SOLOPOS.COM - Ilustrasi diet telur rebus (Detik.com).

Solopos.com, SOLO -- Meski menyehatkan, dalam sehari sebetulnya boleh makan berapa telur sih?

Dokter spesialis gizi RS Harapan Kita, Jakarta, Laila Hayati mengatakan batas konsumsi telur dalam sehari adalah satu hingga dua butir.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

4 Artis Indonesia Ini Pilih Pindah Warga Negara, Apa Alasannya?

Namun, jika Anda termasuk orang yang tidak makan protein hewani lainnya, mengonsumi telur diperbolehkan hingga 10 butir per harinya.

"Kalau misalnya pada hari itu tidak makan protein yang lain [daging ayam, sapi, dan protein hewani lainnya] bisa sampai 10 butir telur per hari," terang Laila kepada Liputan6.com, empat tahun silam.

No Mager! Ini Pilihan Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Musim Hujan

Perlu diketahui, bagian kuning telur merupakan sumber lemak yang menyimpan banyak kolesterol. Maka dari itu, untuk batas aman konsumsi telur agar kolesterol tidak naik adalah satu hingga dua butir per hari.

"Kebutuhan kolesterol sehari kita sekitar 300 mg. Itu bisa didapat dari sumber makanan hewani selain telur. Misal, ayam, ikan dan daging. Jadi, kalau kita tidak ingin berlebihan meski kolesterol tidak tinggi, untuk konsumsi telur utuh sehari sebanyak satu sampai dua butir," jelas dia.

Cerita Misteri Sejoli Mesum di Candi Cetho Karanganyar yang Berakhir Miris

Telur ceplok berbentuk like Facebook (Instagram)
Telur ceplok berbentuk like Facebook (Instagram)

Tetapi, jika Anda dalam sehari juga mengonsumsi daging ayam, ikan, atau daging lainnya, berapa jumlah telur yang boleh Anda makan?

Menjawab hal tersebut, Laila mengatakan dengan kondisi tersebut seseorang bisa makan telur sampai enam butir per hari.

5 Pekerjaan yang Diprediksi Akan Hilang di 2030, Termasuk Profesimu?

"Kebutuhan protein ada batasannya, 15 sampai 20 persen dari total kalori per hari. Misalnya, kebutuhan kalori kita adalah 2.000 kalori, 20 persen dari jumlah itu dalam bentuk protein. Kalau berlebih, akan diubah menjadi sumber kalori dan tidak lagi berfungsi sebagai fungsi protein [dari telur] yang dapat membentuk sel, daya tahan tubuh, dan memperbaiki sel yang rusak," tambah dia.

Berbeda dengan Riset

Namun, dalam hasil riset yang tayang di Detik.com dari Fatherly, batas aman makan telur dalam sehari bukan enam maupun 10 butir telur, lalu berapa?

Riset tersebut menjelaskan bahwa batas aman mengonsumsi telur ada tiga butir per hari.

Jangan Asal Pilih! 5 Buah Ini Tidak Boleh Dimakan Saat Diet

Dan mengonsumsi telur juga harus diperhatikan. Pilih telur sehat yang mengandung omega 3.

Telur tersebut berasal dari ayam betina yang dibesarkan di padang rumput. Telur dengan kaya omega 3 ini dipercaya baik dan bermanfaat untuk kesehatan manusia.

4 Waktu yang Baik untuk Berhubungan Suami Istri, Bukan Malam Hari!

5 Aktivitas Sebelum Tidur yang Bikin Kurus, Bisa Jalanin Nggak?

Berita Kesehatan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya