SOLOPOS.COM - Benteng Pendem di Cilacap, Jawa Tengah. (Wikipedia)

Solopos.com, CILACAP — Cilacap merupakan sebuah kabupaten yang berada di Jawa Tengah atau Jateng dengan luas wilayah mencapai 2.124,47 km persegi. Menjadi kabupaten terluas di Jawa Tengah atau Jateng, Cilacap memiliki sederet fakta unik nan menarik.

Berikut sederet fakta unik terkait Cilacap, yang merupakan kabupaten terluas di Jateng yang dirangkum Solopos.com dari berbagai sumber.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1. 3 Kali Luas Singapura

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng dalam buku bertajuk Provinsi Jawa Tengah Dalam Angka 2021, Cilacap memiliki luas wilayah mencapai 2.124,47 km persegi.

Ekspedisi Mudik 2024

Luas wilayah Cilacap ini pun tiga kalinya luas wilayah Singapura, yang merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara. Singapura diketahui hanya memiliki luas sekitar 722,5 km persegi.

Baca juga: Daftar Kabupaten Terluas di Jawa Tengah, Nomor Satu 3 Kalinya Singapura

2. Memiliki Dua Kode Telepon

Wilayah Kabupaten Cilacap memang sangat luas. Bahkan, saking luasnya wilayah Cilacap disebut-sebut 6,2% total wilayah Jateng. Saking luasnya, Cilacap juga memiliki dua kode telepon, yakni 0282 dan 0280. Kode telepon adalah kode yang digunakan untuk menelepon dari luar daerah atau luar negeri.

3. Tempat Berbagai Industri Besar

Cilacap diberkahi dengan berbagai sumber daya alam, sehingga banyak industri besar yang berdiri di kabupaten terluas di Jateng ini. Banyak pabrik yang mengolah hasil tambang dan hasil alam yang didirikan di Cilacap.

Beberapa perusahaan besar yang mendirikan pabriknya di Cilacap antara lain Pertamina, pabrik semen Dynamik milik PT Solusi Bangun Indonesia, pabrik gula rafinasi, hingga pabrik pengolahan ikan.

Selain berdiri pabrik-pabrik besar, Cilacap juga memiliki tiga pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang tersebar di wilayah Karangkandri, Adipala, dan PLTU S2P Cilacap. Total keseluruhan listrik yang dihasilkan PLTU di Cilacap itu mencapai 7.700 Mega Watt.

Baca juga: Profil Wonogiri, Kabupaten Terluas & Tersepi Se-Jawa Tengah

4. Terdapat Kilang Minyak Terbesar di Indonesia

Banyak yang mengira jika kilang minyak terbesar di Indonesia berada di Balongan, Indramayu, Jawa Barat (Jabar).

Namun hal itu salah, kilang minyak terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara berada di Cilacap. Kilang minyak milik Pertamina itu mampu menghasilkan 348.000 barel minyak per hari.

Kilang Pertamina di Cilacap ini memasok 34 persen kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) nasional, atau 60 persen kebutuhan BBM di Pulau Jawa.

Selain itu, kilang minyak di Cilacap juga menjadi satu-satunya kilang di Indonesia yang memproduksi aspal dan base oil untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur.

5. Benteng Pendem

Berkunjung ke kabupaten terluas di Jateng tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Benteng Pendem. Benteng Pendem atau yang memiliki nama asli Kusbatterij Op De lantong Te Tjilatjap merupakan benteng peninggalan Belanda di pesisir pantai Teluk Penyu.

Benten ini dibangun pada tahun 1861 hingga 1879, di atas lahan seluas 6,5 hektare. Dinamakan Benteng Pendem, karena dulunya benteng ini ditemukan dalam posisi terendam pasir pada tahun 1986. Saat ini, Benteng Pendem menjadi lokasi wisata sejarah di Kabupaten Cilacap.

Baca juga: Daftar Kabupaten Tersepi di Jawa Tengah, Nomor 1 Separuh Wilayah Hutan

6. Alcatraz versi Indonesia

Berbatasan dengan Samudra Hindia, Cilacap memiliki Pulau Nusakambangan. Pulau ini terkenal dengan penjara berkeamanan tingkat tinggi hingga dijuluki Alcatraz-nya Indonesia. Alcatraz merupakan penjara dengan kemanan super ketat di Amerika Serikat yang tidak lagi dioperasikan sejak 21 Maret 1963.

Kendati terdapat penjara atau lembaga pemasyarakat, masyarakat umum masih bisa mengakses beberapa kawasan Pulau Nusakambangan, terutama kawasan yang jauh dari lembaga pemasyarakatan seperti, Pantai Karang Bolong dan Pantai Karangpandan.



Untuk ke pantai di kawasan Pulau Nusakambangan, wisatawan bisa mengakses dengan menumpangi perahu nelayan yang ada di sekitar Pantai Teluk Penyu.

7. Pelabuhan Tanjung Intan dan Bandara Tunggul Wulung

Layaknya kota-kota besar di Tanah Air, kabupaten terluas di Jateng ini juga memiliki berbagai fasilitas transportasi.

Cilacap bahkan memiliki pelabuhan dan bandara. Pelabuhan di Cilacap adalah Pelabuhan Tanjung Intan yang merupakan satu-satunya pelabuhan di pantai selatan Pulau Jawa yang berstatus Pelabuhan Yang Diusahakan, di bawah pengelolalan Pelindo III.

Aktivitas di pelabuhan alam ini lebih banyak melayani bongkar muat kapal muatan. Kapal-kapal besar yang membawa hasil pertanian dan hasil alam kerap berlabuh di pulau ini.

Selain pelabuhan, Cilacap juga memiliki bandara perintis, yakni Bandara Tunggul Wulung. Bandara ini merupakan bandara kelas III yang dikelola UPT Ditjen Hubud Kemenhub. Bandara ini hanya melayani pesawat kecil dengan kapasitas 12 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya