SOLOPOS.COM - Kru kapal USS Wissahickon dari pihak Union dalam Perang Saudara Amerika Serikat. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Perang Saudara Amerika Serikat (AS) antara Union Amerika dan Konfederasi Amerika meletus pada 12 April 1861. Adapun pemicu perang adalah perbedaan pendapat antara negara bagian AS di utara dan negara bagian AS di selatan terkait perbudakan.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 12 April yang yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1204

Tentara Salib berhasil menembus tembok pertahanan Kota Konstantinopel—kini Istanbul di Turki—dan melakukan serangan. Sehari kemudian, Tentara Salib berhasil merebut kota tersebut dari Kekaisaran Romawi Timur.

1861

Perang Saudara Amerika Serikat (AS) antara Union Amerika dan Konfederasi Amerika meletus pada 12 April. Adapun pemicu perang adalah perbedaan pendapat antara negara bagian AS di utara, yang kemudian disebut Union yang menentang perbudakan dan negara bagian AS bagian selatan yang disebut Konfederasi yang ingin mempertahankan perbudakan.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 11 April 1919 Organisasi Buruh Internasional Berdiri

1877

Pasukan Inggris berhasil menguasai Transvaal atau kini lebih dikenal dengan nama Afrika Selatan (Afsel). Pemerintah Inggris kemudian mengontrol negara tersebut hingga 1881.

1912

Sri Sultan Hamengkubuwana IX atau Gusti Raden Mas Dorodjatun, lahir di Ngayogyakarta Hadiningrat, 12 April 1912 adalah raja Kesultanan Yogyakarta, wakil Presiden Indonesia kedua, dan pelopor Gerakan Pramuka Indonesia.

1927

Pemimpin Partai Nasionalis Tiongkok, Chiang Kai-shek, memberikan perintah kepada pasukan militernya beserta Tentara Revolusioner Tiongkok untuk melakukan pembantaian anggota Partai Komunis Tiongkok di Shanghai pada 12 April. Korban jiwa diperkirakan mencapai 5.000 orang dari Partai Komunis Tiongkok.

Presiden AS Roosevelt Meninggal pada 12 April 1945 (Wikipedia.org)
Presiden AS Roosevelt meninggal pada 12 April 1945 (Wikipedia.org)

Baca juga: Pos Polisi di Jakarta Pusat Dibakar, Terkait Demo 11 April?

1945

Presiden ke-32 Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt meninggal dunia karena mengalami pendarahan pada otak besar pada 12 April. Ia meninggal saat masih menjabat sebagai presiden AS. Ia kemudian digantikan wakilnya, Harry S. Trauman. Roosevelt satu-satunya Presiden Amerika Serikat yang terpilih empat kali dalam masa jabatan dari tahun 1933 hingga 1945.

1961

Kosmonaut asal Uni Soviet berhasil terbang ke luar angkasa menggunakan wahana luar angkasa Vostok-1 yang diluncurkan dari Kosmodrom Baykonur, Kazakhstan. Keberhasilan itu menjadikan Yuri sebagai manusia pertama yang berhasil mencapai luar angkasa.

Jefri Al Buchori atau Uje
Jefri Al Buchori atau biasa disapa Uje (Kapanlagi.com)

1973

H. Muhammad Jefri Al Buchori atau lebih dikenal sebagai Ustadz Uje lahir di Jakarta, 12 April 1973 – meninggal di Jakarta, 26 April 2013 pada usia 40 tahun. Jefri Al Buchori adalah seorang pendakwah (ustaz), penyanyi, dan aktor.

1994

Sebuah bom meledak di bus yang dipenuhi penumpang di Israel pada 12 April. Serangan bom itu mengakibatkan enam orang tewas dan 25 lainnya mengalami luka-luka. Kelompok Hamas menyatakan diri sebagai pihak yang bertanggung jawab atas serangan bom tersebut.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 10 April 2021 Gempa Malang 2.848 Rumah Rusak

2007

Kereta api Argo Cheribon atau juga dikenal dengan nama Argo Cirebon diluncurkan pada 12 April 2007, merupakan KA penumpang kelas Eksekutif, dan Ekonomi yang dioperasikan oleh PT KAI untuk menghubungkan Stasiun Tegal Jawa Tengah, Stasiun Cirebon di Jawa Barat dan Stasiun Gambir DKI Jakarta.



2010

Kecelakaan kereta api Merano terjadi pada tanggal 12 April 2010. Sebuah kereta api tergelincir di antara Latsch dan Kastelbell, dekat Merano, Italia, setelah terjadi sebuah tanah longsor. Kejadian ini menyebabkan 9 orang tewas dan 28 orang terluka.

Gempa Banggai
Warga berhamburan mencari tepat lebih tinggi untuk mengungsi saat gempa dan peringatan tsunami di di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Jumat (12/4/2019). (Antara)

2019

Gempa bumi Banggai Kepulauan adalah gempa bermagnitudo 6,8 yang melanda perairan Teluk Tolo, Sulawesi Tengah, pada 12 April 2019 Pukul 18.40 WIB. Pusat gempa di 85 km barat daya Kabupaten Banggai Kepulauan dengan kedalaman 17 km. Guncangan gempa ini dirasakan hingga Gorontalo, Palu bahkan Makassar. Gempa ini sempat memicu peringatan dini tsunami.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya