SOLOPOS.COM - Kapal Rainbow Warrior milik Greenpeace. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Sebuah kapal yang dioperasikan Organisasi Pencinta Kelestarian Lingkungan Hidup Greenpeace, Rainbow Warrior, tenggelam di Pelabuhan Auckland, Selandia Baru, pada 10 Juli 1985.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 10 Juli yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

1925

Tun Dr. Mahathir bin Mohamad lahir 10 Juli 1925, adalah seorang dokter dan politikus senior Malaysia yang pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia periode 1981 – 2003 dan kembali terpilih untuk periode 2018 – 2020.

Yahudi Dibantai di Polandia
Monumen pembantaian di Jedwabne, Polandia. (Wikipedia.org)

1941

Pembantaian terhadap orang Yahudi di Jedwabne, Polandia dilakukan penduduk setempat. Sebanyak 1.600 orang Yahudi dipaksa untuk masuk ke sebuah gudang yang kemudian dibakar.

1943

Operasi Husky yang direncakan pasukan Sekutu dimulai dengan menyerbu kawasan Sisilia, Italia. Kemenangan atas Italia itu adalah salah satu kemenangan penting bagi Sekutu selama Perang Dunia II.

Baca juga: 150.000 Muslim Salat Iduladha di Masjid Al Aqsa Palestina

1951

Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) melakukan perundingan gencatan senjata di Kaesong, Korut untuk mengakhiri Perang Korea. Meski perundingan gencatan senjata sedang berjalan, pasukan Korsel dan Korut masih terus bertempur.

1962

Satelit komunikasi pertama di dunia, Telstar, diluncrukan NASA menggunakan roket Thor-Delta. Telstar mulai bisa memancarkan sinyal televisi trans-Atlantik dan sinyal telepon pada 23 Juli.

1964

Untuk kali pertama, The Beatles merilis album yang digunakan sebagai soundtrack untuk sebuah film. Album tersebut berjudul A Hard Day’s Night yang digunakan untuk film dengan judul yang sama.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 9 Juli 2013, Banjir di Negara Bagian Assam, India

1973

Bahama meraih kemerdekaannya setelah 300 tahun dikuasai Inggris. Setelah merdeka, Bahama menjadi bagian dari Persemakmuran Inggris.

1985

Sebuah kapal yang dioperasikan Organisasi Pencinta Kelestarian Lingkungan Hidup Greenpeace, Rainbow Warrior, tenggelam di Pelabuhan Auckland, Selandia Baru. Agen rahasia Prancis dituding sebagai pihak yang bertanggung jawab atas kejadian ini.

1987

Kapal perang milik Iran menyerang kapal tanker super besar milik Amerika Serikat (AS) yang melintasi Teluk Persia. Meski tak menelan korban jiwa, serangan itu menyebabkan kebakaran hebat pada kapal tanker dan memicu lonjakan harga minyak dunia.

Baca juga: 54 Kali Gempa Goyang Lumajang, Lokasi di Gempa Tsunami Tahun 1994

2011



Kapal pesiar milik Rusia bernama Bulgaria tenggelam di perairan dekat Syukeyevo, Tatarstan, Rusia. Peristiwa itu menyebabkan 122 orang yang menumpangi kapal tersebut tewas.

Cristiano Ronaldo mengangkat trofi UEFA Euro Championship 2016 didampingi skuad Timnas Portugal. (Skysports.com)
Cristiano Ronaldo mengangkat trofi UEFA Euro Championship 2016 didampingi skuad Timnas Portugal. (Skysports.com)

2016

Portugal untuk kali pertama meraih gelar juara dalam ajang UEFA Euro Championship atau dengan mengalahkan tuan rumah Prancispada laga final di Stade de France, Saint-Denis, Prancis dengan skor 1-0.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya