SOLOPOS.COM - Kazakstan Airlines Ilyushin Il-76TD. (airliners.net via wikipedia)

Solopos.com, SOLO — Pada 12 November 1996, Pesawat Saudi Arabian Airlines Penerbangan 763 dan Air Kazakhstan Penerbangan 1907 tabrakan di udara Charki Dadhi, India. Sebanyak 349 orang yang terdiri atas penumpang dan kru kedua pesawat meninggal dunia akibat insiden itu.

Tabrakan kedua pesawat itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada hari ke-316—hari ke-317 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kalender Gregorian, 12 November.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebelum tabrakan terjadi, pesawat Saudi Arabian yang berjenis Boeing 747-168B menerbangi rute Delhi, India menuju Dhahran, Arab Saudi. Sedangkan pesawat Air Kazakhstan Ilyushin Il-76 pada saat sama menerbangi rute Shymkent, Kazakhstan menuju Delhi, India.

Rencananya, Kazakhstan 1907 menggunakan ketinggian 4876 meter. Sedangkan, Saudi Arabian Airlines berada pada ketinggian 4.267 meter. Jarak antara keduanya hampir berdekatan. Pengendali ATC memberikan peringatan kepada kedua pesawat, namun kurang mendapat respons cepat. Akibatnya, kedua pesawat mengalami tabrakan.

Baca juga: PM Malaysia Janji TKI akan Diperlakukan Secara Baik

Ekor Kazakhstan 1907 memotong melalui sayap kiri dan horizontal stabilizer 763 Saudi. Akibatnya, pesawat Boeing 747 milik Saudi Arabian Airlines kehilangan kendali dan meluncur ke arah tanah beserta percikan api pada sayapnya. Sementara Ilyushin II-76TD tak terkendali jatuh pada sebuah ladang.

Selain tabrakan dua pesawat di wilayah udara India, masih banyak peristiwa bersejarah lain terjadi pada 12 November. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 12 November:

954

Di usia yang masih 13 tahun, Lothaire secara resmi dinobatkan sebagai raja di Franka Barat setelah ayahnya meninggal sekitar sebulan sebelumnya. Ia lantas memangku takhta sebagai raja Franka Barat hingga akhir hayatnya pada 2 Maret 986.

1330

Pasukan Wallachia pimpinan Basarab I berjumlah 7.000 hingga 10.000 orang berhasil mengalahkan pasukan Kerajaan Hungaria pimpinan Charles I dengan jumlah 30.000 tentara di perbatasan antara Transylvania dan Wallachia. Pasukan Wallachia yang bertempur selama empat hari akhirnya berhasil mengusir pasukan Hungaria yang ingin menguasai Wallachia. Atas kekalahan itu, Hungaria gagal memperluas wilayah kekuasaannya.

1918

Republik Austria Pertama didirikan menyusul bubarnya Republik Jerman-Austria yang didirikan sejak 11 November 1918. Republik Austria Pertama hanya bertahan hingga 1934 setelah negara tersebut berubah menjadi Negara Federal Austria.

Baca juga: Hindari Taliban, Ribuan Warga Afghanistan Menyeberang ke Iran Per Hari

1920

Italia dan Kerajaan Serbia-Kroasia-Slovenia menandatangani Perjanjian Rapallo di Rapallo, dekat Genoa, Italia. Perjanjian itu mengakhiri konflik yang melibatkan negara-negara tersebut dalam perebutan wilayah bekas Kerajaan Austria-Hungaria.

1940

Pertempuran Gabon antara Pasukan Pembebasan Prancis dan pasukan Prancis Vichy di Gabon berakhir. Pertempuran itu berhasil dimenangi Pasukan Pembebasan Prancis yang berhasil merebut Gabon dari cengkeraman Prancis Vichy.

1941

Untuk kali pertama, Uni Soviet menggunakan pasukan militer yang menggunakan ski untuk melawan pasukan Jerman di Moskow. Hal itu disebabkan temperatur di Moskow mencapai -12 derajat Celsius sehingga salju menutupi hampir seluruh Kota.

1941

Dalam Pertempuran Sevastopol, kapal penjelajah milik Uni Soviet Chervona Ukraina dibombardir pasukan Blok Poros. Sehari kemudian, kapal tersebut tenggelam lantaran kerusakan yang sangat parah.

Baca juga: Misteri Ruang Amber, Kamar Istri Kaisar Rusia Simpan 8 Ton Emas

1942

Pertempuran antar-angkatan laut antara Amerika Serikat (AS) dan Jepang meletus di perairan dekat Pulau Guadalkana, Kepulauan Solomon. Pertempuran itu berlangsung selama empat hari dan berakhir dengan kemenangan Angkatan Laut AS.

1986

Ignazio Abate lahir di Sant Agata de Goti, Italia. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola profesional yang membela salah satu klub besar di Italia, yakni AC Milan. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu juga dipercaya untuk memperkuat Timnas Italia sejak 2011 lalu.

1991

Tentara Indonesia menembaki para mahasiswa di Dili, Timor Timur, yang melakukan aksi protes atas tindakan tentara yang sebelumnya dianggap telah menembak mati Sebastiao Gomes, salah seorang aktivis pro-kemerdekaan di Timor Timur. Akibat peristiwa itu, 271 mahasiswa meninggal, 382 orang terluka, dan 250 lainnya menghilang. Peristiwa itu kini dikenang dengan sebutan Insiden Dili.

1996

Pesawat Saudi Arabian Airlines Penerbangan 763 dan Air Kazakhstan Penerbangan 1907 tabrakan di udara Charki Dadhi, India. Sebanyak 349 orang yang terdiri atas penumpang dan kru kedua pesawat meninggal dunia akibat insiden itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya