SOLOPOS.COM - Delegasi KTT G20 menyaksikan pertunjukan seni pada Welcoming Dinner and Cultural Performance di kawasan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Badung, Bali, Selasa (15/11/2022). (Antara/Media Center G20 Indonesia/Fikri Yusuf/)

Solopos.com, DENPASAR — Dalam event internasional KTT G20 di Nusa Dua, Bali, digelar dua kali jamuan makan yang menyita perhatian publik. Pertama, saat makan siang dan kedua saat gala dinner. Ternyata masyarakat penasaran hlo apa saja menu makanan yang disantap oleh para delegasi negara peserta KTT G20.

KTT G20 telah usai digelar di Bali setelah ditutup secara resmi oleh Presiden Jokowi pada Rabu (16/11/2022) sore. Namun, acara yang menuai decak kagum masyarakat Indonesia ini masih mendapatkan sorotan dari berbagai pihak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bukan hanya saat pertunjukan gala dinner di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Badung, Bali, tetapi masyarakat ternyata penasaran dengan makanan yang disantap oleh para delegasi negara KTT G20.

Mengutip unggahan Instagram resmi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, pada santap siang peserta KTT G20 di Bamboo Dome di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, menu makanan yang disajikan ternyata ada dua jenis.

Baca Juga: Macron Tegaskan G20 Bukan Untuk Hentikan Perang

Jenis pertama yang non vegetarian, yang terdiri dari menu pembuka, utama, dan penutup. Adapun menu makanannya adalah selada udang bangka, cumi bumbu rujak, sate pusut Mandalika untuk menu pembuka.

Kemudian, untuk menu utama ada panggang ikan barramudi bumbu Bali, terik sirloin wagyu, nasi ungu urap sayur, serta emping Yogyakarta. Untuk menu penutupnya ada puding nangka dan kelapa muda gula palem.

Baca Juga: Presidensi G20 Dianggap Sukses, Erdogan Ucapkan Terima Kasih ke Jokowi

Sementara itu, untuk menu makanan vegetarian bagi peserta delegasi KTT G20 ada selada tahu bangka, bunga labu bumbu rujak, serta sate pusut nangka Mandalika untuk menu pembukanya.

Untuk menu utamanya ada labu panggang bumbu Bali, terik tempe bacem, nasi ungu urap sayur, serta emping Yogyakarta. Sedangkan untuk menu penutupnya sama seperti menu non vegetarian.

Baca Juga: Jokowi Tutup KTT G20 Bali, Serahkan Kepemimpinan Presidensi G20 ke PM India

Menu Gala Dinner KTT G20 Bali

Pada gala dinner KTT G20 di GWK, para tamu undangan disuguhi menu makanan Nusantara dari berbagai daerah, seperti Bali, Jawa, Sulawesi Utara, Lampung, Sumatra Barat, Sumatra Utara, hingga Aceh.

Mengutip informasi di situs Indonesia.go.id, sebagai makanan pembuka. para tamu disajikan “Aneka Ratna Mutumanikam”, yang terdiri dari mangga, rumput laut, salad dengan bumbu rujak Bali dan perkedel jagung daging rajungan Manado.

Baca Juga: Rishi Sunak: Hasil KTT G20 Substantif dan Dapat Dilakukan

Sementara untuk menu utama jamuan makan malam G20, para undangan disuguhi menu tenderloin sapi wagyu khas Lampung, rendang Padang, Mousseline singkong dan kentang, asparagus dalam saus kunyit Bali, hingga puree terong balado.

Adapun untuk menu penutup pada jamuan makan malam G20, para undangan disuguhi cokelat mousse Aceh, nasi tuille, beras ketan hitam dengan kelapa parut, dan coulis mangga atau kuah kental yang terbuat dari buah mangga.

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Tak Terlihat di KTT G20 karena Alasan Ini

Cokelat mousse merupakan salah satu menu penutup manis bermuara cokelat menjadi salah satu menu yang disukai karena rasa dan tekstur di bagian dalam sangat lembut dan memanjakan lidah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya