SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengakses layanan BNI Mobile Banking, (Solopos-R Bony Eko Wicaksono)

Banner Ekspedisi Ekonomi Digital 2021

Solopos.com, SOLO – Gaya hidup cashless kian marak sejak industri keuangan gencar meluncurkan layanan-layanan baru berbasis digital, salah satunya mobile banking. Mobile banking diyakini mampu menjawab semua kebutuhan kemudahan bertransaksi baik untuk berbelanja, top up e-wallet, menabung, dan berinvestasi. Semuanya semudah menggunakan handphone.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 memotret tren ini melalui salah satu layanan unggulan milik BNI, yakni BNI Mobile Banking. Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 merupakan program peliputan yang digelar Solopos Media Group bekerja sama dengan BNI, Mitsubishi Motors, Universitas Terbuka Surakarta, Prodia, Artugo, Candi Elektronik, Galeri 24, XL Axiata, dan Gojek.

Terkait penggunaan layanan BNI Mobile Banking, kepraktisan dan kemudahan bertransaksi begitu dirasakan saat Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 menyambangi food court di salah satu mal di kawasan Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah, pada hari terakhir ekspedisi, Kamis (9/12/2021).

Baca juga: Ekspedisi Ekonomi Digital, Mitsubishi Colt L300 Primadona Petani Kopeng

Hampir di setiap outlet kuliner di sana menyediakan layanan pembayaran digital, yakni lewat barcode QRIS. “Ini salah satu layanan yang paling gampang, pembayaran melalui QRIS dengan sumber dana kartu debit. Sekarang hampir semua tempat makan, tempat kulineran menyediakan layanan bayar pakai QRIS. Cukup scan barcode saja. Praktis banget, enggak perlu ribet buka-buka dompet,” kata anggota tim Ekspedisi Ekonomi Digital, Bony Eko Wicaksono.

Saat membuka aplikasi BNI Mobile Banking, serasa berjuta layanan tersedia. “Saya bisa melakukan berbagai macam transaksi untuk segala kepentingan. Mulai dari top up pulsa, top up e-wallet, bayar belanja online, hingga tarik tunai tanpa kartu debit bisa dilakukan melalui aplikasi BNI Mobile Banking,” ujar dia.

Transfer Kapan Saja

Berbicara mengenai jadwal offline BNI, bank ini merupakan salah satu bank yang tidak memberlakukan jadwal offline. Tidak ada jadwal offline internet banking BNI, seluruh transaksi keuangan internet banking dapat digunakan selama 24 jam 7 hari. Nasabah bisa melakukan transfer dana kapan saja dan kemana saja.

Baca juga: BNI Xpora Dorong Ekspansi Bisnis Menuju Pasar Global

Sebagai informasi, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk terus memacu tranformasi digital dengan memperkuat layanan mobile banking. Jumlah pengguna layanan mobile banking BNI hingga akhir September 2021 mencapai 9,9 juta orang.

Secara year of year, terjadi pertumbuhan pengguna layanan sekitar 46,6 persen. Pada kuartal tiga 2020, jumlah pengguna layanan mobile banking hanya 6,7 orang. Jika dibandingkan pada 2019, jumlah pengguna layanan mencapai dua kali lipat. Layanan BNI mobile banking adalah fasilitas layanan perbankan yang memudahkan nasabah untuk bertransaksi langsung melalui smartphone secara aman, mudah, dan cepat.

BNI mobile banking juga memberikan layanan transaksi informasi saldo, transfer, pembayaran tagihan telepon, pembayaran kartu kredit, pembayaran tiket pesawat, pembelian pulsa, pembukaan rekening taplus, pembukaan rekening deposito.

Baca juga: Ekspedisi Ekonomi Digital, Ini Cara Pelaku UKM Menjadi Member BNI Xpora

Layanan transaksi non tunai lainnya kian mudah dengan pembayaran berbasis Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS. Pada saat pandemi, QRIS mampu mengurangi interaksi yang saat nasabah menggunakan kartu debit dan kredit. Nasabah hanya diminta untuk memindai atau scan QR saat melakukan pembayaran.

QRIS bisa digunakan dimanapun asal memiliki QR code tersebut. “Hal ini wujud komitmen BNI untuk mendukung bisnis merchant melalui inovasi dan percepatan transformasi digital untuk memberikan layanan keuangan yang cepat, aman dan nyaman,” kata Wakil Direktur Utama BNI, Adi Sulistyowati, yang akrab disapa Susi dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Rabu (15/12/2021).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya