Sejarah Baru! Sirkuit Mandalika Tuan Rumah 2 Balapan Top Dunia

Sirkuit Mandalika di Lombok, NTB, enciptakan tonggak sejarah baru dengan menjadi tuan rumah dua ajang balapan top kelas dunia.
Sejarah Baru! Sirkuit Mandalika Tuan Rumah 2 Balapan Top Dunia
SOLOPOS.COM - Sirkuit Mandalika Lombok. (Instagram/@itdc_id)

Solopos.com, LOMBOK — Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, bakal mencetak tonggak sejarah baru. Sirkuit yang dibangun dengan dana kurang dari Rp1 triliun ini akan menjadi tuan rumah dua ajang balapan top kelas dunia pada November 2021.

PromosiSiaran Digital April 2022, Pemerintah Jamin Ketersediaan Set Top Box

Pada Sabtu (25/9/2021), Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna WorldSBK Organization (DWO) telah memastikan Indonesia sebagai penyelenggara balap motor World Superbike (WSBK) perdana November 2021.

Baca juga: Istimewa! Race Control Sirkuit Mandalika Desainnya Wah Banget

Ajang tersebut akan digelar di Sirkuit Internasional Mandalika. Ini merupakan kali pertama bagi Indonesia menjadi tuan rumah ajang tersebut, yakni Final musim kejuaraan dunia superbike MOTUL FIM 2021.

“Untuk pertama kalinya sejak tahun 1997, WSBK hadir kembali dengan putaran final musim 2021 yang akan berlangsung di bulan November di Pulau Lombok yang indah,” terang pengelola Sirkuit Mandalik, ITDC, melalui laman Instagram seperti dikutip Solopos.com, Selasa (5/10/2021).

Baca juga: Menjajal Sirkuit Mandalika, Joss Tenan

Jadwal putaran Indonesia ini digeser satu pekan dari jadwal yang semula akan dilaksanakan pada 12-14 November 2021 menjadi tanggal 19-21 November 2021. Selain karena adanya faktor teknis seperti pertimbangan logistik dan juga pengiriman barang, balapan ini diundur agar tidak bersamaan dengan final MotoGP yang berlangsung di Valencia.

Tak hanya WSBK, untuk kali pertama Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) alias ajang balapan bagi pembalap muda di Kawasan Asia dan Oseania. Kompetisi yang dikelola Dorna Group ini akan digelar pada 12-14 November 2021.

Baca juga: Terungkap, Sejumlah Objek Wisata Air di Klaten Ternyata Curi Start Buka

“Ini adalah tonggak sejarah bagi The Mandalika, sebagai tuan rumah WSBK dan IATC. Tetap anti pesimis dan dukung kami untuk menggaungkan nama Indonesia!” sambung ITDC.

Seperti diketahui, Sirkuit Mandalika dibangun dengan lintasan sepanjang 4,31 kilometer dan 17 tikungan yang dilapisi aspal terbaik di dunia. Sirkuit ini pun didesain istimewa untuk mendukung balapan MotoGP.


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago