SOLOPOS.COM - Pembalap Repsol Honda Team Marc Marquez memacu kecepatan sepeda motornya pada hari terakhir tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc.

Solopos.com, SOLO – Pembalap Moto GP ternyata memiliki gaji yang cukup tinggi. Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mendapat gaji tertinggi dibanding pembalap Moto GP lainnya pada musim lalu.

Gelaran Moto GP 2022 sendiri belum dimulai. Sehingga nilai kontrak pembalap pada musim ini belum terungkap. Namun, untuk gaji pembalap bisa diketahui berdasarkan kontrak pada musim lalu. Terlebih, para pembalap Moto GP biasanya memiliki kontrak dengan tim per dua tahun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Jadi Sorotan, Lintasan Sirkuit Mandalika Segera Diaspal Ulang

Namun, kebijakan ini bisa saja berubah sewaktu-waktu. Contohnya Valentino Rossi yang berpindah ke tim satelit Yamaha, serta Maverick Vinales yang tiba-tiba pindah ke Aprilia pada tengah musim Moto GP 2021.

Dikutip dari sportspayouts, Marquez menjadi pembalap dengan gaji tertinggi. Pembalap Repsol Honda itu mendapat bayaran 12 Juta US Dolar atau setara dengan Rp172 miliar per tahun. Jika dirata-rata, Marquez mendapat bayaran Rp9 miliar per balapan.

Di bawah Marquez ada Valentino Rossi. Pembalap yang pensiun pada akhir musim lalu itu mendapat bayaran 10 juta US Dolar Rp143 miliar per tahun dari tim Petronas Yamaha Sepang. Sementara jika dihitung per balapan, The Doctor bisa mendapatkan bayaran senilai Rp7,6 miliar.

Di posisi ketiga pembalap bergaji tertinggi adalah Maverick Vinales. Pada awal musim lalu, Vinales membela tim Monster Energy Yamaha dan mendapat gaji 8 juta US Dolar atau sekitar Rp114 miliar per tahun. Namun di tengah musim, Vinales pindah ke Aprilia dan tidak diketahui nilai kontraknya.

Baca Juga: Top Speed Sirkuit Mandalika Lolos Kualifikasi Dunia

Melengkapi posisi lima besar pembalap Moto GP dengan gaji tertinggi adalah Joan Mir (Suzuki) dan Pol Espargaro (Repsol Honda). Mir mendapat gaji senilai 6 juta US Dolar atau setara dengan Rp86 miliar per tahun. Jika dirata-rata, Juara Dunia Moto GP 2020 itu mendapat Rp4,5 miliar per balapan.

Sementara Espargaro mendapat bayaran 3,5 juta US Dolar atau setara dengan Rp50 miliar per tahun. Rekan setim Marc Marquez ini rata-rata mendapat bayaran Rp2,6 miliar per balapan.

gaji pembalap Moto GP
Daftar gaji pembalap Moto GP. (sportspayouts)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya