Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Segini Penghasilan Youtuber Asal Blitar yang Sukses di Hong Kong

Youtuber asal Blitar, Jawa Timur, Nikmatul Rosida, sukses membawa nama Indonesia ke Hong Kong dan membeberkan hasil komisinya ke netizen.
SHARE
Segini Penghasilan Youtuber Asal Blitar yang Sukses di Hong Kong
SOLOPOS.COM - Youtuber asal Indonesia (Instagram.com/@nikmatulrosidah)

Solopos.com, SOLO — Youtuber asal Blitar, Jawa Timur, Nikmatul Rosida, sukses membawa nama Indonesia ke Hong Kong dan membeberkan  pendapatan dari membuat konten kepada netizen. Dia memaparkan penghasilannya lewat unggahan video di akun Youtubenya, Nikmatul Rosidah, Sabtu (23/1/2021) setelah diminta para penggemarnya.

Dalam video tersebut Rosida menjelaskan hasil membuat konten di Youtube didampingi suaminya, Paul Dobson. Pendapatan yang diperoleh Rosida dari iklan Youtube masih di bawah gaji suaminya yang menjadi guru. Seperti video nastar yang berdurasi 18 menit dengan 5.000 penonton mendapatkan US$35 atau sekitar Rp500.000 per video.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Sementara gaji Dobson sebagai guru SMP di Hong Kong berkisar antara Rp200 juta per bulan, belum termasuk benefit dan bonus yang berlipat dari gaji utama. Gaji guru di Hong Kong bisa diakses untuk umum dengan mengunjungi situs web Master Pay Scale.

Baca Juga: Warganet Penasaran Akun Instagram Kucing Prabowo, Ini Jawabannya

Menurut Rosida uang yang dia peroleh melalui konten Youtube berasal dari iklan, bukan berdasarkan subscriber. Rosida mengaku penonotonnya bukan hanya dari Asia, namun juga dari benua Eropa, Amerika, dan Australia.

Sementara penonton paling banyak berasal dari Amerika Serikat, Australia, Kanada, Selandia Baru dan Jerman. Penonton paling sedikit justru berasal dari Indonesia. Rosida mengungkapkan iklannya di Youtube paling tinggi berasal dari Amerika serikat dan paling rendah dari Indonesia.

Rosida membuat akun Youtube sejak 2013 dan mulai membuat konten pada 2014. Dia bergabung dengan Youtube Ads pada Februari 2017. Kemudian proses pencairan iklan pada Maret 2017. Penghasilan pertama dari membuat konten di Youtube  dia terima pada Juni 2017.

Baca Juga: Blackpink The Movie Siap Dirilis, Ini Bocorannya

Sementara pemasukan berdasarkan iklan yang didapatkan dari video konten Youtube-nya berbeda-beda tiap bulan. Pada akhir tahun iklan akan naik signifikan dan pada Januari iklan biasanya menurun drastis.

“Kayak saham lagi turun drastis itu sudah biasa dan awal bulan iklan tidak mau membayar terlalu tinggi, jadi tiap pekan harga beda-beda,” ucap Rosida di video Youtubenya.

Video Youtube dapat menghasilkan uang jika ditonton netizen sekitar lima menit. Youtuber asal Blitar itu  mengaku selalu menggunakan ponsel untuk merekam dan mengedit videonya. Dia berdalih tidak sempat mengedit video dengan laptop karena memiliki banyak pekerjaan sebagai ibu rumah tangga.

Baca Juga: 5 Artis Indonesia dengan Jumlah Followers Instagram Terbanyak, Ada yang Ngalahin Jokowi

Rosidah awalnya merupakan seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Hong Kong. Dia kemudian menikah dengan Paul Dobson yang bekerja sebagai guru. Dia dan Dobson dikaruniai tiga anaknya yang bernama Carissa Santika,9 , Cassandra Kartini, 13, dan Daniel Soekarno, 14.

Bagun Rumah Impian

Rosidah tengah membangun rumah impiannya di Kanada. Rumah yang dibangun sejak 2020 dengan bantuan Youtuber Indonesia setempat hampir selesai. Wujud rumahnya dia unggah lewat Instagramnya, @nikmatulrosidah dalam bentuk video pada Senin (10/5/2021).

“Mengimpikan Rumah dengan bangun pilihan sendiri dan akhirnya terwujud walau semua melalui online dari tahun 2020 dan hampir setahun sudah hampir selesai. Bisa lihat rumah yang kami bangun ini juga minta bantuan dari youtuber orang Indonesia di sana,” kata Rosida

Banyak netizen yang menanyakan rumah Rosida merupakan hasil dari membuat konten di Youtube, namun, istri Dobson tersebut langsung membantah.

“Bukan, itu dari gaji suami, kalau dari komisiku hanya bisa buat DP [uang muka],” balasnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode