SOLOPOS.COM - Petugas antre masuk dengan menerapkan jarak aman saat mengikuti simulasi kenormalan baru di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Solo, Kamis (18/6/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Kebun binatang Taman Satwa Taru Jurug atau TSTJ Solo segera menerapkan pembayaran nontunai secara bertahap. Pembelian tiket masuk, permainan wahana, hingga membayar makanan atau suvenir ke pedagang cukup dengan scan QR Code.

Hal ini mendukung peraturan pemerintah tentang anjuran pembayaran secara cashless atau nontunai dan mengurangi pembayaran dengan uang tunai. Pihak terkait telah menyosialisasikan informasi tentang sistem pembayaran nontunai khususnya Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sosialisasi diberikan kepada pedagang UMKM, pemilik wahana permainan, mitra kerja sama serta jajaran manajemen kebun binatang TSTJ Solo pada Jumat (13/11/2020).

Pilkada Sukoharjo 2020: Masa Kampanye Tinggal 3 Pekan, Ini Yang Dilakukan EA dan Joswi

“Pembayaran nontunai ini perlahan akan kami terapkan pada semua lini TSTJ baik dari ticketing masuk, pedagang maupun wahana permainan. Hal ini sesuai dengan anjuran Wali Kota Solo dan peraturan pemerintah tentang pembayaran cashless dan mengurangi pembayaran pakai uang tunai,” ujar Direktur TSTJ, Bimo Wahyu Widodo, kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Gunawan Purbowo, mengatakan QRIS adalah standardisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia. Proses transaksi dengan QR Code lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Lolos Seleksi, 2 Peserta CPNS Sukoharjo Malah Mengundurkan Diri Gegara Ini

Smart City

Pada sosialisasi ada penjelasan detail tentang QRIS dengan penerapan langsung oleh perwakilan dari Link Aja dan Bank Indonesia.

Ia berharap dengan adanya acara ini bisa terlaksana pembayaran nontunai khususnya pada area kebun binatang TSTJ sehingga cita-cita Kota Solo menuju Smart City tercapai.

Antisipasi Persebaran Covid-19, Satpol PP Karanganyar Giatkan Pengawasan Acara Festival

Dengan adanya QRIS ini, seluruh transaksi pembayaran hanya memerlukan satu QR Code saja. Hal ini karena kode QR itu sudah terintegrasi dengan seluruh aplikasi yang menyediakan atau menerima pembayaran dengan QR code.

“Nanti tidak ada lagi cerita uang hilang atau pengembalian uang kecil susah. Orang cukup dengan satu kartu bisa melakukan pembayaran, tidak perlu bawa uang cash,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya