Sehari 3.200-An Orang Disuntik Vaksin Covid-19 Di Kota Solo

Pemkot Solo terus menggenjot capaian program pemberian vaksin Covid-19 sesuai tahap dan sasaran di Kota Bengawan.
SHARE
Sehari 3.200-An Orang Disuntik Vaksin Covid-19 Di Kota Solo
SOLOPOS.COM - Ilustrasi disuntik vaksin (Freepik)

Solopos.com, SOLO -- Sebanyak 35.703 orang telah disuntik vaksin Covid-19 di Kota Solo pada program vaksinasi tahap II yang menyasar pelayan publik, warga lansia, dan pedagang pasar.

Jumlah itu merupakan catatan hingga Senin (8/3/2021). Dari jumlah itu, sebagian belum mendapatkan vaksin suntikan dosis kedua. Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan capaian vaksinasi terus bergerak setiap harinya mengingat pelayanan terus berjalan.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

“Sehari bisa 3.200 orang di sembilan puskesmas dan 15 rumah sakit (RS),” katanya kepada wartawan, Selasa (9/3/2021).

Baca Juga: Temui Gibran Di Solo, Kepala BKKBN Bicara Soal Wajib Lapor Bagi Calon Pengantin

Pemberian vaksin Covid-19 dosis kedua pada vaksinasi tahap kedua Kota Solo dimulai pada Selasa. Vaksin yang datang paralel membuat jumlah sasaran terus bertambah tergantung prioritas.

DKK baru menerima kiriman vaksin lagi sebanyak 825 vial pada awal pekan ini. “Kalau dihitung jumlah pelayan publik Solo ada banyak. Perkantoran banyak yang di sini, belum semuanya disasar. Kampus juga belum,” imbuh Ning, sapaan akrabnya.

Salah satu sasaran pelayan publik adalah guru yang diwacanakan segera menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah. Namun, prioritas tersebut menyesuaikan aturan pemerintah pusat mengingat belum lama ini kebijakan tersebut berubah.

Baca Juga: Kejari Sukoharjo Kumpulkan Barisan Penyintas Covid-19, Ada Apa Ya?

Skala Prioritas

Pelaku ekonomi yang sebelumnya masuk tahap ketiga digeser ke tahap kedua. “Pedagang pasar untuk menggerakkan ekonomi dan lansia masuk tahap kedua. Sebelumnya kan tidak. Makanya, kami mengikuti kebijakan pusat baru mengatur jadwal berikut ketersediaan vaksinnya,” paparnya.

Ia meminta masyarakat Kota Solo yang belum terjadwal menerima vaksin Covid-19 untuk bersabar. Pemerintah sudah membuat skala prioritas dan menetapkan target pengendalian Covid-19.

“Intinya kita enggak bicara satu kelompok. Kami ingin memunculkan kekebalan komunitas. Kalau kekebalan komunitas sudah didapat Insya Allah angka penularan kecil dan bisa ditekan. Makanya sabar. Lansia digarap, guru, pedagang, pelayan publik digarap. Nanti masyarakat umum juga akan dapat,” tandas Ning.

Baca Juga: Polresta Solo Buru Pelaku Prostitusi Sampai ke Hotel, Begini Sikap PHRI

Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo, Ahyani, memperkirakan pemberian vaksin tahap kedua selesai pada pekan depan. Sedangkan vaksinasi tahap ketiga bakal dimulai setelahnya.

Sasarannya pelayan publik, institusi pendidikan, warga lansia, dan sebagainya. “Tapi, saya enggak tahu pasti. Itu hanya perkiraan. Masyarakat umum masih belum tahu kapan mulai,” katanya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago