SOLOPOS.COM - Sego Megono versi sehat dengan nasi konnyaku (Instagram/@explorepekalongan)

Solopos.com, PEKALONGAN – Bagi pelaku diet, mencari menu makan sehat adalah sesuatu yang menantang. Menu diet tentunya lebih menyorot pada kandungan gizi ketimbang rasa sehingga banyak yang tidak betah menjalani diet karena menu makanan yang dinilai kurang citarasa di mulut itu.

Namun di Kabupaten Pekalongan, terdapat menu sehat namun masih terasa enak untuk dikonsumsi. Mengutip dari laman Instagram @explorepekalongan, Senin (20/9/2021), terdapat sajian Sego Megono yang berbeda dari biasanya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Karena mengusung konsep makanan sehat, sego (Bahasa Jawa : nasi) yang digunakan adalah sego konnyaku. Sego konnyaku ini sama dengan nasi shirataki yang memiliki warna putih terang dan bening serta bertekstur kenyal.

Baca Juga: Profil Yulianto, Wali Kota Salatiga yang Gantengnya Mirip Aktor Hong Kong

Rasa  nasinya yang tawar membuatnya mudah “begaul” dengan cita rasa lau khas Sego Megono yang terdiri dari sayur serat nangka yang gurih, ikan asap pecak yang tidak hanya berbau asap namun ada sensasi pedas dan tempe goreng sebagai variasi tekstur dan asupan protein.

Dari segi komposisi makanannya, Sego Megono dengan sego konnyaku ini memiliki komposisi menu sehat yang lengkap, seperti karobohidrat, protein dan masih banyak lagi. Mengutip dari situs kesehatan, nasi konnyaku/shirataki ini memang banyak dinikmati untuk menu sehari-hari pengganti beras.

Bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat

Nasi ini terbuat dari akar konnyaku yang mengandung glokumanan, yaitu serat alami yang larut dalam air. Bentuknya kecil dan being sehingga memiliki cita rasa yang berbeda dengan jenis nasi lainnya. Nasi shirataki ini sendiri terasa seperti jelly yang dicampurkan ke dalam lauk pauk.

Baca Juga: Setahun Pandemi, Pelanggaran Lalin di Jateng Turun 87,7%

Meski mengandung kalori dan karbohidrat yang rendah, beras shirataki memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga tetap memberikan efek kenyang setelah memakannya. Bahkan kandungan glukomanannya juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung karena zat glukomanan bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan gula darah yang tinggi.

Cara pengolahannya sama dengan menanak nasi, baik itu melalui panci atau melalui rice cooker/penanak nasi. Ada juga yang mengolah beras  shirataki dengan dicampur dengan beras biasa. Saat mengkonsumsi nasi shirataki ini juga perlu ditakar lauknya agar tidak terlalu banyak kalori yang dicampurkan sehingga program diet yang dijalani juga tidak gagal.

Takaran lauk pada Sego Megono dengan nasi konnyaku atau shirataki ini sudah cukup sehingga bagi pelaku diet tetap dapat menyantap Sego Megono tanpa takut gagal diet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya