SOLOPOS.COM - Gedung Organisasi Buruh Internasional atau ILO. (Wikipedia)

Solopos.com, SOLO — International Labour Organisation (ILO) atau Organisasi Buruh Internasional didirikan pada 11 April 1919. ILO adalah sebuah wadah yang menampung isu buruh internasional di bawah Liga Bangsa-Bangsa (LBB). Organisasi ini menjadi bagian Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) setelah pembubaran LBB pada akhir Perang Dunia II

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 11 April yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pertempuran Mohi antara Mongol dan Hungaria. (Wikipedia.org)
Pertempuran Mohi antara Mongol dan Hungaria. (Wikipedia.org)

1241

Pasukan Kerajaan Mongol pimpinan Batu Khan berhasil mengalahkan pasukan Hungaria dalam Pertempuran Mohi. Kemenangan pasukan Mongol itu sekaligus membuat Batu Khan berhasil merebut Hungaria dari Bela IV. Pertempuran Mohi berlangsung di dekat Sungai Sajo di Hungaria.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 10 April 2021 Gempa Malang 2.848 Rumah Rusak

1544

Pasukan Prancis mengalahkan pasukan Kekaisaran Romawi Suci yang dibantu pasukan Spanyol di dekat Ceresole d’Alba, sebelah tenggara Turin yang kini menjadi wilayah Italia. Di salah satu pertempuran, pasukan Prancis mampu menumpas sekitar 5.000 tentara hingga 6.000 tentara dari pihak Kekaisaran Romawi Suci dan Spanyol.

Napoleon Bonaparte. (Anguerde.com)
Napoleon Bonaparte. (Anguerde.com)

1814

Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte menandatangani Perjanjian Fontainebleau dengan perwakilan dari Austria, Prusia, dan Rusia. Perjanjian tersebut sekaligus secara resmi mengakhiri Perang Koalisi Keenam setelah Prancis mengalami kekalahan. Setelah perjanjian, Napoleon Bonaparte turun dari takhtanya dan diasingkan ke Pulau Elba.

1919

International Labour Organisation (ILO) atau Organisasi Buruh Internasional didirikan. ILO adalah sebuah wadah yang menampung isu buruh internasional di bawah Liga Bangsa-Bangsa (LBB). Organisasi ini menjadi bagian Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) setelah pembubaran LBB pada akhir Perang Dunia II.

1945

Pasukan Amerika Serikat (AS) berhasil merebut penampungan dan membebaskan tahanan di Buchenwald, Jerman dari tangan pasukan Jerman. Para tahanan penampungan itu kemudian dibebaskan tentara AS. Penampungan di Buchenwald sebelumnya digunakan pihak militer Jerman untuk menampung kaum Yahudi selama Perang Dunia II.

Baca juga: Demo 11 April Pindah dari Istana ke DPR/MPR, Ini Alasan BEM SI

1979

Presiden Uganda Idi Amin digulingkan dari jabatannya oleh militer Uganda yang dibantu pihak Tanzania. Idi Amin kemudian mengungsi ke Libya untuk meminta suaka ke Jeddah, Arab Saudi. Idi Amin menjabat sebagai presiden di Uganda sejak 1971.

1982

Inggris menempatkan kapal perangnya di perairan dekat Kepulauan Falkland, dekat Argentina. Hal itu dilakukan Inggris karena Argentina telah menyatakan akan merebut Kepulauan Falklan dari Inggris.

1991

Thiago Alcantara do Nascimento dilahirkan di San Pietro Vernotico, Italia. Kini, namanya dikenal sebagai pemain sepak bola yang membela salah satu klub raksasa di Eropa, Bayern Munchen, sejak 2013 lalu. Meski lahir di Italia, Thiago merupakan pemain sepak bola berkewarganegaraan Spanyol.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 9 April 2017 Serangan Bom di Gereja Mesir

Mahmoud Ahmadinejad. (Reuters)
Mahmoud Ahmadinejad. (Reuters)

2006

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengumumkan klaim bahwa negaranya telah berhasil mengembangkan uranium. Seperti diketahui, uranium merupakan unsur kimia yang kerap dimanfaatkan dalam pembuatan bom nuklir.

2012

Gempa bumi berkekuatan 8,6 skala Richter mengguncang perairan sebelah barat Pulau Sumatra. Gempa bum itu juga terasa hingga sebagian wilayah Bangladesh, India, Malaysia, Singapura, Thailand, hingga Sri Lanka. Beberapa saat setalah gempa terjadi, tsunami terjadi di beberapa pulau. Gempa bumi itu menewaskan lima orang dan melukai tujuh orang.



2017

Penyidik senior KPK Novel Baswedan menjadi korban penyiraman air keras oleh dua pria tak dikenal yang mengendarai sepeda motor pada Selasa, 11 April 2017. Saat kejadian Novel Baswedan baru saja pulang salat subuh di Masjid Jami Al Ihsan, Kelurahan Pengangsaan Dua, Kepala Gading, Jakarta Utara berjalan kaki menuju rumahnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya