SOLOPOS.COM - Ilustrasi obat obatan(Freepik)

Solopos.com, SOLO-Kasus Covid-19 kembali naik, lalu jenis obat apa sajakah yang harus disediakan bagi pasien terkonfirmasi positif Omicron?  Berdasarkan penelitian gejala yang ditimbulkan varian baru ini relatif lebih ringan dibanding varian Delta.

Meski gejalanya lebih ringan dibandingkan varian Delta, tetap saja pasien positif Omicron harus menjalani isolasi mandiri (isoman) dan menyediakan obat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.  Asupan gizi yang dikonsumsi serta vitamin merupakan hal yang patut diperhatikan bagi pasien yang terinfeksi virus corona untuk mempercepat proses pemulihan dan penyembuhan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lalu, jenis obat apa sajakah yang perlu dipersiapkan pasien isoman positif Omicron di rumah? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Baca Juga: Kemenkes Sediakan Paket Obat Gratis Bagi Pasien Isoman Positif Omicron

Ekspedisi Mudik 2024

Dokter spesialis paru RSUP Persahabatan, dr. Erlina Burhan, SpP(K), merekomendasikan sejumlah  obat untuk pasien Covid-19 Omicron yang sedang isoman. Berikut ini ulasannya seperti dikutip dari medcom.id pada Selasa (8/2/2022):

– Vitamin C
– Tablet Vitamin C non acidic 500 mg/6 jam-8 jam oral (untuk 14 hari)
– Tablet hisap vitamin C mg/12 jam oral (untuk 30 hari)
– Multivitamin yang mengandung vitamin C 1-2 tablet/24 jam (selama 30 hari)
– Vitamin D
– Dosis 1.000-5.000 IU/ hari (tersedia dalam bentuk tablet kunyah 5.000 IU)

Baca Juga: Omicron Meluas, Turis Boleh Masuk Tapi Harus Melalui 4 Bandara Ini

“Memang sebagian besar mengatakan penyakitnya tidak parah, ringan-ringan saja jika dibandingkan dengan Delta,” ujar dr. Elrina. Untuk itu ia menegaskan untuk pasien konfirmasi Covid-19 – terutama Omicron – tanpa gejala dan gejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri.

Tentu saja, bila memenuhi syarat klinis yang sebelumnya telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Syarat klinisnya antara lain:

– Berusia maksimal 45 tahun
– Tidak memiliki komorbid
– Dapat mengakses telemedicine atau layanan kesehatan lainnya
– Berkomitmen untuk tetap diisolasi sebelum diizinkan keluar

Baca Juga: Dikenal Sebagai Son of Omicron, Bagaimana Gejala BA.2?

Adapun syarat rumah sebagai tempat isolasi haruslah:

– Memiliki kamar terpisah, lebih baik lagi jika lantai terpisah
– Kamar mandi dalam rumah terpisah dengan penghuni lainnya
– Memiliki pulse oksimeter

Tak hanya itu, Kementerian Kesehatan atas nama Pemerintah juga memberikan layanan telemedicine bagi pasien yang sedang isolasi mandiri. Layanan ini dapat diakses di Isoman.kemkes.go.id/ meliputi konsultasi jarak jauh dan obat-obatan gratis.

Baca Juga: Omicron Diduga Sudah Masuk Solo, DKK Minta Rumah Sakit Siap-Siap

Mengutip laman sehatnegeriku.kemkes.go.id pada Selasa (8/2/2022) obat-obatan dan vitamin yang akan diberikan oleh Kementerian Kesehatan adalah:

– Paket A (untuk pasien tanpa gejala) terdiri dari multivitamin (Vitamin C, Vitamin B, Vitamin E, dan Zinc) @10 tablet

– Paket B (untuk pasien dengan gejala ringan) terdiri dari Multivitamin (Vitamin C, Vitamin B, Vitamin E, dan Zinc) @10 tablet, Favipiravir 200mg @40 kapsul atau Molnupiravir 200 mg @40 tab dan parasetamol 500mg (bila diperlukan)

Bila obat dan vitamin yang tidak termasuk dalam paket, harus diisi di luar layanan telemedicine. Dan untuk sementara, program ini hanya berlaku di wilayah Jabodetabek untuk pasien berusia 18 tahun ke atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya