SOLOPOS.COM - Sirkuit Mandalika Lombok. (Instagram/@itdc_id)

Solopos.com, LOMBOK — Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, bakal mencetak tonggak sejarah baru. Sirkuit yang dibangun dengan dana kurang dari Rp1 triliun ini akan menjadi tuan rumah dua ajang balapan top kelas dunia pada November 2021.

Pada Sabtu (25/9/2021), Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna WorldSBK Organization (DWO) telah memastikan Indonesia sebagai penyelenggara balap motor World Superbike (WSBK) perdana November 2021.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca juga: Istimewa! Race Control Sirkuit Mandalika Desainnya Wah Banget

Ekspedisi Mudik 2024

Ajang tersebut akan digelar di Sirkuit Internasional Mandalika. Ini merupakan kali pertama bagi Indonesia menjadi tuan rumah ajang tersebut, yakni Final musim kejuaraan dunia superbike MOTUL FIM 2021.

“Untuk pertama kalinya sejak tahun 1997, WSBK hadir kembali dengan putaran final musim 2021 yang akan berlangsung di bulan November di Pulau Lombok yang indah,” terang pengelola Sirkuit Mandalik, ITDC, melalui laman Instagram seperti dikutip Solopos.com, Selasa (5/10/2021).

Baca juga: Menjajal Sirkuit Mandalika, Joss Tenan

Jadwal putaran Indonesia ini digeser satu pekan dari jadwal yang semula akan dilaksanakan pada 12-14 November 2021 menjadi tanggal 19-21 November 2021. Selain karena adanya faktor teknis seperti pertimbangan logistik dan juga pengiriman barang, balapan ini diundur agar tidak bersamaan dengan final MotoGP yang berlangsung di Valencia.

Tak hanya WSBK, untuk kali pertama Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) alias ajang balapan bagi pembalap muda di Kawasan Asia dan Oseania. Kompetisi yang dikelola Dorna Group ini akan digelar pada 12-14 November 2021.

Baca juga: Terungkap, Sejumlah Objek Wisata Air di Klaten Ternyata Curi Start Buka

“Ini adalah tonggak sejarah bagi The Mandalika, sebagai tuan rumah WSBK dan IATC. Tetap anti pesimis dan dukung kami untuk menggaungkan nama Indonesia!” sambung ITDC.

Seperti diketahui, Sirkuit Mandalika dibangun dengan lintasan sepanjang 4,31 kilometer dan 17 tikungan yang dilapisi aspal terbaik di dunia. Sirkuit ini pun didesain istimewa untuk mendukung balapan MotoGP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya