SOLOPOS.COM - Ledakan gas East Harlem terjadi pada 12 Maret 2014. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Ledakan gas East Harlem terjadi pada 12 Maret 2014, di East Harlem lingkungan Manhattan di New York City . Menewaskan delapan orang, melukai sedikitnya 70 lainnya, dan membuat 100 keluarga mengungsi.

Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah lainnya yang terjadi pada 12 Maret setiap tahunnya. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com menyajikan sejumlah peristiwa bersejarah pada 12 Maret yang dirangkum dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

538

Pasukan Kerajaan Ostrogoth yang dipimpin Vitiges meninggalkan Kota Roma yang telah mereka kepung sejak Maret 537. Kemudian Kerajaan Ostrogoth meninggalkan Roma dan meninggalkan jejak kekalahan mereka dari pasukan Kekaisaran Romawi Timur yang berhasil mempertahankan kota tersebut dari kepungan Kerajaan Ostrogoth.

1767

Die Schuldigkeit des ersten Gebotes adalah sebuah opera, yang ditulis Wolfgang Amadeus Mozart pada tahun 1767 saat ia berusia 11 tahun. Ini adalah opera, atau lebih tepatnya drama keagamaan (sacred drama), yang pertama kali ditulis Mozart. Opera ini dipertunjukkan pertama kali pada 12 Maret 1767 di di Istana Uskup Agung, Salzburg.

Kapal penjelajah Georgios Averof (Wikimedia.org)
Kapal penjelajah Georgios Averof (Wikimedia.org)

1910

Georgios Averof adalah kapal penjelajah lapis baja kelas Pisa yang dimodifikasi yang dibangun di Italia diluncurkan pada 12 Maret. Selanjutnya kapal berfungsi sebagai kapal utama Yunani selama sebagian besar paruh pertama abad ini.

1913

Australia menyatakan telah resmi memindah ibu kotanya dari Melbourne ke kawasan yang lantas diberi nama Canberra. Meski demikian, Melbourne masih menjadi ibu kota negara tersebut hingga 1927 karena kawasan Canberra masih dalam tahap pembangunan.

1918

Pemerintah Rusia secara resmi menjadikan Kota Moscow sebagai ibu kota Rusia menggantikan Saint Petersburg pada 12 Maret. Sebelumnya, Saint Petersburg telah menjadi ibu kota negara tersebut selama 215 tahun.

Mahatma Gandhi (Wikimedia.org)
Mahatma Gandhi (Wikimedia.org)

1930

Mahatma Gandhi memimpin barisan demonstran yang berjalan menuju wilayah pantai untuk memprotes monopoli perdagangan garam yang dilakukan Inggris di India. Kemudian peristiwa itu kini dikenal dengan sebutan Mars Garam.

1938

Jerman secara resmi mencaplok wilayah Austria. Tidak ada pertempuran yang terjadi dalam proses aneksasi pada 12 Maret. Namun demikian, penyatuan wilayah Austria ke dalam wilayah kekuasaan Jerman itu mendapatkan kecaman dari beberapa pemimpin negara.

1940

Finlandia menandatangani perjanjian damai dengan Uni Soviet di Moskow, Rusia. Perjanjian tersebut sekaligus mengakhiri Perang Musim Dingin yang berlangsung sejak 30 November 1939. Melalui perjanjian itu, Finlandia menyerahkan hampir seluruh wilayah Karelia kepada Uni Soviet.

1942

Pertempuran Jawa antara pasukan Sekutu dan pasukan Jepang berlangsung selama hampir dua pekan berakhir. Selanjutnya pasukan Sekutu yang kalah kemudian menandatangani penyerahan tanpa syarat kepada Jepang di Bandung.

1947

Presiden Amerika Serikat (AS) Harry S. Truman menetapkan kebijakan untuk memberikan bantuan ekonomi dan militer kepada Yunani dan Turki. Tujuan kebijakan yang dikenal dengan nama Doktrin Truman itu ditetapkan demi mencegah jatuhnya kedua negara tersebut ke tangan Uni Soviet.

Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto. (Abc.net.au)
Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto. (Abc.net.au)

1967

Jenderal Soeharto ditetapkan sebagai penjabat presiden setelah pertanggungjawaban Presiden Soekarno ditolak Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS). Dengan begitu, Soekarno secara resmi lengser dari takhtanya sebagai presiden. Namun demikian, Soeharto baru resmi memegang jabatan sebagai presiden, sesuai hasil Sidang Umum MPRS pada 27 Maret 1968.

1993

Sebanyak 13 bom meledak di wilayah Bombay, India menewaskan sedikitnya 200 orang dan melukai 1.000 orang lainnya. Serangan bom tersebut dianggap sebagai pembalasan atas kerusuhan anti-Islam dan merupakan bagian dari konflik Hindu-Islam yang sedang berlangsung di India.

2003

WHO 12 Maret 2003, mengeluarkan peringatan kesehatan global tentang atas penyakit Sindrom Pernapasan Akut Berat atau SARS. Ketakutan akan penyakit ini membuat banyak orang membatalkan perjalanan ke daerah yang terkena dampak.



2014

Ledakan gas East Harlem terjadi pada 12 Maret 2014, di East Harlem lingkungan Manhattan di New York City . Ledakan itu meratakan dua gedung apartemen yang terletak di utara 116th Street di 1644 dan 1646 Park Avenue. Juga menewaskan delapan orang, melukai sedikitnya 70 lainnya, dan membuat 100 keluarga mengungsi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya