Segarnya Kali Suci Pemalang: Jernih & Bikin Awet Muda

Terletak di Dusun Kalibuntuu, Desa Moga, Kecamatan Moga,Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, keberadaan pemandian kali suci ini sudah lama adanya dan dikenal dengan kejernihan dan kesegaran airnya
Segarnya Kali Suci Pemalang: Jernih & Bikin Awet Muda
SOLOPOS.COM - Kali Suci Moga, Kabupaten Pemalang (Instagram/@wisatapemalangid)

Solopos.com, PEMALANG — Kali Suci atau Sungai Suci merupakan salah satu sumber mata air terbesar di Kabupaten Pemalang bagian selatan. Di sungai ini, terdapat pemandian mata air bernama Moga. Terletak di Dusun Kalibuntu, Desa/Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, keberadaan pemandian ini terkenal dengan kejernihan dan kesegaran airnya.

Dilansir dari laman Instagram @wisatapemalang.id, Kamis (11/11/2021), pemandian kali suci moga ini juga menawarkan nuansa alam yang indah sehingga pengunjung dapat betah berlama-lama berendam di pemandian ini. Sungai ini memiliki kedalaman kurang lebih 2 meter dan berasal dari mata air langsung yang terjaga kejernihannya.

Saking jernihnya, dasar kolam berupa bebatuan di dasar dapat telrihat. Selain itu, terlihat juga ikan-ikan yang ada di dalamnya. Karena masih asri, banyak ditemukan pepohonan rindang yang mendinginkan suasana.

Baca Juga: Hujan Seharian, 6 Ruas Jalan di Semarang Tergenang Banjir, Ini Datanya

Kolam ini berbentuk menyerupai segitiga satu siis dan agak berbentuk oval. Masing-masing panjangnya kurang lebih 20-25 meter, Di sebelah kiri terdapat grojokan air yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk mandi tanpa harus masuk ke kolam. Menurut warga sekitar, kolam ini tidak kering meski musim kemarau datang dan tidak keruh saat musim penghujan. Jadi, kejernihan air di kali suci selalu terjaga.

Penamaan kali suci ini diberikan karena warga juga percaya bahwa kejernihan air di sungai adalah lambang kesucian, di tambah ada mitos bahwa siapapun yang minum dari air di sungai tersebut akan disembuhkan dari berbagai penyakit.

Fasilitas yang ada di tempat wisata ini masih sangat terbatas, hanya ada toilet sederhana dan penyewaan ban terbatas. Untuk itu, pengunjung harus mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan sebelum datang ke kali suci.

Baca Juga: Hari Pahlawan di Banjarnegara, Pesan Pangeran Sambernyawa Dibacakan

Lokasi kali suci ini berjarak sekitar 42 km dari Alun-Alun Pemalang dan bisa ditempuh dalam waktu satu jam. Baik pengunjung yang menggunakan mobil atau motor dapat langsung menuju lokasi dan memarkirkan kendaraanya di lahan parkir bekas SDN 04 Moga. Petunjuk jalan menuju tempat wisata ini masih minim, sehingga pengunjung diharapkan untuk selalu jeli dan memiliki inisiatif untuk bertanya dengan warga sekitar.

Untuk masuk ke area wisata kali suci ini tidak dipungut biaya tiket masuk, alias gratis. Pengunjung hanya membayar biaya parkir saja, yaitu sebesar Rp2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5000 untuk kendaraan roda empat.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago