SOLOPOS.COM - Foto korban meninggal akibat penyanderaan murid dan guru di sebuah sekolah di Beslan, Rusia, pada 1 September 2004. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO – Kelompok bersenjata Batalion Riyadus-Salikhin, menyandera murid-murid dan guru-guru di sebuah sekolah di Beslan, Rusia, pada 1 September 2004. Sekitar 385 orang meninggal dalam kejadian penyanderaan tersebut.

Masih banyak peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 1 September yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1870

Pasukan Kerajaan Prusia dan Kerajaan Bayern berhasil mengalahkan pasukan Prancis dalam Pertempuran Sedan di Prancis. Pertempuran itu merupakan salah satu yang terbesar selama Perang Prancis-Prusia.

1880

Pertempuran antara pasukan Inggris dan pasukan Afganistan meletus di Kandahar, Afganistan. Pertempuran yang terjadi pada Perang Inggris-Afganistan II dimenangi Inggris. Namun menyebabkan ribuan orang, baik tentara maupun warga sipil meninggal.

1923

Gempa bumi berkekuatan antara 7,9 skala richter hingga 8,4 skala richter mengguncang wilayah Kanto di Pulau Honshu, Jepang. Terjadi kerusakan di Tokyo, Yokohama, Chiba, Kanagawa, dan Shizuoka. Sedikitnya 105.385 orang meninggal.

Baca juga: Tak Naik! Harga Pertalite Per 1 September 2022 Tetap Rp7.650

1923

Rocco Francis Marchegiano lahir di Brockton, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Ia lantas dikenal sebagai petinju kelas berat dengan nama Rocky Marciano. Selama kariernya sebagai petinju, Rocky telah meraih 49 kemenangan dan tak pernah kalah.

1939

Pasukan Jerman menyerang Polandia menandai dimulainya Perang Dunia II. Perang Dunia II yang lantas berlangsung selama enam tahun satu hari berakhir dengan kemenangan Sekutu atas Blok Poros.

1958

Perang Kod antara Inggris dan Islandia meletus di perairan luar Islandia. Perang itu dipicu Islandia yang memperluas wilayah laut kekuasaannya demi memperluas area penangkapan ikan kod. Perang berlangsung selama 12 hari. Inggris mengakui klaim Islandia.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 31 Agustus 1997 Lady Diana Janda Pangeran Charles Meninggal

1962

Ruud Gullit dilahirkan di Amsterdam, Belanda dengan nama lengkap Ruud Dil Gullit. Namanya lantas menjadi terkenal setelah dirinya berkairer di dunia sepak bola dan pernah membela sejumlah klub besar di Eropa, seperti AC Milan dan Chelsea.

1969

Sekelompok tentara pemberontak yang dipimpin oleh Muammar Gaddafi berhasil mengulingkan kekuasaan Raja Idris di Libya. Gaddafi lantas menyatakan negara tersebut akan menjadi republik dan pemerintah monarki telah digulingkan.

1983

Pesawat penumpang milik Korean Air ditembak jatuh oleh tentara Uni Soviet setelah melintas di atas wilayah Uni Soviet tanpa izin. Sebanyak 269 penumpang dan awak pesawat tewas dalam tragedi tersebut. Peristiwa itu jadi momen Perang Dingin yang paling panas.

Baca juga: MK Tolak Seluruh Gugatan Uji Materiil terhadap UU Pers

1989



Daniel Andre Sturridge lahir di Birmingham, Inggris. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela klub besar di Inggris, Liverpool. Sturridge bergabung dengan Liverrpool sejak 2013.

1997

Ahmad Al Ghazali Köhler, yang lebih dikenal sebagai Al Ghazali anak pasangan Ahmad Dhani-Maia Estianty, lahir 1 September 1997. Ia adalah seorang aktor, DJ dan penyanyi berkebangsaan Indonesia keturunan bangsa Jerman dan Jawa Timur.

2004

Kelompok bersenjata Batalion Riyadus-Salikhin, menyandera murid-murid dan guru-guru di sebuah sekolah di Beslan, Rusia berlangsung selama tiga hari sejak 1 September 2004. Sekitar 385 orang meninggal dalam kejadian tersebut.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya