SOLOPOS.COM - Suporter Persebaya Bonek. (Antara)

Solopos.com, SOLO — Pada 10 Maret 2012 terjadi tragedi menyedihkan dalam dunia sepak bola Indonesia. Sebanyak lima orang suporter Persebaya, Bonek tewas dalam perjalanan menyaksikan pertandingan Persibo Bojonegoro melawan Persebaya Surabaya di Stadion Letjen H. Sudirman Bojonegoro.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-69—hari ke-70 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 10 Maret.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut rangkuman peristiwa pada 10 Maret, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini:

1607

Pasukan pimpinan Susenyos I mengalahkan pasukan Etiopia pimpinan Yaqob I dalam Pertempuran Gol di Gojjam, sebelah barat Etiopia. Bahkan keberhasilan Susenyos I mengalahkan Yaqob I sekaligus mengukuhkan dirinya sebagai Kaisar Etopia.

Napoleon Bonaparte. (Wikimedia.org)
Napoleon Bonaparte. (Wikimedia.org)

1814

Pasukan Prancis pimpinan Napoleon Bonaparte dikalahkan pasukan gabungan Kerjaan Prusia dan Kekaisaran Rusia dalam Pertempuran Laon di Kota Laon, sebelah utara Prancis. Dalam kejadian pada 10 Maret tersebut, membuat Napoleon kehilangan sekitar 6.500 prajuritnya.

1831

Legiun Asing Prancis didirikan oleh Louis Philippe, Raja Prancis waktu itu, pada tanggal 10 Maret 1831. Adapun tujuan dibentuknya legiun ini adalah untuk menghilangkan para pesakitan dalam masyarakat dan menggunakan jasa mereka untuk bertempur melawan musuh-musuh Prancis.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 9 Maret 1976 Kecelakaan Kereta Gantung 43 Tewas

FC Chelsea (Detik.com)
FC Chelsea (Detik.com)

1905

Pendirian Klub sepak bola di Inggris, Chelsea FC, diresmikan di sebuah pub The Rising Sun–kini restoran The Butcher’s Hook–di Fulham, London. Chelsea FC didirikan H.A. Mears setelah dirinya mengakuisisi Stadion Stamford Bridge yang masih digunakan sebagai markas klub tersebut hingga kini.

1917

Gempa bumi berkekuatan 6,3 skala richter mengguncang Long Beach, California, Amerika Serikat (AS) pada 10 Maret. Akibat bencana tersebut sedikitnya 140 orang meninggal dunia.

1917

Pasukan Inggris mengalahkan dan mengusir pasukan Kekaisaran Ottoman yang menduduki Kota Baghdad, Irak. Namun, sebelum merebut dan menduduki Kota Baghdad dari tangan Kekaisaran Ottoman, Inggris harus bersusah payah melakukan pertempuran selama beberapa hari. Bahkan Inggris harus mengerahkan 50.000 tentara, sedangakan pasukan Kekaisaran Ottoman hanya diperkuat sekitar 25.000 prajurit.

1942

Pasukan Jepang untuk kali ketiga mendarat di Australia dan berusaha menguasai negara tersebut pada 10 Maret. Kedatangan Jepang itu sekaligus untuk mengusir pasukan Sekutu dari Australia.

1950

Kebijakan moneter “Gunting Syafruddin” adalah kebijakan moneter yang ditetapkan oleh Syafrudin Prawiranegara, Menteri Keuangan dalam Kabinet Hatta II, yang mulai berlaku pada jam 20.00 tanggal 10 Maret 1950. Adapun tujuan kebijakan ini untuk mengatasi situasi ekonomi Indonesia yang saat itu sedang terpuruk

Baca juga: Temasuk Iran, Ini Sejumlah Negara Pendukung Rusia

1957

Osama bin Laden lahir di Riyadh, Arab Saudi. Kemudian dikenal sebagai pendiri organisasi Al-Qaeda. Bahkan ia juga dikenal luas di dunia karena dituduh sebagai otak di balik Serangan 11 September di Amerika Serikat (AS).

1959

Rakyat Tibet berkumpul mengelilingi kediaman Dalai Lama Tenzin Gyatso karena khawatir tentara Tiongkok yang menginvasi negara tersebut akan meculik Dalai Lama pada 10 Maret. Kemudian Dalai Lama dilarikan ke India untuk menjamin perlindungannya.



1975

Pasukan Vietnam Utara berhasil menduduki Kota Ban Me Thout di Vietnam Selatan setelah pertempuran sengit antara kedua negara tersebut.

1977

Satelit Palapa A2 adalah satelit komunikasi milik Indonesia dan dioperasikan oleh Perumtel. Palapa A2 diluncurkan pada tanggal 10 Maret 1977 dengan roket Delta 2914dan beroperasi di orbit 77 BT sejak tanggal 11 Maret 1977.

Kota Bekasi 10 Maret 1997
Kota Bekasi, Jawa Barat didirikan pada 10 Maret 1997. (Wikimedia.org)

1997

Kota Bekasi merupakan salah satu kota yang terdapat di provinsi Jawa Barat, Indonesia diresmikan 10 Maret 1997. Nama Bekasi berasal dari kata bagasasi yang artinya sama dengan candrabaga yang tertulis di dalam Prasasti Tugu era Kerajaan Tarumanegara, yaitu nama sungai yang melewati kota ini.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 8 Maret 2014 Pesawat Malaysia Airlines Hilang

2005

Garry Kasparov adalah grandmaster pecatur utama dunia. Ia memiliki ELO rating tertinggi dengan nilai 2804 setelah sebelumnya sempat mencapai 2851 pada tahun 1991. Namun demikian, dia mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia catur pada 10 Maret.

2012

Pada 10 Maret 2012 terjadi tragedi menyedihkan dalam dunia sepak bola Indonesia. Sebanyak lima orang suporter Persebaya, Bonek tewas dalam perjalanan menyaksikan pertandingan Persibo Bojonegoro melawan Persebaya Surabaya di Stadion Letjen H. Sudirman Bojonegoro. Kelima orang tewas akibat serangan suporter Persela di Lamongan.

2020

Pada tanggal 9 Maret 2020, pemerintah Italia mengumumkan penerapan tindakan-tindakan isolasi di seluruh negara tersebut yang akan dimulai pada 10 Maret 2020. Kebijakan ini demi menanggulangi wabah koronavirus atau Covid-19 yang parah di negara itu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya