Sejarah Hari Ini: 13 April 1919, Pembantaian Amritsar, India
Solopos.com|news

Sejarah Hari Ini: 13 April 1919, Pembantaian Amritsar, India

Berbagai peristiwa bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 13 April

Solopos.com, SOLO — Pembantaian Jallianwala Bagh atau dikenal dengan nama Pembantaian Amritsar merupakan suatu peristiwa berdarah yang terjadi di India pada 13 April 1919. Tentara Inggris dan Gurkha di bawah komando Kolonel Reginald Dyer menembaki pria, wanita, dan anak-anak

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-103—hari ke-104 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 13 April. Selain Pembantaian Amritsar, India, banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 13 April.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain mengenai Tentara Salib, pada 13 April yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 13 April:

1111

Henry V dinobatkan sebagai pemimpin Kekaisaran Romawi pada 13 April, menggantikan ayahnya, Henry IV, yang meninggal dunia. Ia adalah kaisar terakhir dari Dinasiti Salian yang memimpin Kekaisaran Romawi.

Lukisan yang menggambarkan Tentara Salib menyerang Konstantnopel. (Wikipedia.org)
Lukisan yang menggambarkan Tentara Salib menyerang Konstantnopel. (Wikipedia.org)

1204

Tentara Salib berhasil menguasai Konstantinopel—kota yang kini dikenal sebagai Kota Istanbul di Turki—dalam Perang Salib IV. Peristiwa tersebut sekaligus menjadi tanda runtuhnya Kekaisaran Bizantium. Meski sempat runtuh, Kekaisaran Bizantium bangkit kembali beberapa tahun kemudian.

1919

Pembantaian Jallianwala Bagh atau dikenal dengan nama Pembantaian Amritsar merupakan suatu peristiwa berdarah yang terjadi di India pada 13 April 1919. Tentara Inggris dan Gurkha di bawah komando Kolonel Reginald Dyer menembaki pria, wanita, dan anak-anak yang sedang berkumpul di Jallianwala Bagh di bagian utara kota Amritsar, India.

Sedikitnya 379 pengunjuk rasa yang tidak bersenjata di Amritsar, India meninggal dunia.

1943

Kuburan massal dari Tahanan Perang Polandia yang dibunuh tentara Rusia ditemukan. Pihak Rusia membantah pembunuhan terhadap tahanan perang Polandia itu dilakukan pihak militernya. Penemuan kuburan massal itu memicu ketegangan kedua negara tersebut.

Franklin Delano Roosevelt. (Reuters)
Franklin Delano Roosevelt. (Reuters)

1943

Presiden ke-32 Amerika Serikat (AS) Franklin Delano Roosevelt meresmikan monumen yang dibangun di Washington D.C. untuk mengenang jasa Thomas Jefferson pada 13 April. Thomas dikenal sebagai bapak pendiri bangsa sekaligus presiden ke-3 AS.

1945

Militer Jerman membunuh lebih dari 1.000 tahanan perang dan tahanan politik di Gardelegen, Jerman. Peristiwa itu lantas dikenang dengan nama Pembantaian Gardelegen.

1964

Sidney Poitier menjadi orang berkulit hitam pertama yang memenangi gelar aktor terbaik dalam ajang Piala Oscar pada 13 April. Ia memenangi gelar tersebut setelah membintangi film berjudul Lilies of the Field yang dirilis setahun sebelumnya.

1970

Tangki oksigen cair pada modul layanan (SM) pesawat Apollo 12 mengalami kegagalan (meledak) yang berakibat pada dibatalkannya misi pendaratan di Bulan. Awak misi kemudian hanya terbang melintasi Bulan dan kembali ke Bumi.

1972

Pertempuran An Loc yang melibatkan pihak Vietnam Utara dan Vietnam Selatan yang dibantu pasukan Amerika Serikat (AS) meletus di An Loc, Provinsi Binh Long, Vietnam. Pertempuran tersebut berlangsung selama berbulan-bulan. Pihak Vietnam Selatan dan AS menjadi pemenang dalam pertempuran tersebut.

1987

Presiden Amerika Serikat (AS) Ronald Raegan mengundang pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev ke AS untuk kali kedua pada 13 April. Gorbachev menolak undangan Regan itu untuk kali kedua setelah beberapa hari sebelumnya ia juga diundang untuk ke AS oleh Raegan. Gorbachev menolak undangan tersebut karena ia merasa semua orang AS tak bisa dipercaya.

1989

Tentara Israel melakukan serangan di sebuah desa di Tepi Barat. Serangan itu menewaskan enam warga Palestina. Israel menyerang desa tersebut demi meredam perlawanan rakyat Palestina terhadap tentara Israel.

1992

Putri Anne Elizabeth Alice Louise, anak dari Ratu Inggris Elizabeth II, resmi bercerai dengan suaminya, Mark Phillips, yang menikahinya pada 1973. Sebelum resmi bercerai, Anne dan Mark sudah pisah ranjang selama kurang lebih dua tahun.

Tiger Woods (Wikipedia.org)
                     Tiger Woods (Wikipedia.org)

1997

Tiger Woods pegolf keturunan Afro-Amerika-Thailand menjuarai Turnamen Masters tahun 1997 pada usia 21 tahun dan 3 bulan. Bahkan ia menjadi juara golf termuda dalam sejarah.

2013

Kecelakaan menimpa pesawat Lion Air JT 904 saat hendak mendarat di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Pesawat tersebut jatuh di perairan saat akan mendarat di Bandara Ngurah Rai pada pukul 15.10 WITA pada 13 April di sebelah barat Runway 09. Tidak ada korban jiwa.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago