SOLOPOS.COM - Peserta Perundingan saat sedang makan, Soekarno, Wim Schermerhorn, Lord Killearn, dan Mohammad Hatta (dari kiri ke kanan). (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 11 November 1946, Perundingan Linggarjati antara Indonesia dan Belanda yang dilaksanakan di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Jabar), dimulai.

Dalam perundingan di Linggarjati tersebut terdapat beberapa tokoh yang datang sekaligus mewakili masing-masing pihak. Para tokoh yang terdapat dalam perjanjian bersejarah tersebut, yaitu:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

-Pihak Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir sebagai ketua. Ditemani oleh AK Gani, Susanto Tirtoprojo, dan Mohammad Roem.
-Pihak Belanda diwakili oleh Wim Schermerhorn sebagai ketua dan ditemani oleh Max van Poll, HJ van Mook serta F de Boer.
-Pihak Inggris selaku penanggung jawab atau mediator diwakili oleh Lord Killearn.

Perundingan Lingarjati menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan Indonesia. Hasil perundingan ini ditandatangani di Istana Merdeka Jakarta pada 15 November 1946 dan diratifikasi oleh kedua negara pada 25 Maret 1947.

Dimulainya Perundingan Linggarjati merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 11 November, hari ke-315 (hari ke-316 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian.

Selain Perundingan Linggarjati, masih banyak peristiwa bersejarah pada 11 November yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1673

Pasukan Polandia-Lituania berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Ottoman di Khotyn, Ukraina. Dalam pertempuran tersebut, pasukan Kesultanan Ottoman kehilangan 30.000 tentaranya sedangkan tentara pasukan Polandia-Lituania yang meninggal dunia tak sampai 10.000 orang.

1918

Petinggi militer Jerman, Jozef Pilsudski, mengumumkan kemerdekaan Polandia dan mengklaim dirinya sebagai pemimpin sekaligus panglima tertinggi di Polandia. Hingga kini, 11 November diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Polandia.

1918

Sekutu dan Jerman menandatangani perjanjian gencatan senjata di sebuah gerbong kereta api di hutan Compiegne, Prancis. Gencatan senjata itu membawa Perang Dunia I ke titik akhir. Perjanjian tersebut juga menjadi tanda kemenangan Sekutu dan kekalahan mutlak Jerman, meski gencatan senjata itu bukan sebuah pernyataan menyerah.

1931

Jepang mengirimkan pasukan tambahannya di Manchuria, Tiongkok. Pihak Tiongkok yang geram lantas mengancam akan mengerahkan pasukan yang lebih banyak dibandingkan Jepang demi mempertahankan wilayah Manchuria jika Liga Bangsa-Bangsa (LBB) tak mampu menyelesaikan konflik antara Jepang dan Tiongkok di wilayah tersebut.

1940

Pertempuran antara pasukan Italia dan Inggris meletus di Taranto, Italia. Pertempuran itu berlangsung selama dua hari dan berakhir dengan kemenangan Jerman. Dalam pertempuran itu, Inggris melucurkan pesawat tempur dari kapal induk untuk membombardir pasukan Italia.

1942

Pasukan Jerman menyerang kawasan bebas perang di Case Anton, Prancis. Sebagian wilayah di kawasan tersebut lantas dikuasai Jerman hingga akhir Perang Dunia II.

1946

Perundingan Linggarjati antara Indonesia dan Belanda di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Jabar) dimulai. Perundingan itu menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan Indonesia. Hasil perundingan ini ditandatangani di Istana Merdeka Jakarta pada 15 November 1946 dan diratifikasi oleh kedua negara pada 25 Maret 1947.

1974

Leonardo Wilhelm Dicaprio lahir di Hollywood, California, Amerika Serikat (AS). Kini, dirinya merupakan seorang aktor ternama yang pernah membintangi sejumlah film. Beberapa film yang sukses dibintangi Leo antara lain Romeo and Juliet, Titanic, Catch Me if You Can, Gangs of New York, The Great Gatsby, dan The Revenant. Meski banyak yang menilai akting Leo di beberapa film selalu memukau, ia baru sekali meraih Piala Oscar, yakni pada 2015 kala dirinya berperan sebagai Hugh Glass di film The Revenant.

1975

Angola meraih kemerdekaan penuh dari Portugal. Sebelumnya, Angola telah dikuasai Portugal sejak 1575. Itu artinya, Angola menjadi wilayah jajahan Portugal selama 400 tahun.

1983

Philipp Lahm lahir di Munchen, Jerman Barat. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola yang membela klub di tanah kelahirnannya, Bayern Munchen, sejak 2001 hingga 2017. Selain itu, Lahm juga menjadi andalan Timnas Jerman sejak 2004 sampai 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya