SOLOPOS.COM - Ilustrasi penggunaan aplikasi SehatQ. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kurang dari setahun setelah meluncurkan situs webnya, startup di bidang kesehatan bernama SehatQ meluncurkan aplikasi smartphone untuk memudahkan penggunanya dalam menjaga kesehatan. Aplikasi SehatQ hadir dengan dua fitur utama, yakni Chat Dokter dan Booking Dokter, serta tersedia dalam dua versi, Android dan iOS.

“SehatQ menawarkan konsep Sehat dalam Genggaman. Apa pun kebutuhan kesehatan pengguna dapat diakses melalui satu aplikasi. Dimulai dari pencarian informasi kesehatan, chat dengan dokter, hingga layanan booking dokter jika akan berobat ke rumah sakit atau klinik,” kata Founder dan CEO SehatQ Linda Wijaya seperti pada press release yang diterima Solopos.com, Rabu (25/9/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Melalui fitur Chat Dokter, pengguna dapat berkonsultasi secara real time dengan tim dokter SehatQ yang berpengalaman. Berbeda dengan aplikasi lainnya, SehatQ hadir bukan hanya untuk membantu mengatasi keluhan kesehatan, namun untuk mendampingi pengguna menerapkan gaya hidup sehat.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara pada fitur Booking Dokter, pengguna dapat memilih dan memesan jadwal kunjungan ke lebih dari 8.000 dokter yang terdaftar dalam direktori SehatQ. “Bagi rumah sakit dan klinik, fitur ini membantu penjadwalan pasien rawat jalan sehingga layanan untuk pasien lebih baik dan efisien,” kata Linda.

Sebelumnya, Chat Dokter SehatQ tersedia di website dengan fitur yang lebih terbatas. Data pengguna sepanjang Juni-September 2019 menggambarkan bahwa mayoritas penggunanya memanfaatkan layanan untuk berkonsultasi tentang keluhan-keluhan ringan dan cara mengatasinya.

Meski demikian, kelompok pengguna lain, yaitu sebanyak 36%, membutuhkan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. “Jadi, fitur Chat Dokter SehatQ tidak menggantikan peran fasilitas kesehatan, melainkan mengarahkan pengguna mengambil keputusan yang terbaik untuk kesehatannya,” ujar Linda.

Ada lima topik yang paling banyak didiskusikan dengan dokter melalui layanan Chat Dokter SehatQ, yakni kesehatan kulit, seks dan kesehatan reproduksi, ganggua pencernaan, gangguan pernapasan, dan kesehatan mental.

Setiap pengguna tentunya memiliki tujuan tersendiri ketika mengakses fitur Chat Dokter SehatQ. Namun secara garis besar, para pengguna ingin berdiskusi dengan dokter melalui fitur tersebut untuk tiga tujuan, yakni berkonsultasi dengan dokter, bertanya tentang gejala tertentu, dan mencari informasi tentang obat.

Di luar tiga hal tersebut, sejumlah pengguna pun menggunakan fitur Chat Dokter SehatQ untuk meminta rujukan dokter spesialis yang tepat untuk kondisinya, atau meminta bantuan menjelaskan hasil tes laboratorium, seperti kadar gula darah dan level kolesterol.

Para pengguna Chat Dokter SehatQ datang dari berbagai usia dan lokasi. Sepanjang Juni-September 2019, tercatat ada 40% pengguna pria dan 60% pengguna wanita, 77% berusia 18 tahun hingga 35 tahun dan 10% berusia 35 tahun hingga 35 tahun, serta 14% merupakan warga Jakarta, 25% warga Jawa Barat, 11 warga Jawa Timur, 5% warga Sumatra Utara, dan sisanya 45%.

“Berdasarkan temuan-temuan di atas, SehatQ berharap dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan menawarkan layanan yang lebih baik ke depannya melalui fitur-fitur yang lebih beragam,” jelas Linda. Ia menjelaskan SehatQ terus memperlebar jaringan mitra layanan kesehatannya, dari yang saat ini berjumlah lebih dari 2.000 dokter di hampir 300 fasilitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya