Sejarah Hari Ini: 1 Mei 1886, Demo Besar di AS Awal Hari Buruh Dunia
Solopos.com|news

Sejarah Hari Ini: 1 Mei 1886, Demo Besar di AS Awal Hari Buruh Dunia

Terjadi beragam peristiwa bersejarah di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 1 Mei.

Solopos.com, SOLO — Pada 1 Mei 1886, Sekitar 40.000 buruh di Amerika Serikat (AS) berunjuk rasa menuntut sistem kerja delapan jam sehari. Pada Juli 1889, Kongres Sosialis Dunia menetapkan 1 Mei, sebagai Hari Buruh Sedunia karena banyaknya gerakan buruh di dunia setiap Mei, termasuk demonstrasi 40.000 buruh di AS.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-121—hari ke-122—dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 1 Mei.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain demontrasi pemicu Hari Buruh Dunia, pada 1 Mei yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 1 Mei:

1328

Kerajaan Inggris secara resmi mengakui kemerdekaan Kerajaaan Skotlandia dengan menandatangani Perjanjian Edinburgh–Northampton. Kemudian dengan penandatanganan perjanjian itu sekaligus mengakhiri Perang Kemerdekaan Skotlandia.

1707

Pakta persatuan ditandatangani Kerajaan Inggris dan Kerajaan Skotlandia pada 1 Mei. Dalam perjanjian itu, Kerajaaan Inggris dan Kerajaan Skotlandia bersepakat untuk bersatu membentuk Kerajaan Britania Raya.

1776

Illuminati gerakan yang didirikan pada 1 Mei 1776 di Ingolstadt (Bavaria Atas) dengan nama Ordo Illuminati, dengan anggota awalnya sebanyak lima orang dan dipelopori oleh Adam Weishaupt.

Kelompok ini terdiri dari para pemikir bebas. Adapun anggota Illuminati melakukan sumpah rahasia dan berikrar untuk mengabdi kepada atasan mereka.

Patung Kamehameha I di Kapitol Amerika Serikat. (Wikipedia.org)
Patung Kamehameha I di Kapitol Amerika Serikat. (Wikipedia.org)

1785

Kamehameha I berhasil mengalahkan Raja Pulau Ohau di Hawaii, Kalanikupule. Kemudian Kamehameha I menyatukan kepulauan di kawasan Hawaii demi membentuk sebuah kerajaan yang lantas ia pimpin.

1886

Sekitar 40.000 buruh di Amerika Serikat (AS) berunjuk rasa menuntut sistem kerja delapan jam sehari. Sebelumnya, para buruh bekerja 19 hingga 20 jam sehari. Kemudian pada Juli 1889, Kongres Sosialis Dunia yang diselenggarakan di Paris, Prancis menetapkan 1 Mei, sebagai Hari Buruh Sedunia.

Selain itu, penetapan berdasarkan adanya sejumlah peristiwa bersejarah terkait gerakan buruh di dunia pada bulan Mei dari tahun ke tahun, termasuk demonstrasi 40.000 buruh di Amerika Serikat.

1940

Olimpiade Musim Panas adalah ajang olahraga musim panas internasional yang pertama kali diadakan pada tahun 1896 dan diadakan setiap empat tahun sekali oleh Komite Olimpiade Internasional. Namun penyelenggaran pada 1940 dibatalkan karena perang.

1945

Menteri Propaganda Jerman, Joseph Goebbels, bersama istriya, Magda, bunuh diri di luar Furherbanker di Berlin menyusul kekalahan Jerman pada Perang Dunia II pada 1 Mei. Bahkan anak-anak Goebbels juga tewas setelah dicekoki racun sianida oleh Magda.

1960

Pesawat mata-mata milik Amerika Serikat (AS) ditembak jatuh oleh pasukan Uni Soviet di dekat Sverdlovsk, Rusia. Kemudian pilot pesawat tersebut, Garry Powers, ditahan pihak Uni Soviet. Selain itu, peristiwa ini menyebabkan hubungan kedua negara tersebut makin memburuk.

1961

Di hadapan 10.000 rakyat Kuba, pada 1 Mei Fidel Castro menyatakan Kuba adalah negara sosialis yang tak membutuhkan pemilihan umum. Selain itu ia juga menyatakan akan segera mengusir pastor Katolik dari Kuba.

Leonardo Bonucci. (Reuters)
Leonardo Bonucci. (Reuters)

1987

Leonardo Bonucci lahir di Vitero, Italia pada 1 Mei. Kemudian Bonucci dikenal sebagai pemain sepak bola ternama yang membela klub besar di Italia, yakni Juventus. Namun sebelum bergabung di Juventus pada 2010 silam, Bonucci pernah membela Inter Milan dan Bari.

2003

Presiden Amerika Serikat (AS) George W. Bush menyatakan peperangan di Irak yang melibatkan AS telah berakhir. Pernyataan itu ia sampaikan pada sebuah pidato di kapal induk USS Abraham Lincoln di pantai dekat California.

2009

Pernikahan sesama jenis di Swedia telah dilegalkan sejak 1 Mei 2009 setelah diadopsinya undang-undang perkawinan netral gender oleh Riksdag pada 1 April 2009. Adapun Swedia adalah negara ketujuh di dunia yang pernikahan terbuka untuk pasangan sesama jenis nasional.

 




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago