Sejarah Hari Ini : 1 Oktober 1917, Maestro Keroncong Gesang Dilahirkan

Berbagai peristiwa sejarah terjadi hari ini, salah satunya kelahiran Gesang sang maestro keroncong pencipta lagu Bengawan Solo.
SHARE
Sejarah Hari Ini : 1 Oktober 1917, Maestro Keroncong Gesang Dilahirkan
SOLOPOS.COM - Gesang Martohartono (wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Maestro keroncong Indonesia, Gesang atau lengkapnya Gesang Martohartono, lahir di Kota Solo, Jawa Tengah, pada 1 Oktober 1917. Gesang terkenal lewat lagu Bengawan Solo ciptaannya yang populer di Asia, terutama di Indonesia dan Jepang.

Bengawan Solo ciptaan Gesang telah diterjemahkan ke setidaknya 13 bahasa, termasuk bahasa Inggris, bahasa Rusia, bahasa Tionghoa, dan bahasa Jepang. Lagu itu diciptakan pada tahun 1940, ketika ia berusia 23 tahun.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Sebelum meninggal dunia pada 20 Mei 2010, Gesang tinggal di Jalan Bedoyo Nomor 5 Kelurahan Kemlayan, Serengan, Solo bersama keponakan dan keluarganya. Sebelumnya, dia tinggal di rumahnya Perumnas Palur pemberian Gubernur Jawa Tengah tahun 1980 selama 20 tahun.

Baca juga: Mengenang Ade Irawan Perankan Ibu Nasution di Film G30S/PKI

Selain Bengawan Solo, Gesang juga menciptakan banyak lagu di antaranya Jembatan Merah, Saputangan, Dunia Berdamai, Borobudur, Kemayoran, dan sebagainya. Gesang juga mencipta banyak langgam Jawa, seperti Impenku, Kacu-kacu, Tirtonadi, Caping Gunung, Luntur, Jago Kluruk, dan lainnya.

Peristiwa kelahiran Gesang sang maestro keroncong merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah pada hari ke-274—hari ke-275 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 1 Oktober.

Simak sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 1 Oktober:

331 SM

Pasukan Kekaisaran Makedonia pimpinan Alexander III berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Persia pimpinan Darius III dalam Pertempuran Gaugamela di dekat Gaugamela, Mosul yang kini menjadi bagian dari Irak. Atas kemenangan itu, Kekaisaran Makedonia berhasil seluruh menguasai Babilonia dan separuh wilayah yang sebelumnya dikuasai Persia.

1730

Pemimpin Kesultanan Ottoman, Ahmed III, harus turun dari takhtanya yang sudah ia kuasai selama 27 tahun. Ahmed III melepas takhtanya atas desakan para pemberontak yang terus menerus membuat keonaran di wilayah kekuasaan Kesultanan Ottoman.

1787

Pasukan Kekaisaran Rusia pimpinan Alexander Suvorov berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Ottoman di dekat Ozi, Kesultanan Ottoman atau kini Ochakiv, Ukraina. Kekalahan di salah satu pertempuran di masa Perang Rusia-Turki itu lantas memicu pasukan Ottoman untuk melakukan pengepungan di wilayah Ozi pada 1788.

1880

Pabrik lampu listrik pertama di dunia didirikan oleh Thomas Alva Edison di Michigan, Amerika Serikat (AS). Setahun sebelumnya, Thomas Alva Edison memang telah mengklaim sebagai penemu bola lampu pijar.

Baca juga: Inovator Muda Makin Peduli Lingkungan dan Utamakan Kolaborasi

1917

Gesang Martohartono lahir di Kota Solo, Jawa Tengah, pada 1 Oktober 1917. Gesang terkenal lewat lagu Bengawan Solo ciptaannya yang populer di Asia, terutama di Indonesia dan Jepang.

1939

Pasukan Jerman akhirnya berhasil menduduki Kota Warsawa di Belgia setelah melakukan pengepungan selama hampir sebulan. Kota Warsawa lantas dikuasai pasukan Jerman hingga akhir Perang Dunia II pada 1945.

1943

Pasukan Sekutu berhasil merebut Kota Napoli dari kekuasaan Italia dan Jerman. Keberhasilan itu diraih setelah pasukan Sekutu membombardir kota tersebut. Akibat serangan Sekutu, Napoli menjadi kota yang paling hancur di Italia selama Perang Dunia II.

1946

Persidangan kasus-kasus yang melibatkan petinggi Nazi Jerman yang berlangsung sejak 20 November 1945 berakhir. Para petinggi Nazi itu lantas dijatuhi hukuman mati atas tuduhan kejahatan perang di masa Perang Dunia II. Mereka lantas dieksekusi mati dengan cara digantung 15 hari setelah persidangan selesai.

Baca juga: Catat! Disiapkan 2 Rest Area Ruas Tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA

1991

Pasukan Yugoslavia mulai mengepung Kota Dubrovnik di Kroasia demi merebutnya dari pasukan Kroasia. Peristiwa yang terjadi di masa Perang Kemerdekaan Kroasia itu berlangsung hingga 31 Mei 1992. Meski sudah melakukan pengepungan selama lebih dari tujuh bulan, pasukan Yugoslavia gagal menguasai Kota Dubrovnik.

2005

Serangan bom bunuh diri menyasar wilayah Kuta dan Jimbaran, Bali. Akibatnya, 23 orang tewas dan 196 orang lainnya luka-luka. Pelaku bom bunuh diri dinyatakan ada hubungannya dengan kelompok Jemaah Islamiyah dan Al-Qaeda.

2013

Korea Selatan mengadakan salah satu parade militer terbesarnya dalam hampir sepuluh tahun, di tengah ketegangan dengan Korea Utara. Parade tersebut menampilkan senjata besar seperti torpedo dan rudal jelajah. Pawai itu sebagai perayaan angkatan bersenjata Korea Selatan dan ulang tahun ke-65 mereka.

Baca juga: Seusai Uji Coba Rudal, Korut Ingin Pulihkan Hubungan dengan Korsel

2014

Julia Pierson, direktur wanita pertama Secret Service Amerika Serikat mengundurkan diri setelah 18 bulan masa jabatan di mana beberapa pelanggaran keamanan terjadi yang dinilai membahayakan keselamatan Presiden Barack Obama. Salah satunya 19 September 2014, saat seorang veteran perang Irak yang membawa pisau melompati pagar Gedung Putih, berlari di taman dan masuk terlalu jauh ke dalam kediaman Obama sebelum akhirnya berhasil dibekuk.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago