Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Sejarah 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila

Pemerintah menjadikan 1 Juni sebagai hari libur nasional atau tanggal merah Hari Lahir Pancasila melalui Keputusan Presiden (Kepres) No 24 Tahun 2016.
SHARE
Sejarah 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila
SOLOPOS.COM - Infografis Hari Lahir Pancasila (Solopos/Khoirul Tri CP)

Solopos.com, SOLOHari Lahir Pancasila diperingati setiap 1 Juni. Pemerintah menjadikan 1 Juni sebagai hari libur nasional atau tanggal merah melalui Keputusan Presiden (Kepres) No 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Hari Lahir Pancasila mengacu pada sejarah dicetuskannya Pancasila 1 Juni 1945 lewat pidato Presiden pertama RI, Soekarno, dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Dokuritsu Junbi Cosakai. Selain Soekarno, perumusan Pancasila juga disodorkan oleh Mohammad Yamin dan Soepomo dalam sidang pertama BPUPKI pada 29 Mei-1 Juni 1945.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Seluruh usulan dari ketiga tokoh bangsa Indonesia tersebut kemudian ditampung dan dibahas dan dirumuskan oleh Panitia Sembilan yang dibentuk BPUPKI. Panitia Sembilan kemudian merumuskan naskah Rancangan Pembukaan UUD yang bernama Piagam Jakarta.

Selanjutnya Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 18 Agustus 1945 menetapkan Pancasila sebagai dasar ideologi negara Indonesia dengan mengubah Sila pertama menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

Infografis Hari Lahir Pancasila (Solopos/Khoirul Tri CP)
Infografis Hari Lahir Pancasila (Solopos/Khoirul Tri CP)



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode