SOLOPOS.COM - Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sragen mengecek kesehatan calon pendonor sebelum melakukan donor darah di Kantor PMI Kabupaten Sragen, Minggu (24/7/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SRAGEN — Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sragen mengungkapkan stok darah di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah aman.

Hal ini dibuktikan dalam sehari terdapat 10-15 pendonor darah yang datang langsung untuk mendonorkan darah di Kantor PMI Kabupaten Sragen Jl. Sukowati No.542 D, Ngrandu, Kelurahan Sragen Wetan, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 57215.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir dari akun Instagram resmi PMI Kabupaten Sragen, @pmikabsragen, stok golongan darah A sejumlah 75 kantong, golongan darah B sebanyak 199 kantong, golongan darah O sejumlah 164 kantong, dan golongan darah AB sejumlah 33 kantong.

“Keuntungan donor darah dilihat dari kesehatan, pendonor bisa sekaligus cek kesehatan dengan gratis. Sebelum diberikan ke pasien, kami ada screening dulu. Apabila ada HIV, Hepatitis C, Sipilis. Kalau orang cek sendiri di laboratorium itu kan mahal tapi kalau donor darah saja jadi semacam cek kesehatan gratis,” terang Ketua Palang Merah Indonesia, Ismail Joko Sutrisno, saat ditemui Solopos.com pada Minggu (24/7/2022).

Ketika darah tidak memenuhi syarat akan dikarantina dan dimusnahkan sesuai prosedur. Darah tersebut tidak akan diberikan kepada pasien. Dia menjamin darah yang sampai kepada pasien itu sudah aman. Lalu, lanjutnya, apabila dalam darah tersebut terindikasi penyakit menular maka pihak PMI akan menghubungi pendonor darah.

Baca Juga : Pengumuman, Stok Darah di PMI Sragen Menipis, Ayo Donor

PMI Kabupaten Sragen membuka layanan donor darah langsung ke kantor tanpa harus konfirmasi terlebih dahulu dan terbuka untuk umum atau bukan hanya warga Kabupaten Sragen.

Selain itu, PMI juga menyelenggarakan kegiatan donor darah terencana atau pada momen tertentu, seperti pada Agustus akan melaksanakan donor darah dalam rangka Hari Koperasi. Donor darah akan dilaksanakan di hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Sragen.

Ada juga agenda donor darah melalui mobile unit. Donor darah menggunakan layanan mobile unit dapat dilakukan sesuai permintaan dari pihak penyelenggara. Pada akun Instagram resmi PMI Kabupaten Sragen agenda donor darah mobile unit PMI Sragen terjadwal Kamis (28/7/2022) di Masjid Al Huda Nglorog Sragen mulai pukul 08.00 WIB.

Berikutnya, pada Minggu (31/7/2022) akan dilaksanakan di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Masaran Sragen mulai pukul 18.00 WIB. “Kesadaran masyarakat Kabupaten Sragen ini tinggi sekali. Dalam satu hari bisa 10 hingga 15 pendonor. Jadi memang luar biasa,” terang Ismail.

Salah satu pendonor, Elma Bintarti, mengaku sering melakukan donor darah. Dia mengaku kali ketujuh melakukan donor darah hingga Minggu (24/7/2022).

Baca Juga : Aksi Perbankan Himpun Darah untuk Tambah Stok PMI

“Tapi awalnya donor darah di PMI Kota Solo karena kuliah di UIN Raden Mas Said Surakarta. Sekarang sudah menetap di Sragen jadi kalau mau donor darah ya ke sini [PMI  Kabupaten Sragen]. Saya biasanya dua bulan sekali pasti donor darah karena jika sudah terbiasa di badan itu jadi enak,” ungkap warga Sukodono, Kabupaten Sragen ini.

Sekarang, Anda dapat mengakses informasi seputar donor darah secara mudah melalui aplikasi AyoDonor PMI yang bisa diunduh di Playstore atau Appstore. Aplikasi tersebut dilengkapi fasilitas Kartu Donor Digital, riwayat donor darah, stok darah di UDD PMI, jadwal donor darah mobile unit, mendaftar donor darah dari rumah, mendapatkan informasi tentang kegiatan donor darah, dan berinteraksi dengan pendonor darah seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya