianggap sebagai bagian dari gerakan seni bernama Vergangenheitsbewältigung. Ia meninggal dunia pada 13 April 2015.

2018

Pasukan Amerika Serikat dan sekutunya yakni Inggris dan Prancis melakukan serangan ke tiga sasaran termasuk dua lokasi yang dicurigai sebagai tempat untuk mengembangkan senjata kimia di wilayah Suriah pada 13 April 2018.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya