SOLOPOS.COM - Atlet taekwondo asal Koguryo Manahan, Solo, Jawa Tengah, Muhammad Fachrur Rhozi, 22, meraih medali perunggu dalam kejuaraan dunia, World Taekwondo Championsip 2022 yang diselenggarakan di Korea Selatan, 21-23 April 2022. (Istimewa/Hakiman)

Solopos.com, SOLO – Taekwondoin kebanggaan wong Solo, Jawa Tengah, Muhammad Fachrur Rhozi, 22, meraih prestasi membanggakan dalam World Taekwondo Championsip 2022 yang diselenggarakan di Korea Selatan, 21-23 April 2022.

Ia meraih medali perunggu dalam persaingan dengan atlet dari 62 negara di dunia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Muhammad Fachrur Rhozi berhasil merebut medali perunggu setelah mengalahkan taekwondoin asal Amerika Serikat.

Pelatih Muhammad Fachrur Rhozi, Hakiman, saat menghubungi Solopos.com, Sabtu (24/4/2022) malam, mengatakan anak didiknya itu kini merupakan atlet pelatnas untuk SEA Games di Vietnam.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Top! Taekwondoin Solo Rebut Perunggu di Kejuaraan Dunia di Korsel

“Saya bangga dengan capaian murid saya, Hafizh (panggilan Muhammad Fachrur Rhozi). Ia memang berbakat sejak SD sampai di perguruan tinggi baik di pusdiklat Solo hingga ke pelatda untuk memperkuat tim Jawa Tengah,” ujar Hakiman yang juga dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta.

Berikut profil taekwondoin yang sejak kecil membela Kota Solo ini:

Muhammad Fachrur Rhozi lahir di Jogjakarta pada 18 Agustus 2000. Atlet asal Doajang Koguryo Manahan Solo itu sebelumnya memperkuat Porprov Solo dan mendapat medali emas. Pada ajang PON 2016 di Bandung, mahasiswa Fakultas Bisnis UNDIP itu mendapat medali perak.

Baca Juga: Keren, Taekwondoin Indonesia Sabet 6 Medali di Vietnam

Ia juga pernah ikut kejuaraan dunia yunior di China pada tahun 2017 dan harus puas di rangking lima. Dan pada kejuaraan Pra PON 2020 ia mendapatkan dua medali emas dan pada PON di Papua mendapat medali perunggu pada kelas tunggal putera dan beregu putera.

Fachrur Rhozi kemudian ikut seleksi pelatnas dan terpilih untuk ajang SEA Games Vietnam yang akan digelar pada Mei 2022 mendatang.

Hakiman menjelaskan, ia melatih Fachrur Rhozi sejak muridnya itu bersekolah di sekolah dasar. Fachrur Rhozi terus mengikuti training center kelas seni (POOMSAE) di Dojang Manahan dan mengikuti berbagai event kejuaraan.

Baca Juga: Kontingen Taekwondo Solo Berjaya di Korsel

“Dan sejak SD sudah terlihat bakatnya. Saat di bangku SMP ia sudah main di kelas senior yaitu PON 2016. Dan berlanjut ke beberapa event nasional dan intenasional lainnya,” ujar Hakiman.

Kejuaraan terakhir yang diikuti Fachrur Rhozi:

– Kejurnas Krakatau Open pada Oktober 2020 (emas)
– Kejuaraan internasional Biho April 2021 (emas)
– Kejurnas Papua Open Mei 2021 (emas)
– Kejuaraan internasional Gorontalo Open September 2021 (emas)
– Kejurnas Universitas Pertahanan September 2021 (emas)
– Kejuaraan internasional Baekseok Korsel Juni 2021 (emas)
– PON Papua Oktober 2021 (perunggu)
– Kejuaraan internasional DG Asian Philipina, Juli 2021 (emas).
– Kejuaraan dunia Korea Selatan, April 2022 (perunggu).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya