SOLOPOS.COM - Salah satu dekorasi dengan konsep candi karya Ranu Asmoro. Foto diambil belum lama ini. (Istimewa/Ranu Asmoro)

Solopos.com, SOLO – Ranu Asmoro, 39 menjadi dekorator langganan keluarga Presiden Jokowi untuk dekorasi pesta pernikahan. Berapa sih tarifnya?

Ranu mengatakan tidak ada rahasia mengenai price list Asmoro Decoration. Dia mematok tarif minimal Rp20 juta untuk dekorasi di dalam gedung pernikahan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jujur waktu Corona kemarin saya kesulitan. Iya Rp20 juta itu minim. Kalau lainnya [jasa dekorasi] enggak sampai [seharga itu]. Ini termasuk mahal. Termasuk premium,” kata dia saat ditemui di Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Jumat (20/5/2022).

Dia mengatakan tarif itu untuk beberapa item berupa pelaminan, dekorasi jalan berupa standing, welcome gate, dan lightning.

Ekspedisi Mudik 2024

“Enggak ada gazebo. Hanya item pokok. Termasuk tinggi [tarifnya]. Saya kadang susah jualan juga,” jelasnya.

Sejumlah pernikahan keluarga Presiden Jokowi telah menjadi tanggung jawab Ranu, antara lain pernikahan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda.

Baca Juga: Kenalkan Ranu Asmoro, Dekorator Pernikahan Langganan Keluarga Jokowi

Selanjutnya, putri Jokowi, Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution yang kini jadi Wali Kota Medan, juga memakai jasa Ranu.

Terbaru pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, di Solo, Kamis (26/5/2022), juga menggunakan jasa Ranu.

Warga asli Wonogiri tersebut menyeutkan para pejabat lain yang menjadi langganannya, antara lain mantan Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo dan salah satu direktur rumah sakit.

Ranu mengaku belum pernah menjual jasanya kepada pejabat TNI/Polri di Solo. Sambil bercanda dia mengaku takut melayani pejabat kalangan TNI/Polri.

“Saya spesialis Jawa. Kalangan masyarakat Jawa. Kalau Chinese jarang sih,” ungkapnya.

Baca Juga: Penyanyi Ini bakal Jadi Bintang Tamu Pernikahan Adik Jokowi di Solo

Sejauh ini belum pernah ada kliennya yang mengajukan permintaan nyleneh. Justru dia yang pernah memberikan ide nyleneh kepada kliennya. Salah satunya adalah ide membuat candi untuk kliennya yang memiliki kakek dari Ponorogo. Hiburan pesta pernikahan itu menampilkan reog.

“Dekorasinya saya bikin candi. Candi Plaosan. [Klien] senang. Seolah-olah reognya tampil di depan candi,” paparnya semringah.

Menurut dia, persiapan dekorasi dengan konsep custom atau item sekali pakai bisa dilakukan tiga pekan/sebulan. Material yang digunakan berbahan gabus atau styrofoam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya