Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Segini Luas dan Kedalaman Telaga Sarangan

Berikut luas dan kedalaman Telaga Sarangan yang terletak di lerengan Gunung Lawu, tepatnya Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Jatim).
SHARE
Segini Luas dan Kedalaman Telaga Sarangan
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Telaga Sarangan. (sarangan.magetan.go.id)

Solopos.com, MAGETAN — Nama Telaga Sarangan saat ini tengah menyita perhatian publik. Hal itu menyusul terjadinya peristiwa tragis kecelakaan bus pariwisata yang mengangkut rombongan dari Semarang yang hendak berwisata di Telaga Sarangan, Minggu (5/12/2022). Berikut sekelumit informasi tentang Telaga Sarangan, termasuk luas dan kedalamannya.

Telaga Sarangan merupakan telaga atau danau di wilayah pegunungan yang terletak di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magelang, Jawa Timur (Jatim). Telaga yang juga dikenal dengan nama Telaga Pasir ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl).

PromosiMesin Baru di Mitsubishi L300 Euro 4: Lebih Bertenaga, Hemat Bahan Bakar

Telaga Sarangan memiliki luas sekitar 30 hektare dengan kedalaman mencapai 28 meter. Setiap tahunnya, telaga ini dikunjungi ratusan ribu wisatawan dan menjadi salah satu objek wisata andalah Kabupaten Magetan.

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

Dikutip dari laman sarangan.magetan.go.id, suhu udara di Telaga Sarangan cukup sejuk dan membuat wisatawan betah berlama-lama singgah. Suhu udara di Telaga Sarangan berkisar antara 15-20 derajat Celcius.

Di sekitar Telaga Sarangan juga banyak berdiri hotel berbintang maupun hotel kelas melati hingga pondok wisata. Selain itu, saat berlibur di Tealaga Sarangan, pegunjung juga bisa menikmati berbagai wahana hiburan seperti menunggangi kuda mengitari telaga hingga mengendarai kapal cepat.

Baca juga: Bus Kecelakaan di Sarangan, Begini Cerita Warga Semarang Tolak Ikut Wisata

Selain itu, wisatawan yang berkunjung juga bisa menggunakan layanan jasa sewa perahu motor maupun becak air. Terdapat sekitar 51 perahu motor dan becak air yang bisa digunakan wisatawan untuk menjelajahi telaga.

Telaga Sarangan juga terdapat sejumlah kalender event penting yang digelar setiap tahun. Event itu antara lain labuh sesaji pada Jumat Pon bulan Ruwah, Ledug Sura 1 Muharram, hingga pesta kembang api di malam pergantian tahun.

Sementara itu, dengan luas mencapai 30 hektare dan memiliki kedalaman sekitar 20 meter, Telaga Sarangan di Magetan, Jatim, masuk dalam daftar danau atau telaga terluas di Indonesia.



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode