SOLOPOS.COM - Tank Harimau Hitam yang diproduksi PT PINDAD (Pindad.com)

Solopos.com, SOLO — Menjaga keamanan negara tidak hanya dari sisi laut dan udara, tetapi juga di darat. Salah satunya menggunakan tank. Berikut ini Solopos.com sajikan informasi mengenai jumlah tank milik Indonesia.

Selain mempersiapkan pesawat tempur maupun kapal perang, militer Indonesia sudah jauh lebih dulu memiliki armada perang berupa tank. Sebagaimana dilansir dari kanal youtube Lycma Mil-Tech, Rabu (17/8/2022), daya tempur utama yang dimiliki tank ada pada senjatanya, yakni meriam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Global Fire Power, Indonesia tercatat memiliki 314 unit tank. Jumlah tersebut membawa Indonesia pada peringkat 47 dari 142 negara di dunia. Berikut ini Solopos.com rangkumkan jumlah tank milik Indonesia:

  1. AMX 13

Potret Tank TNI AD berjenis AMX 13
Potret Tank TNI AD berjenis AMX 13 (bukitbarisan.mil.id)

Daftar pertama tank yang dimiliki Indonesia adalah AMX 13. Tank ini dibuat di Prancis. Tank jenis ini memiliki bobot 13 ton dengan kecepatan maksimal hingga 60 km/jam.

AMX 13 dilengkapi sistem persenjataan berupa meriam dan senapan mesin berkaliber 7,62 mm. AMX 13 telah menjadi andalan TNI selama berpuluh-puluh tahun.

Baca Juga : Jumlah Kapal Selam Indonesia Seusai Kehilangan KRI Nanggala 402

Pada masa Operasi Trikora, Indonesia membeli ratusan Tank AMX 13. Namun, kini hanya separuh yang masih bisa digunakan. Itupun setelah melalui proses pembaharuan pada mesin dan senjata.

Sisanya, telah diistirahatkann dan sebagian lain ada yang menjadi monumen. Indonesia juga memiliki Tank AMX berjenis amphibi bernama AMX 10.

  1. FV101 Scorpion

Potret Tank TNI AD berjenis Scorpion
Potret Tank TNI AD berjenis Scorpion (rsr.co.id)

Daftar tank berikutnya milik Indonesia adalah FV101 Scorpion. Tank dengan berat 8 ton ini dibuat di Inggris. Tank ini memiliki kecepatan maksimal mencapai 80 km/jam.

Dengan kecepatan tersebut tank ini termasuk dalam tank tercepat di dunia. Indonesia membeli tank yang dibuat Perusahaan Alvis ini pada tahun 1995 dengan jenis varian Scorpion 90. Artinya, senjata meriam yang digunakan memiliki kaliber 90 mm.

Baca Juga : Ini Daftar Kapal Perang Milik Indonesia, Ada yang Bekas Belanda-Jerman

Tank ini pada dasarnya dirancang untuk mode pengintaian sehingga dibuat dengan ukuran kecil dan cukup ringan. Scorpion dapat dioperasikan oleh 3 orang personil, yakni komandan yang sekaligus sebagai penembak, pengemudi, dan seorang loader. Indonesia memiliki 90 unit tank Scorpion yang ditempatkan di 2 batalyon di Pasuruan Jawa Timur dan Cijantung Jakarta Timur.

  1. PT 76

Tank berjenis PT 76 yang digunakan oleh TNI AD
Tank berjenis PT 76 yang digunakan oleh TNI AD (wikipedia)

Daftar tank selanjutnya yang dimiliki oleh Indonesia adalah PT 76. Tank ini dibuat di Uni Sovyet. Tank ini memiliki bobot 14 ton dengan kecepatan 45 km/jam.

Adapun PT 76 dilengkapi persenjataan berupa meriam dan senapan mesin berkaliber 7,6 mm. Tank ini didatangkan ke Indonesia tahun 1962 dalam rangka Operasi Trikora, Konvrontasi militer Malaysia, Operasi Seroja di Timor-Timor, dan Operasi Militer di Aceh.

Sebagian tank ini telah dimuseumkan. Sebagian lain masih beroperasi dengan proses peremajaan pada mesin dan senajata. Tank ini juga memiliki kemampuan amfibi yang dapat digunakan di dalam air.

Baca Juga : Ini Dia Daftar Pesawat Tempur Milik Indonesia, Gagah Banget!

Ketebalan baja pada badan tank tersebut hanya 14 mili meter. Adapun jumlah tank PT76 yang masih beroperasi adalah 30 unit.

  1. BMP 3F

Tank BMP 3F yang merupakan salah satu tank amfibi yang dimiliki Indonesia
Tank BMP 3F yang merupakan salah satu tank amfibi yang dimiliki Indonesia (tni.mil.id)

Daftar jenis tank keempat milik Indonesia adalah BMP 3F. Tank buatan Rusia ini memiliki bobot 18 ton dengan kecepatan hingga 60 km/jam. Tank ini dapat diawaki 3 orang personel.

Tank BMP 3F ini didatangan ke Indonesia pada akhir tahun 2010 hingga tahun 2014. Tank ini merupakan jenis amfibi yang menjadi salah satu andalan TNI karena dapat dipergunakan di air.

Tank ini dilengkapi dengan cerobong udara. Tank yang satu ini ternyata juga memiliki kelebihan sebagai kendaraan angkut personel. BMP 3F mampu mengangkut hingga 7 orang personel.

Baca Juga : Sebar Hoaks Tank TNI untuk Halau Pemudik, Warga Diciduk

Adapun BMP 3F dilengkapi dengan meriam berkaliber 100 mm dan senapan mesin. Korps marinir memiliki 54 unit BMP 3F.

  1. Leopard 2

Tank Leopard yang digunakan oleh TNI
Tank Leopard yang digunakan oleh TNI (tni.mil.id)

Berikutnya, tank yang dimiliki Indonesia adalah Leopard 2. Tank ini merupakan buatan Jerman. Tank ini memiliki bobot hingga 62 ton.

Melihat dari beratnya, tank ini merupakan terbesar yang dimiliki Indonesia. Tank ini dilengkapi persenjataan berupa meriam berkaliber 120 mm dan senapan mesin kaliber 7,62 mm. Meriam pada tank ini dapat menghancurkan benda hingga sejauh 4000 meter.



Tank ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 60 km/jam. Armada ini yang terkuat dan tercanggih yang dimiliki Indonesia.

Baca Juga : Dicueki AS & Inggris, Megawati Minta Peralatan Perang ke Rusia

Indonesia membeli 103 unit tank pada tahun 2014. Sebanyak 61 unit di antara telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan iklim yang ada di Indonesia. Adapun pengiriman tank tersebut selesai pada tahun 2017.

  1. Tank Harimau Hitam

Tank Harimau Hitam
Tank Harimau Hitam yang diproduksi PT PINDAD (Pindad.com)

Tank yang terbaru di Indonesia adalah tank harimau hitam. Tank kelas medium yang diproduksi oleh PT Pindad bekerja sama dengan Turki. Tank Harimau Hitam memiliki bobot 32 ton. Tank ini mampu melaju hingga kecepatan 76 km/jam. Tank ini dibuat untuk menggantikan armada-armada sebelumnya yang telah tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya